Deretan Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok Untuk Diet!

419

Makanan tinggi protein rendah lemak adalah makanan paling sering orang cari saat melakukan program diet. Pasalnya makanan tinggi protein biasanya membantu memberikan rasa kenyang dan kepuasan sedangkan makanan rendah lemak biasanya rendah kalori. Sehingga kombinasi keduanya akan jadi pas banget untuk teman diet.

Ada beberapa makanan tinggi protein rendah lemak yang bisa Sobat Kover coba, sehingga berat badan pun bisa kamu kontrol dengan baik. Berikut ini Kovermagz akan memberikan rekomendasi deretan makanan tinggi protein rendah lemak untuk diet. Keep scrolling!

1. Putih Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang mudah didapat dan sering dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, telur juga dapat diolah menjadi berbagai kreasi masakan yang menggugah selera. Namun, kamu perlu mengetahui ini, Cosmo Babes.

Jika kamu ingin mengontrol berat badan, kamu bisa mengonsumsi hanya putih telur saja karena bagian yang satu ini tergolong tinggi protein namun rendah lemak.

Mengutip dari Healthline, satu putih telur mengandung sekitar kurang dari 0,5 gram lemak dan 3,5 gram protein, yaitu sekitar setengah dari protein dalam satu telur utuh.

 

2. Daging Ayam yang Tidak Disertai Kulitnya

Mungkin kulit ayam merupakan makanan kesukaan kamu karena lebih gurih dan lezat di lidah. Namun, demi kesehatan ada baiknya untuk mencoba mengurangi konsumsi kulit ayam. Sebaiknya kamu lebih waspada, kulit ayam memiliki kandungan lemak yang jika kamu konsumsi akan menyebabkan tambahan penumpukan lemak pada tubuh.

Daging ayam memiliki kandungan tinggi protein dan rendah lemak. Tentu rendah lemak jika tidak disertai kulitnya.

Dalam proses pengolahan daging ayam, kamu dapat memanggang, menumis, atau bisa lakukan pengolahan lainnya asalkan itu menggunakan cara yang sehat. Untuk kandungan 100 gram ayam artinya terdapat 18,2 gram protein di dalamnya. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi dada ayam.

Baca Juga:  5 Manfaat Menggunakan Sampo Tanpa SLS untuk Rambut

3. Daging Sapi

Daging sapi yang tidak menggunakan lemak tentu saja memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan tentunya juga rendah lemak. Bahkan dalam 100 gram suatu daging sapi bisa dikatakan terdapat kandungan protein sebesar 55 gram dengan lemak di 9 gram saja.

Untuk kamu yang sedang mengatur pola makan sehat sebaiknya mengkonsumsi daging sapi bagian tenderloin. Karena, memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit jika kamu bandingkan dengan daging sapi bagian sirloin.

4. Tahu Rendah Lemak

Mengutip dari Fresh N Lean, tahu merupakan sumber protein nabati yang sangat baik dan bermanfaat bagi orang-orang yang memilih untuk tidak mengonsumsi makanan yang terbuat dari produk hewani.

Selain itu, tahu biasa tidak mengandung banyak lemak, di mana biasanya terdapat 12 gram lemak per cup serta 20 gram protein. Namun jika memilih tahu rendah lemak, kandungan lemak di dalamnya menurun sebanyak 1 gram.

Karena itulah tahu rendah lemak menjadi pilihan yang baik sebagai makanan tinggi protein rendah lemak untuk menurunkan berat badan hingga pembentukan otot.

5. Ikan Berdaging Putih

Untuk kamu yang sangat suka mengonsumsi ikan, what a great news! Pasalnya, ikan merupakan sumber protein yang baik, dan beberapa jenis ikan tergolong rendah lemak, lho.

Mengutip dari Fresh N Lean, kamu bisa memilih ikan yang tinggi protein dan rendah lemak melalui ikan-ikan berdaging putih. Jenis ikan tersebut umumnya lebih rendah lemak dibanding ikan-ikan dengan warna daging yang lebih gelap.

Beberapa pilihan ikan berdaging putih di antaranya seperti haddock, ikan kod, pollock, hingga ikan nila.