13 Fakta Unik Piala Dunia FIFA Qatar 2022

79
13 Fakta Unik Piala Dunia FIFA Qatar 2022
13 Fakta Unik Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Ada sejumlah fakta unik dalam piala dunia FIFA Qatar 2022 yang dapat anda temukan bila menelusurinya dengan baik. Ya, Pasalnya, ajang sepak bola dunia yang tengah berlangsung saat ini menjadi yang paling berbeda dari ajang FIFA sebelumnya.

Apalagi, yang menjadi tuan rumah tersebut ialah Qatar. Sebanyak 32 negara dari seluruh dunia ikut bersaing dalam merebut piala pertandingan Akbar tersebut. Tak heran jika semua mata sedang tertuju pada ajang bergengsi tersebut. Pertandingan ini nantinya akan berakhir hingga 18 Desember 2022.

Nah, lantas apa saja fakta-fakta unik tersebut? Bagi sobat kover yang penasaran akan hal ini, anda dapat membacanya pada artikel berikut ini. Simak ulasannya!

1. Menghadirkan Idol KPOP BTS, Jungkook di Opening FIFA Qatar 2022

Fakta unik pertama yang bisa anda lihat pada piala dunia FIFA Qatar 2022 ialah hadirnya Idol Kpop BTS bernama Jungkook. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah piala dunia, idol K-pop tampil di acara pembukaan ajang sepak bola bergensi tersebut.

Pada acara opening tersebut, Jungkook membawakan lagu Dreamers yang menjadi bagian dari official song Piala Dunia 2022. Suara teriakan dari puluhan ribu pendukung yang memadati Al Bayt Stadium terus menggema ketika Jungkook melantunkan lagu tersebut.

Adapun lagu “Dreamers” sendiri adalah lagu yang mengungkapkan rasa optimisme seseorang yang ingin mewujudkan mimpinya. Lirik tembang anyar milik Jungkook BTS tersebut lebih didominasi dengan bahasa Inggris. Tidak ada disisipi lirik berbahasa korea seperti lagu ciptaannya yang lain. Lagu official soundtrack Piala Dunia 2022 tersebut justru diselingi dengan bait-bait berbahasa Arab.

2. Qatar Menjadi Negara Asia Kedua sekaligus Tuan Rumah dari negara timur tengah pertama

Sebagaimana kita tahu, pertandingan sepak bola FIFA kerang kali di anggap sebagai pertandingan yang lebih di dominasi oleh negara-negara barat seperti Eropa dan Amerika Selatan. Hal ini karena negara-negara tersebut memiliki infrastruktur yang sangat besar untuk menjadi tuan rumah pada turnamen akbar FIFA.

Namun, kali ini ada sedikit berbeda. Piala dunia yang tengah berlangsung saat ini justru di Asia. Qatar menjadi tuan rumah pertama pada perhelatan Piala Dunia yang berasal dari negara Timur Tengah

Selain itu, negara tersebut juga termasuk negara Asia ketiga yang menyelenggarakan acara FIFA. Pada tahun 2002, Jepang dan Korea Selatan bersama-sama menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA. Dan sekarang, tahun 2022 negara Qatarlah yang  terpilih menjadi negara Asia kedua sekaligus menjadi tuan rumah dalam acara bergengsi ini.

3. Negara Tuan Rumah Pertama yang Belum Pernah Bermain di Piala Dunia sebelumnya

Sobat kover, tahukah anda jika ternyata Qatar adalah negara tuan rumah pertama yang belum pernah bermain di Piala Dunia loh. Mengutip dari beberapa sumber, melihat maraknya popularitas sepak bola di tanah air, Qatar mendirikan asosiasi sepak bola pada tahun 1960. Negara Timur Tengah tersebut juga menjadi anggota FIFA pada tahun 1963.

Semenjak saat itulah, Qatar berusaha lolos ke Piala Dunia FIFA. Qatar cukup dekat pada tahun 1990 ketika mereka mencapai final babak kualifikasi AFC, namun akhirnya gagal. Bisa di bilang, Qatar menjadi negara tuan rumah pertama yang belum pernah bermain di piala dunia sebelumnya. Dan karena tahun ini, Qatar terpilih sebagai tuan rumah, maka secara otomatis Qatar lolos ke Piala Dunia FIFA 2022.

4. Menjadi Ajang Sepak Bola Yang Termahal

Bukan hal yang patut disembunyikan lagi, jika banyak pemberitaan yang mengatakan bahwa ajang sepak bola dunia di Qatar tahun ini menjadi yang termahal. Pasalnya, secara fakta jumlah anggaran yang dihabiskan negara tuan rumah dalam persiapan untuk ajang bergengsi ini memang paling mahal.

Sebanyak 200 miliar dollar Amerika atau setara dengan Rp3,3 Triliun, Qatar habiskan untuk menyambut Piala Dunia 2022. Bisa dibilang, ini menjadi salah satu Piala Dunia termahal dalam sejarah permainan. Adapun pengeluaran tersebut tentunya untuk memenuhi segala kebutuhan peserta pertandingan mulai dari penginapan, infrastruktur, teknologi dan lainnya.

5. Menghadirkan Beragam Teknologi Canggih

 Fakta unik lainnya yang tak kalah menghebohkan yaitu hadirnya beragam teknologi canggih pada piala dunia Qatar 2022. Sebut saja salah satunya ialah teknologi off-side. Ini merupakan salah satu teknologi yang berfungsi untuk mendeteksi keakuratan offside. Adapun mekanisme kerja dari teknologi ini yaitu dengan menanamkan chip di dalam bola.

Terdapat pula 12 kamera yang mereka tempatkan di bawah atap stadion yang akan melacak 29 bagian tubuh setiap pemain. Sementara sensor akan berada di bola Adidas World Cup dan merekam data 500 kali per detik.

Selain itu, ada juga teknologi pendingin, teknologi pengenalan wajah dan teknologi Bonocle untuk komunitas tunanetra. Qatar menerapkan teknologi pendingin dengan tujuan memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi para pemain yang sedang bertanding dan penggemar saat menonton ajang tersebut. Mengingat suhu di negara timur tengah tersebut cukup panas.

Sementara teknologi pengenalan wajah berfungsi untuk memantau penonton, memprediksi gelombang massa dan pengenalan wajah. Adapun teknologi Bonacle merupakan teknologi revolusioner yang akan mengubah konten digital seputar Piala Dunia menjadi braille, sehingga para tunanetra dapat mengakses konten dan menikmati Piala Dunia.

Baca Juga:  Keren! UMKM Gitar dari Indonesia Tembus Pasar Internasional

6. Bola Al-Rihla Diproduksi di Madiun

Indonesia patut berbangga dalam ajang turnamen yang sedang berlangsung itu. Bagaimana tidak? bola al rihla yang terdapat pada ajang sepak bola FIFA 2022 tersebut ternyata berasal dari Indonesia loh. Lebih tepatnya, bola piala dunia ini di produksi oleh perusahaan asal Jawa Timur, PT Global Way Indonesia (GWI) yang merupakan produsen peralatan asli untuk merek Adidas. Bola ini menampilkan ciri khas Qatar, yang berupa pola colid biru, merah, dan kuning yang mana menggambarkan pemandangan di Doha, Qatar.

7. Bola Al-Rihla Menggunakan Teknologi

Al Rihla adalah nama bola yang hadir untuk pertandingan resmi Piala Dunia 2022. Pada bola ini terdapat fitur teknologi tinggi yakni CRT-CORE dan SPEEDSHELL. CRT-CORE merupakan bagian inti bolayang dapat memberikan kecepatan, akurasi, dan konsistensi untuk aksi cepat dan presisi.

Sementara SPEEDSHELL merupakan permukaan kulit bola yang bertekstur poliuretan (PU) dan terbentuk dari 20 bagian panel. Ini mampu meningkatkan akurasi, stabilitas penerbangan, dan aerodinamika dari bola. Selain itu, terdapat pula  Adidas Suspension System, yang berisi sensor inertial measurement unit (IMU). Fungsinya adalah mendeteksi insiden offside secara ketat. Ini adalah pertama kalinya bola pertandingan Piala Dunia menampilkan teknologi tersebut.

8. Memiliki Maskot Piala Dunia Yang Unik

Siapa sangka, jika pada Piala Dunia tahun ini, maskot Piala Dunia Qatar 2022 berhasil mencuri perhatian loh saat momen Opening World Cup 2022 hari Minggu malam berlangsung, (20/11/2022). Maskot Piala Dunia Qatar 2022 ini bahkan sampai trending di Twitter lantaran memiliki bentuk desainnya yang unik dan menarik. Netizen Twitter bahkan menyebut maskot Piala Dunia Qatar 2022 mirip seperti Casper, tokoh hantu berwarna putih dalam animasi anak-anak.

Adapun nama maskot Piala Dunia Qatar 2022 itu bernama La’eeb. Dia berbentuk seperti sorban yang biasanya laki-laki di Qatar gunakan, dengan desain memiliki kepala dan tubuh melayang. Bagian tubuh La’eeb inilah yang membuat netizen Twitter salah fokus dan menyebutnya sebagai Casper. Ciri khas unik dari La’eeb adalah matanya bulat besar dan senyumnya menggemaskan.

Melansir dari laman FIFA, nama La’eeb sendiri bukan asal sembarang kata yang mereka sematkan pada maskot Piala Dunia Qatar 2022 ini. La’eeb dalam bahasa Arab memiliki arti pemain dengan kemampuan super. Dengan arti nama tersebut, La’eeb diharapkan mampu membakar semangat para pemain yang berlaga di Piala Dunia 2022 sekaligus membakar kebahagiaan dan sukacita para penggemar sepak bola.

9. Menerapkan Banyak Aturan

Karena Qatar menjadi tuan rumah, tentu negara tersebut menerapkan banyak aturan dalam pertandingan sepak bola FIFA 2022. Hal ini karena Qatar adalah suatu negara dengan peraturan dan hukum Islam yang sangat ketat.

Oleh karena itu, selama pertandingan berlangsung, Negara Qatar melarang para pemain maupun penonton untuk tidak mengonsumsi alkohol di tempat umum, seks bebas hingga melarang penggunaan pakaian mini saat menonton pertandingan. Jika melanggar, maka akan terdapat sanksi yang berlaku, berupa hukuman penjara, dan sebagainya.

10. Menjadi Ajang Sepak Bola Terpendek

Seluruh rangkaian pertandingan di Qatar akan berlangsung selama 29 hari dan menjadi Piala Dunia terpendek sejak edisi di Argentina 1978. Dengan demikian, panitia penyelenggara harus memeras empat pertandingan hampir setiap hari di sepanjang babak penyisihan grup. Sebagian besar Piala Dunia dalam beberapa edisi terakhir berlangsung tiga hari lebih lama. Sedangkan jeda babak penyisihan grup ke babak fase gugur juga berlangsung amat singkat. Babak 16 besar akan digelar sehari setelah babak penyisihan grup usai.

11. Terakhir kali menggunakan 32 tim peserta

Mengutip dari beberapa sumber, Piala Dunia edisi 2022 ini akan menjadi Piala Dunia terakhir yang menggunakan format knockout yang mana berisi 32 tim. Empat tahun mendatang tepatnya 2026, peserta FIFA nantinya akan bertambah menjadi 48 tim.

12. Menyediakan Sedikit Stadion

Dalam Piala Dunia kali ini, tercatat hanya delapan stadion Qatar daftarkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dari delapan tempat hanya satu yang mereka ubah sepenuhnya sementara tujuh lainnya baru dibangun di negara tersebut.

Pada tahun 1978, Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA hanya dengan enam stadion dan sekarang Qatar akan menjadi tuan rumah kompetisi dengan hanya delapan stadion.

13. Wasit wanita

Fakta unik terakhir yaitu adanya wasit wanita. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, wasit wanita memimpin lapangan tengah untuk pertandingan. Ketiga wasit wanita tersebut yaitu Salima Mukansanga berusia 33 tahun, Yoshimi Yamashita berusia 36 tahun, dan Stephanie Frappart yang berusia 38 tahun.

Inilah 13 Fakta Unik Piala Dunia FIFA Qatar 2022 yang bisa Tim Kover sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menyaksikan FIFA !