Pesona dan Daya Tarik Danau Lau Kawar di Sumatera Utara

371

Tidak terasa akhir tahun segera tiba, tentunya Sobat Kovermagz sudah mempersiapkan rencana liburan bukan?. Untuk Anda yang ingin berlibur ke Sumatera Utara tak ada salahnya masukkan Danau Lau Kawar sebagai list destinasi wisata pilihan.

Danau Lau Kawar memiliki keindahan yang tidak boleh terlewatkan jika ingin menikmati landscape alam. Danau ini terletak di di bawah kaki Gunung Sinabung, Desa Kutagugung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Wisata Danau yang terkenal karena keindahan alamnya ini menjadi tempat rekreasi yang menarik serta penelitian.  Danau Lau Kawar di Sumut penuh akan pesona alam. Mungkin nama tersebut terdengar sedikit asing. Tak dinyana bahwa kebesaran Danau Toba sangatlah mendunia. Namun, Danau Lau Kawar di Sumut tak kalah indah.

 

Pesona dan Daya Tarik Danau Lau Kawar 

Danau Lau Kawar memiliki luas lebih kurang 200 Ha. Dengan kondisi alam yang diapit oleh pegunungan yang ditumbuhi kayu-kayuan hutan tropis.

Di pinggirannya, terbentang lahan seluas 3 Ha sebagai lokasi tempat berkemah. Bagi Anda yang ingin menguji nyali bisa mencoba kegiatan panjat tebing dan pendakian ke puncak Sinabung melewati hutan belantara.

Danau Lau Kawar juga dinyatakan sebagai Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) dengan ketinggian 2.451 meter di atas permukaan laut. Danau Lau Kawar memiliki suhu sekitar 16 sampai 17 derajat Celcius.

Kegiatan yang sering dilakukan para wisatawan saat berlibur ke Danau Lau Kawar adalah berkemah. Ada bumi perkemahan yang berlokasi di sepanjang pinggiran danau dengan luas sekitar 3 hektar.

Mereka yang berkemah di samping Danau Lau Kawar biasanya adalah para pendaki yang ingin beristirahat saat mengunjungi Gunung Sinabung. Sensasi berpiknik di pinggir danau akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

 

Harga masuk dan Fasilitas Wisata Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar yang indah ini nyatanya memiliki kelebihan atas tiket masuk. Bagi Anda yang ingin melihat keindahan Danau Lau Kawar tidak akan dikenakan retribusi apapun. Namun perlu diingat bahwa bagi pengunjung tetap wajib membayar tiket parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp. 10.000 untuk roda empat.

Bagi Anda yang ingin ke Danau Lau Kawar, jangan takut terkait fasilitas apa saja yang tersedia di sana. Di sekitaran Danau Lau Kawar, terdapat fasilitas kafe yang memiliki berbagai minuman dan makanan.

Selain itu terdapat juga fasilitas toilet umum yang bisa digunakan detikers nantinya. Bagi Anda yang ingin menginap di sekitaran Danau Lau Kawar bisa menyewa tenda dan penginapan.

Akses dan Rute Menuju Danau

Akses dan rute paling mudah untuk menuju ke lokasi adalah dari pusat kota Medan yang dimana jarak yang harus ditempuh sekitar 70 KM dengan waktu tempuh mencapai 3 jam bahkan bisa lebih.

Rute ini merupakan rute yang paling mudah bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi danau Lau Kawar. Rute pertama dari kota Medan menuju ke kota Berastagi, kemudian terus berlanjut hingga menuju ke persimpangan dengan papan petunjuk yang menunjukkan arah dan jarak ke lokasi yang tinggal 27 Km lagi.

Setelah itu terus lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan utama yang nantinya akan membawa ke lokasi danau.

Akses menuju lokasi memang sedikit jauh dan jalanan yang dilalui untuk menuju ke lokasi memang sudah baik walaupun ada sedikit jalanan yang rusak terutama ketika hampir sampai ke danau.

Namun di sepanjang perjalanan akan ada banyak pemandangan serta suasana yang sejuk karena memang lokasi danau yang berada di kaki gunung. Terlebih lagi nantinya background pemandangan gunung Sinabung akan menjadi pelengkap perjalanan menuju ke lokasi.