5 Drama Korea Angkat Isu Kesehatan Mental, Wajib Nonton!

147

Sobat Kovermagz pasti banyak yang gemar menonton drama Korea atau drakor. Saat ini tema yang diangkat oleh drama Korea cukup beragam, mulai dari romansa anak sekolah, politik, horor, zombie, dan bahkan kesehatan mental.

Drama Korea telah membangun kesadaran secara tajam dan sensitif di sekitar kesehatan mental dan menyoroti berbagai perjuangan termasuk di dalamnya. Ketika para karakter berdamai dan sembuh dari masalah mereka, hal ini dapat memberdayakan pemirsa yang dapat menyadari bahwa kamu tidak sendirian.

Berikut adalah rekomendasi drama Korea yang berbicara tentang kesehatan mental yang wajib sobat Kovermagz tonton. Yuk, simak!

1. Daily Dose of Sunshine (2023)

Daily Dose of Sunshine dibintangi oleh Park Bo Young, Yeon Woo Jin dan Jang Dong Yoon. Mengisahkan tentang Jung Da Eun (Park Bo Young), seorang perawat yang berdedikasi terhadap profesinya. Suatu hari dia dipindahkan ke bangsal neuropsikiatri dari departemen penyakit dalam. Pasien yang ditanganinya terlihat sakit, tapi bukan secara fisik.

Mereka terluka secara emosional sehingga mempengaruhi aspek kehidupannya secara keseluruhan. Pada awalnya segalanya sulit dan canggung bagi Da Eun, pelan-pelan dia pun memahami para pasiennya dengan dibantu oleh para dokter dan rekan perawat lainnya.

 

2. It’s Okay to Not Be Okay (2020)

It’s Okay To Not Be Okay mengisahkan tentang kehidupan Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) seorang perawat di bangsal psikiatri. Dia memiliki seorang kakak dengan spektrum autisme. Seluruh kehidupannya didedikasikan untuk merawat sang kakak, sehingga dia tak punya waktu untuk dirinya sendiri.

Moon Gang Tae dipertemukan dengan Ko Moon Young (Seo Yea Ji) seorang penulis buku anak-anak yang sikapnya sangat dingin. Ko Moon Young menulis buku anak-anak dengan realistis, semua itu berasal dari luka masa lalunya yang belum sembuh. Pertemuan tersebut membuat keduanya secara perlahan mulai menyembuhkan luka emosional satu sama lain.

Baca Juga:  Road to JAFF18: Roadshow Semarang, Hadirkan Pemenang Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2023 Sebagai Pembicara dalam Diskusi, Hingga Pemutaran Film Pendek Ditutup dengan Antusias yang Luar Biasa

 

3. Soul Mechanic (2020)

Soul Mechanic dibintangi oleh aktor Shin Ha Kyun dan aktris Jung So Min. Menceritakan tentang kehidupan para psikiater yang melakukan segala upaya untuk membantu menyembuhkan pasiennya dari luka emosional mereka.

Bukan dengan obat-obatan, melainkan menggunakan berbagai terapi yang efektif mengembalikan kondisi pasien seperti semula. Masalah kesehatan mental yang diangkat dalam drama ini juga beragam seperti gangguan kecemasan, depresi, trauma, hingga skizofrenia.

4. Forest (2020)

Forest dibintangi oleh Park Hae Jin dan Jo Bo Ah. Sinopsisnya mengisahkan tentang Kang San Hyeok (Park Hae Jin) anggota tim penyelamat 119 yang sempat mengalami hilang ingatan. Kondisi tersebut membuatnya tidak dapat mengingat masa kecilnya.

 

Kang San Hyeon dipertemukan dengan Jung Young Jae (Jo Bo Ah),nseorang psikiater yang beralih menjadi ahli bedah karena mengalami PTSD. Di rumah Sakit Miryeong yang terletak di hutan misterius, keduanya saling menyembuhkan luka emosional satu sama lain dan mengungkap rahasia dari masa lalu San Hyeok.

 

5. Extraordinary Attorney Woo (2022)

Tayang di tahun 2022, Extraordinary Attorney Woo meraih rating penonton tertinggi dan menjadi drama terpopuler kala itu. Drama ini menceritakan Woo Young-woo, pengacara autis dan cerdas yang diperankan oleh Park Eun-bin.

Woo Young-woo dipekerjakan oleh sebuah firma hukum besar di Seoul. Ia memiliki cara komunikasi yang aneh, namun berkat kecedasan dan ingatan fotografisnya, ia menjadi pengacara yang kompeten.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353