Film Dokumenter Parherek Berhasil Masuk Nominasi FFI 2021

79

Medan, KoverMagz – Akhirnya film dokumenter asal sumut yaity “Parherek” resmi diluncurkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah pada Jumat (15/10/2021). Peluncuran yang dilangsungkan di Aula kantor Bank Sumut ini juga menuai kabar baik, bahwa film Parherek berhasil masuk nominasi kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021 Parherek sendiri film yang menceritakan seorang Pemuda bernama Datim Manik (29) seorang pawang monyet yang tinggal di Hutan Sibaganding, Simalungun, Sumatera Utara.

Sebelumnya, ayah dari Datim bernama Umar Manik yang menjaga hewan primata tersebut, namun siapa sangka ayahnya akhirnya meninggal setelah menjaga monyet – monyet tersebut sejak tahun 1980. Wagub Sumut, Musa Rajekshah bangga dan memberi apresiasi sebesar-besarnya kepada Datim Manik, serta Produser dan Sutradara film dokumenter Parherek.

“Saya bangga sekali kepada bang Datim Manik selaku pawang hewan primata di desa Sibaganding dalam menjaga habitatnya. Saya mengapresiasi produser film ini yaitu Ibu Ria Telaumbanua dan juga Sutradara bang Onny Kresnawan karena telah berhasil membuat film asli Sumut ini masuk nominasi FFI 2021”, ucap Ijeck Film yang digarap selama 4 tahun ini juga mendapat respon yang baik dari berbagai kalangan.

Seperti Direktur Bank Sumut, Rahmat Fadillah Pohan, dalam sambutanny menyampaikan apresiasinya untuk seluruh tim dan pemain film Parherek. Ria Telaumbanua selaku produser di dampingi Onny Kresnawan sang sutradara menyatakan lewat film Parherek mereka ingin menyampaikan pesan kepedulian dari tokoh utama, Manik yang peduli dan tulus mau memberi makan satwa liar tersebut dan mengembalikan ke habitnya. Sebab selama beberapa tahun belakang ini, hewan primata ini sudah banyak turun ke jalan dan menunggu makanan pada pengendara yang melintas. Hal ini ternyata bahaya untuk keberlangsungan hidup mereka, inilah menjadikan Manik untuk mengembalikan mereka kembali ke hutan.

Penulis & Fotografer: Vicky Siregar