Sudah Kenal Teh Kombucha? Teh Fermentasi Yang Baik Untuk Usus

49

Medan, Kovermagz – Sudah pernah dengar teh kombucha? Jika belum, kamu wajib coba teh yang satu ini. Teh kombucha sebenarnya sudah dikonsumsi masyarakat Tiongkok sejak 2000 tahun yang lalu.

Teh kombucha sendiri merupakan produk dari fermentasi menggunakan jamur kombucha. Memiliki rasa yang manis dan berwarna hijau kehitaman adalah ciri khas minuman ini.

Senyawa yang ada didalam teh ini dinilai sebagai minuman dengan khasiat yang tinggi, lho.. Dikutip dari Brilio net, Sebuah penelitian dari Kaur & Singh pada tahun 2017 melihat adanya potensi kombucha dalam membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat positif yang didapat dalam tubuh oleh teh satu ini? Berikut ulasannya:

1. Sumber probiotik

Didalam teh kombucha terdapat kandungan bakteri probiotik. Seperti yang kita ketahui, bakteri probiotik ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

Probiotik akan memberi bakteri sehat pada usus yang akan meningkatkan sistem pencernaan, terutama pada lambung dan usus.

2. Sifat antioksidan

Teh kombucha mengandung antioksidan yang mampu menyerang radikal bebas, dan molekul reaktif yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Sifat antioksidan memang banyak ditemukan dalam teh. Jadi untuk yang ingin punya kulit tetap sehat dan awet muda bisa coba minum teh yang satu ini, ya..

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

3. Membunuh bakteri

Zat utama yang dihasilkan selama fermentasi kombucha adalah asam asetat, senyawa ini banyak ditemukan dalam cuka. Manfaat yang dihasilkan adalah, asam asetat dalam teh kombucha akan membunuh bakteri-bakteri yang berpotrensi membahayakan.

Kombucha memiliki sifat anti bakteria yang kuat, terutama pada fungsi kandida dan bakteri penyebab infeksi.

4. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat lain yang didapat dari mengkonsumsi teh fermentasi ini adalah dapat mencegah kolesterol LDL teroksidasi yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Sebuah fakta juga menyebutkan bahwa peminum teh, biasanya beresiko 31% lebih rendah terkena penyakit jantung.

5. Membantu melawan kanker

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kombucha dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Ini dikarenakan konsentrasi polifenol teh dan antioksidan yang tinggi yang terkandung dalam teh kombucha.

Itu adalah berbagai manfaat yang didapat ketika meminum teh fermentasi kombucha secara rutin. Tapi perlu diingat, manfaat tersebut akan lebih berdampak ketika kamu juga menerapkan pola hidup sehat ya..

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Brilio net, Kompas