6 Jajanan Tradisional Khas Pulau Bali

193

4. Jaje Cerorot

Salah satu jajanan tradisional khas Bali yang mulai cukup langka. Jajanan ini biasanya dapat ditemukan saat menghadiri acara pernikahan ataupun syukuran. Namun, masih terdapat juga beberapa pedagang yang menjajakan jajanan tradisional tersebut. Selain langka, jaje cerorot juga cukup unik. Hal ini tampak dari segi bentuknya yang seperti corong panjang atau bentuk cone pada es krim. Cone tersebut lalu dibungkus dari daun janur atau kelapa yang masih muda.

Jaje cerorot juga tidak ditambahkan pewarna atau pemanis buatan, sehingga benar-benar masih tradisional dan aman dijadikan cemilan. Terbuat dari Adonan tepung beras, gula merah dan santan yang dibungkus dengan daun kelapa muda tersebut mampu memberi rasa yang sangat manis dan legit di lidah.

5. Jaje Bendu

Merupakan kue tradisional khas Jembrana, Bali. Jajanan tradisional ini cukup sederhana yakni hanya dibungkus dengan daun pisang. Namun meskipun begitu, Jaja bendu tetap menjadi idola dan selalu dijadikan di berbagai acara, mulai acara keagamaan hingga acara resmi di instansi pemerintahan. bendu juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas jembrana.

Baca Juga:  Bolu Meranti, Oleh-oleh khas Medan Yang Melegenda

Terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan campuran parutan kelapa dan gula Bali atau unti menjadikan bendu memiliki rasa yang cukup manis. Sangat cocok dihidangkan dengan kopi maupun teh. Jajanan tradisional ini juga dijual dengan harga yang murah meriah yakni antara 5 ribu hingga 10 ribu.

6. Bagiak

Jajanan yang terakhir ada bagiak. Merupakan jajanan tradisional khas Bali yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Bisa dikatakan bagiak berupa makanan ringan dengan berbahan dasar tepung sagu. Rasa dari jajanan tradisional ini terbilang manis dengan tekstur yang sangat renyah layaknya kue kering pada umumnya.

Selain itu, tampilan bagiak memang tidak terlalu cantik lantaran bentuknya yang mirip dengan ibu jari manusia. Namun, kendati begitu memiliki cita rasa yang lezat dan dan bisa dimakan kapan saja dan dimana saja.

Nah, inilah 6 Jajanan Tradisional Khas Pulau Bali yang wajib banget dicicipi bila berwisata ke Pulau Dewata tersebut. Sebenarnya masih terdapat beberapa jajanan lainnya, namun inilah yang cukup digemari. Dari antara ini, sudah ada belum yang sobat kover cicipi?