5 Pakaian Tradisional Wanita Asia

8554

Setiap negara tentunya memiliki pakaian tradisional yang berbeda-beda. Bukan hanya sekedar baju indah dengan warna-warna meriah. Pakaian tradisional juga jadi identitas suatu negara. Bahkan, dalam satu negara pun, bisa jadi terdapat beberapa macam pakaian tradisional karena adanya perbedaan budaya antara wilayah yang satu dengan yang lain.

Beberapa pakaian tradisional, biasanya memiliki simbol yang berkaitan dengan budaya negara tersebut. Negara-negara di Asia juga memiliki pakaian tradisional yang hingga saat ini masih digunakan dan menjadi ciri khas negara tersebut. Kebaya misalnya, pakaian khas Indonesia ini merupakan salah satu pakaian tradisional yang terkenal di dunia.

Kovermagz telah merangkum lima pakaian tradisional wanita Asia yang unik, berikut ulasannya :

1. Laos 

“sinh” adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh wanita di Laos. “sinh” adalah rok wanita sederhana yang terbuat dari sutra atau katun yang dikenakan melingkar di pinggang dengan bordiran mewah bersama pha biang dengan blus bergaya Perancis. para wanita Laos biasanya menggulung rambut dan mengenakan aksesoris saat mengikuti acara penting.

2. Filipina 

Baro’t Saya yang artinya kemeja dan rok. Baju ini terdiri dari blus, rok panjang, sapu tangan dan kain persegi panjang yang dililitkan di atas rok.

Ciri khasnya pakaian wanita adalah aksen di bagian bahu yang disebut pañuelo atau sering disebut bergaya kupu-kupu. Para wanita Filipina juga kerap mengenakan gaun María Clara, gaun versi aristokrat dari baro’t saya.

Gaya pakaian masyarakat Filipina ini dipengaruhi oleh orang-orang Spanyol yang menjajah negara  tersebut dari tahun 1565 hingga 1898.’

3. Thailand 

Pakaian tradisional Thailand ini bernama chut thai. Untuk wanita, chut thai terdiri dari pha nung atau gaun dan pha biang, kain yang menyerupai syal dan menutupi dada. Wanita juga bisa mengenakan blus dan bawahan bernama pha chung hang.

Tepat pada tahun 1964 baju tradisional Thailand dikenalkan kepada publik dengan nama Chut Thai. Chut Thai terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu untuk wanita dan pria.