SETELAH KARIR SELAMA 25 TAHUN, VALENTINO ROSSI UMUMKAN PENSIUN

18

Dalam sebuah Konferensi Pers khusus pada hari Kamis di Michelin Grand Prix of Styria, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) telah secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari balap sepeda motor Grand Prix pada akhir tahun 2021 dengan meninggalkan rekor-rekor yang telah ia catat 25 tahun. 

Selama karir yang membentang lebih dari seperempat abad, pria Italia itu telah mengukir legenda yang akan sulit untuk ditandingi atau dilampaui, baik di dalam maupun di luar trek. Menjadi satu-satunya pesaing dalam sejarah yang memenangkan gelar di kategori 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP, membuat nama Valentino Rossi akan selamanya ditampilkan dalam buku sejarah. Tetapi gayanya, karisma, kecepatan, keahlian balap, dan dominasi dunianya yang unik – ditambah sedikit rock and roll – telah menjadikan pembalap Italia itu lebih dari sekadar pengendara. ‘The Doctor’ telah menjadi ikon.

 

KARIR SEPEREMPAT ABAD

Dalam karir legendarisnya, Rossi meraih sembilan gelar juara dunia, 115 kemenangan, dan 235 podium dalam 423 balapan di semua kategori. Jumlah tersebut belum termasuk 10 lomba yang akan berlangsung di sisa musim MotoGP tahun ini. Dengan satu kejuaraan di kelas 250, satu lagi di 125s dan tujuh di divisi teratas, Rossi adalah satu-satunya pembalap dalam sejarah yang menang di ketiga divisi. Sebanyak 89 kemenangan diraih di kelas elite.

Pengumumannya pahit-manis, datang di trek di mana ia memenangkan podium pertamanya pada tahun 1996. Dan pada press-conference tersebut, berikut pengakuan Valentino Rossi, pembalap yang kini berusia 42 tahun tersebut, atas pengumuman gantung stangnya:

“Saya mengatakan saya akan membuat keputusan untuk tahun depan setelah liburan musim panas, dan saya memutuskan untuk berhenti di akhir musim,” kata Rossi dalam rilisnya . “Sayangnya ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP. Dan itu sulit, ini adalah momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakannya dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan sepeda motor, saya telah melakukannya selama saya pikir kurang lebih 30 tahun!”

“Tahun depan, hidup saya akan berubah. Tapi itu bagus, saya sangat menikmatinya. Ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan itu benar-benar menyenangkan. Ini 25, 26 tahun di Kejuaraan Dunia, jadi itu hebat. Dan saya memiliki momen tak terlupakan dengan semua orang saya, orang-orang yang bekerja untuk saya, jadi … Saya tidak punya banyak hal untuk dikatakan!

“Saya memiliki karir yang sangat panjang dan untungnya saya memenangkan banyak balapan, tetapi saya memiliki beberapa momen dan kemenangan yang tak terlupakan. Kebahagiaan sejati. Beberapa hal di mana saya tertawa selama seminggu dan setelah 10 hari saya masih tertawa, bertanya-tanya mengapa dan mengingat balapan. Sulit, ya.”