Kiprah Jurnalis Foto, Sutanta Aditya : Ubah Opini Jadi Fakta

175

Penulis: Indriyana Octavia
Fotografer: Vicky Siregar

Di balik hasil jepretannya yang istimewa, ada risiko yang dihadapi dan nyawa yang dipertaruhkan. Berhasil menangkap momen saat malapetaka terjadi, sosoknya kini diperhitungkan media internasional. Karya-karyanya jujur dan sarat makna membuat siapa saja yang melihat akan tercengang.

Jurnalis foto merupakan seorang jurnalis yang menyajikan berita melalui media gambar atau foto. Sama seperti kegiatan jurnalisme lainnya, data dikumpulkan, disunting, dan dipublikasikan, bedanya foto yang diabadikan disertai dengan narasi yang menjelaskan foto tersebut. Foto yang tidak dibekali dengan tulisan biasanya akan menimbulkan multitafsir dan dugaan yang bermacam-macam sehingga sering kali makna yang akan disampaikan menjadi keliru.

“Foto jurnalistik itu foto yang menggambarkan dan menyampaikan informasi, jadi orang tidak bertanya lagi ketika melihat foto tersebut. Sebaiknya foto jurnalistik yang merupakan karya dua dimensi dibarengi teks 5W + 1H bagaimana penjelasannya. Mengutamakan informasi penting terlebih dahulu, lalu informasi yang menarik, bukan sebaliknya,” ungkap Sutanta Aditya atau yang biasa dipanggil Adit.