Kebiasaan Buruk Yang Membuat Kulkas Anda Tidak Tahan Lama

57

 

Kadangkala, perawatan kulkas kurang mendapat perhatian dari si pemilik karena kesibukannya ataupun kemalasannya. Padahal jika rajin merawat, maka kulkas tersebut dapat dipakai lebih lama daripada yang tidak dirawat akan cepat mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan yang timbul akibat jarang dilakukan perawatan yaitu kulkas tidak dingin, kompresor pendingin rusak, kulkas mati, dan beberapa kerusakan lainnya. Lalu bagaimanakah caranya agar kulkas tidak cepat rusak ?

  1. Jangan memasukkan makanan panas ke kulkas

Hal ini bisa membuat kulkas bekerja lebih kuat untuk mempertahankan suhu yang sudah diatur. Jika sering dilakukan, maka otomatis kulkas bisa cepat rusak. Kamu bisa menunggunya lebih dingin baru dimasukkan ke dalam kulkas. Dengan begitu, kulkas bisa lebih awet.

2. Sesuaikan Temperatur dengan isi di dalam kulkas

Mungkin temperatur kulkas jarang diperhatikan. Sekali memasangnya di level tertentu, maka kemudian dibiarkan begitu terus. Ternyata, penting untuk menyesuaikan temperatur dengan banyaknya isi kulkas. Saat kulkas kosong, maka setting temperatur tertinggi. Sedangkan jika kulkas penuh, maka turunkan temperatur agar kulkas tidak bekerja keras mempertahankan suhu dinginnya.

3. Jangan membiarkan bunga es menumpuk di freezer.

Ini biasa terjadi pada kulkas dua pintu. Ada banyak bunga es yang menumpuk di sana, terutama di bagian evaporator. Jika begitu keadaannya, sirkulasi udara dingin bisa terhambat dan membuat kulkas tidak dingin dan berujung cepat rusak .

Apa yang menyebabkan hadirnya bunga es? Bisa jadi karena fan tidak berputar atau karena heaternya tidak bekerja. Diperlukan pemeriksaan oleh ahli untuk mengetahui penyebab pastinya.  Namun kamu juga bisa rutin membersihkan kulkas, termasuk freezer agar tidak terjadi penumpukan bunga es.

4. Tetap Simpan Botol Air dalam KulkasPada saat kulkas kosong (tidak menyimpan sesuatu), ia akan tetap melakukan pendinginan sesuai suhu yang telah diatur namun kulkas tersebut akan beroperasi lebih ekstra untuk mempertahankan suhu yang telah diatur tersebut dan bisa menjadi boros listrik. Oleh karena itu, penyimpanan botol yang berisi air berfungsi untuk membantu menjaga suhu kulkas dan tidak boros listrik alias hemat listrik.

5. Membersihkan Kondensor
Salah satu bagian penting yang perlu dibersihkan yaitu kondensor (biasanya terletak di belakang kulkas). Sebelum membersihkannya, matikan kulkas terlebih dahulu agar tidak kesetrum. Mematikan kulkas juga untuk membantu proses pelepasan panas menjadi lebih maksimal. Bersihkan kondensor dari debu dan kotoran-kotoran lainnya.

6. Jaga Suhu dalam Kulkas
Dalam kulkas biasanya terdapat kotak freezer yang berguna untuk membekukan suatu bahan seperti es, daging, dan lainnya. Nah, cek apakah penutup kotak freezer tersebut masih berfungsi dengan baik dan rapat. Jika tidak rapat, maka suhu dalam freezer bisa mempengaruhi suhu dalam kulkas. Selain cek kotak freezer, cek juga karet penutup kulkas (biasanya ada di samping pintu kulkas). Jika sudah tidak berfungsi dengan baik, maka wajib untuk diganti karet tersebut agar tidak mempengaruhi suhu dalam kulkas.

7. Jangan tempatkan benda panas dekat kulkas

Menempatkan kulkas di sebelah kompor, oven, atau benda dapur lain yang bersuhu tinggi bisa membuatnya lebih cepat rusak. Karena, panas yang dihasilkan dari oven atau kompor akan memaksa kulkas bekerja lebih keras mempertahankan suhunya. Selain membuat tagihan listrik makin tinggi, ini juga bisa memicu kerusakan kulkas.

8. Pastikan menutup pintu kulkas dengan rapat.

 

 

 

 

 

 

 

Hal yang satu ini sering sekali terjadi kehidupan sehari-hari. Mungkin tertahan sesuatu, sehingga pintunya tidak tertutup dengan rapat. Jika begitu, kulkas akan terus bekerja untuk mempertahankan suhunya. Semakin sering bekerja kulkas pun akan lebih cepar rusak. Untuk menghindarinya, kamu perlu memastikan untuk menutup kulkas dengan seksama setelah membukanya. Juga, rutinkan mengganti karet pintu kulkas agar pintu bisa tetap rekat.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Berbagai Sumber