Daftar Negara dengan Gelar Ballon d’Or Terbanyak

182

Ballon d’Or adalah salah satu ajang penghargaan sepak bola paling bergengsi di dunia. Ajang ini pertama kali dibuat oleh penulis majalah France Football bernama Gabriel Hanot. Kemudian, tepat pada Senin, 30 Oktober 2023, acara itu kembali digelar dengan sukses di Theatre du Chatelet, Paris. Bintang Inter Miami, Lionel Messi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or untuk tahun 2023. Ini adalah Bola Emas kedelapan dalam sepanjang karier La Pulga.

Messi menjadi pemain terbaik dunia dengan mengungguli dua nama lainnya, yakni Erling Haaland dan Kylian Mbappe. Haaland dan Mbappe menempati peringkat kedua dan ketiga. Voting pemenang Ballon d’Or melibatkan jurnalis yang berasa dari negara dengan peringkat 100 besar FIFA. 

Namun selain Messi, terdapat negara lainnya yang diketahui sebagai penghasil pemenang Ballon d’Or terbanyak. Negara mana sajakah itu? Dalam artikel ini, kami akan mengulasnya untuk anda. Simak ulasannya di sini! 

Argentina

Negara pertama yang menghasilkan pemenang Ballon d’Or terbanyak siapa lagi kalau bukan Argentina. Saat ini, negara yang satu ini diketahui memiliki delapan bola emas dan itu hanya ada satu pemain Argentina yang berhasil memenangkan seluruh penghargaan tersebut.

Pemain yang dimaksud adalah Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga tersebut baru saja meraih penghargaan Ballon d’Or 2023 setelah membawa Argentina menjadi juara dunia beberapa bulan lalu. Messi kini mencatatkan diri sebagai pemain dengan gelar Ballon d’Or terbanyak. Sebelumnya, dia menang pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Portugal

Hanya berselisih satu poin dari Argentina, negara Portugal telah meraih tujuh Ballon d’Or. Ketujuh penghargaan tersebut disumbangkan oleh tiga pemain yang berbeda. Pemain Portugal yang mampu menyabet Ballon d’or adalah Cristiano Ronaldo, Eusebio, dan Luis Figo. Ronaldo sendiri bahkan sukses mempersembahkan lima trofi Bola Emas.

Sedangkan Eusebio menjadi penyumbang Ballon d’Or pertama bagi Portugal pada tahun 1965. Setelah itu, Figo memberikan trofi Bola Emas kedua pada tahun 2000.

Prancis 

Termasuk negara yang menghasilkan pemenang Ballon d’Or. Sampai saat ini sudah ada tujuh penghargaan tersebut yang jatuh kepada pemain Prancis. Michel Platini mendapat Ballon d’Or tiga kali beruntun pada 1983, 1984, dan 1985. Sebelumnya, ada Raymond Kopa yang meraih penghargaan tersebut pada tahun 1958.

Kemudian disusul dengan Jean-Pierre Papin dan Zinedine Zidane. Masing-masing  dari mereka berhasil meraih satu Ballon d’Or pada tahun 1991 dan 1998. Sementara Karim Benzema menjadi pemain Prancis terakhir yang meraihnya pada 2022.

Jerman

Selanjutnya datang dari negara Jerman. Negara ini dikenal sebagai salah satu negara yang sangat maju dalam urusan sepak bola. Hal ini terbukti dari adanya tujuh gelar Ballon d’Or yang diraih oleh para pemainnya.

Terdapat lima pemain Jerman yang pernah mendapat Ballon d’Or. Mereka adalah Franz Beckenbauer, Karl-Heinz Rummenigge, Gerd Muller, Lothar Matthaus dan Matthias Sammer. Beckenbauer dan Rummenigge memenangkan dua Ballon d’Or sepanjang dalam kariernya. Sementara, Sammer menjadi pemain terakhir yang meraih Bola Emas, yaitu pada 1996.

Belanda

Meskipun Belanda belum pernah meraih gelar juara piala dunia hingga saat ini, namun Belanda memiliki pemain hebat yang mampu meraih gelar Ballon d’Or. Serupa dengan negara Jerman, Portugal, dan Prancis, nyatanya Belanda juga pernah menghasilkan tujuh Ballon d’Or. Ketujuh penghargaan tersebut mereka peroleh dari tiga pemain yang berbeda, yakni Johan Cruyff, Marco van Basten dan Ruud Gullit.

Cruyff dan Van Basten masing-masing memenangi tiga Ballon d’Or. Sedangkan Gullit menyabet satu trofi Bola Emas pada tahun 1987.

Itulah beberapa negara yang masuk ke dalam daftar penghasil Gelar Ballon d’Or Terbanyak. Dari negara ini, adakah idolamu? Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda ya! 

Baca Juga:  5 Produser Indonesia Terpilih untuk Program Producers Network Cannes 2024