Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ini Makna Yang Millenial Wajib Tahu

33

Medan, Kovermagz – Hari ini, Rabu 28/20/2020 Hari Sumpah Pemuda di Indonesia selalu diperingati. Sumpah Pemuda merupakan ikrar yang dilakukan antar pemuda di seluruh suku di Indonesia yang terjadi pada 28 Oktober 1928 silam.

Didalam Sumpah Pemuda terdapat tiga kalimat didalamnya. Sudah tahu apa saja rangkaian kalimat yang terdapat dalam Sumpah Pemuda? Berikut penjelasannya:

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Lalu dari ketiga makna tersebut, apa sebenarnya makna yang dapat kita ambil?

Makna Sumpah Pemuda

Seperti pada alinea pertama, yang mengatakan mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Pada kalimat tersebut, jelas mengatakan bahwa Para pejuang dahulu rela mengorbankan segala yang ia punya untuk menyatukan keutuhan bangsa Indonesia.

Tanpa adanya perjuangan tersebut, mungkin Indonesia tidak berhasil dalam mewujudkan persatuan dan keutuhan Indonesia.

Diharap hal ini dapat membangun semangat anak muda, terlebih kaum milenial agar bisa terus berjuang melawan apapun dengan sifat kerja keras, pantang menyerah, dan ambisius yang tinggi dalam memajukan bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

Pada alinea kedua, mengatakan bahwa mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Makna yang terkandung adalah, rasa cinta pemuda Indonesia terhadap tanah air.

Tak bisa dipungkiri, semakin kesini rasa cinta terhadap negara mungkin sudah semakin tak terlihat. Bahkan, tak jarang masyarakat Indonesia dengan keberagaman sukunya malah saling berselisih paham dan saling menjatuhkan.

Peran kaum muda saat ini hanya perlu berdamai dengan situasi yang serba pelik seperti sekarang. Jaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan saling menghargai.

Di alinea ketiga, mengatakan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa yang kita gunakan sehari-hari.

Ditengah maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia, kita sebagai kaum muda harus tetap bangga akan budaya bangsa sendiri. Memang, perkembangan zaman menuntut kita untuk lebih mengikuti aware terhadap budaya luar, namun hal ini tak bisa dijadikan hal untuk melupakan budaya sendiri.

Didalam sumpah pemuda, sebenarnya ada banyak sekali hal positif yang bisa kita ambil. Semuanya bertujuan agar kita semakin mencintai tanah air kita sendiri. Selamat hari Sumpah Pemuda kaum muda Indonesia..

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Berbagai Sumber