Sederet Selebritas yang Dilarang Serta Enggan Hadir ke Met Gala

91

Sejumlah momen di balik penampilan selebriti di Met Gala cukup menarik perhatian publik. Sederet pesohor dunia pun kembali mencuri perhatian dalam acara Met Gala yang berlangsung pada 6 Mei 2024 waktu setempat di Metropolitan Museum of Art, Costume Institute, New York, AS.

Para selebritas dunia hadir dengan mengenakan fesyen spesial, mewah, dan tak biasa rancangan desainer ternama. Tahun ini, Met Gala mengusung tema The Garden of Time. Tema ini terinspirasi dari sebuah cerita pendek berjudul sama karya JG Ballard yang terbit pada 1962. The Garden of Time merujuk tentang ‘keindahan sekilas’. Tema itu bisa diterjemahkan dan direpresentasikan dalam berbagai hal mulai dari motif-motif bunga yang melankolis hingga penggunaan mode dari masa lalu.

Diundang dan bisa tampil di Met Gala yang glamor mungkin merupakan suatu kehormatan bagi sebagian pesohor. Tak ayal, pada tiap gelarannya, selebritas dunia berlomba-lomba merias dirinya dan tampak totalitas mengenakan busana terbaiknya untuk mencuri perhatian publik di momen red carpet Met Gala.

Sebagai salah satu acara paling eksklusif, gelaran Met Gala berjalan di bawah komando Anna Wintour selaku pemimpin redaksi Vogue sekaligus ketua dan kurator tamu Met Gala. Meskipun banyak selebritas yang ingin hadir di Met Gala, rupanya ada beberapa nama pesohor yang dilarang atau memilih untuk tidak menghadiri acara tersebut.

Siapa sajakah mereka? Berikut adalah informasi lengkapnya seperti dilansir dari Parade.

 

1. Donald Trump

Dalam acara The Late Late Show tahun 2022, Anna Wintour mengatakan Donald Trump adalah persona non grata atau sosok yang tidak diinginkan untuk hadir di Met Gala. Ketika ditanya oleh pembawa acara James Corden selebriti mana yang tidak akan pernah dia undang ke Met Gala, Wintour hanya menjawab Donald Trump.

 

2. Jameela Jamil

Aktris Jameela Jamil diketahui hadir pada gelaran Met Gala 2023 untuk menghormati mendiang desainer Karl Lagerfeld. Namun, dalam unggahan di Instagram pribadinya, dia mengungkap bahwa di acara itu terdapat orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan sikap diskriminatif terhadap wanita, imigran, hingga penyintas kekerasan seksual yang mungkin tidak diketahui publik. Lantaran hal ini, Jamil pun dikabarkan dilarang ataupun enggan untuk menghadiri Met Gala lagi.

 

3. Zayn Malik

Pada 2016, Zayn Malik menghadiri Met Gala bersama mantan pacarnya, Gigi Hadid. Namun selang 2 tahun, dalam sebuah wawancara dengan GQ, dia menjelaskan bahwa acara tersebut bukanlah sesuatu yang akan dia hadiri lagi.

“Saya lebih suka tinggal di rumah dan melakukan sesuatu yang konstruktif daripada berdandan dengan pakaian yang sangat mahal dan difoto di karpet merah¬† untuk melakukan hal yang memanjakan diri ‘lihat saya, saya luar biasa ‘. Hal di karpet merah, itu bukan aku,” katanya.

 

4. Tim Gunn

Guru mode Tim Gun mengungkapkan dalam episode Fashion Police 2016 bahwa dia telah dilarang hadir di Met Gala setelah melontarkan komentar yang tidak menyenangkan tentang Wintour.

Baca Juga:  Rekomendasi Notes Parfum yang Cocok untuk Cuaca Panas

“Saya ditanya hal apa yang paling tak terlupakan yang pernah saya lihat dalam dunia fesyen dan saya berkata, mudah saja. Itu adalah menyaksikan Anna Wintour dibawa menuruni lima anak tangga oleh dua pengawal,” kata Gunn. Meskipun Wintour tidak pernah secara langsung mengonfirmasi larangan tersebut, Gunn belum pernah menghadiri Met Gala sejak melontarkan komentar kontroversial tersebut.

 

5. Rachel Zoe

Penata gaya selebritas Rachel Zoe dikabarkan dikeluarkan dari daftar undangan Met Gala setelah mengatakan kepada New York Times bahwa dia lebih berpengaruh daripada Anna Wintour. “Betapapun hebatnya, Vogue tidak akan meningkatkan bisnis seorang desainer. Namun, jika merek yang tidak dikenal dipakai oleh seorang selebriti di sebuah tabloid, ia akan menjadi desainer terpopuler dalam waktu seminggu,” kata Zoe.

 

6. Amy Schumer

Meski tidak secara resmi dilarang, Amy Schumer tampaknya enggan untuk hadir lagi di Met Gala. Hal itu setidaknya terwakili dalam wawancaranya dengan Howard Stern pada 2016 yang menjelaskan bagaimana perasaannya tentang acara tersebut.

“Orang-orang berpura-pura berdiskusi. Saya tidak menikmati lelucon itu. Kami berdandan seperti sekelompok bajingan. Saya tidak menyukainya. Saya tidak tertarik dengan fashion. Saya tidak peduli,” kata Schumer.

 

7. Tina Fey

Komedian Tina Fey juga termasuk yang tidak suka menghadiri acara tersebut. Dia diketahui terakhir kali ke Met Gala pada 2010. Pada 2015, dalam sebuah wawancara dengan David Letterman, Fey mengomentari acara tersebut.

“Saya pergi ke sana sekali, dan itu adalah parade yang sangat brengsek. Jelas, saya tidak akan pernah kembali, tetapi jika Anda melakukannya, itu adalah tempat yang indah dan setiap orang brengsek dari lapisan masyarakat ada di sana dengan mengenakan barang-barang bodoh,” katanya.

 

8. Gwyneth Paltrow

Aktris sekaligus penyanyi Gwyneth Paltrow menceritakan pengalamannya menghadiri acara Met Gala. Dalam sebuah wawancara dengan Kylie dan Jackie O Show, dia mengungkap Met Gala sebenarnya tidak seindah yang dibayangkan oleh banyak orang. Dia mengatakan lokasi berlangsungnya Met Gala kurang nyaman untuk dinikmati.

Paltrow pun tampak tidak hadir lagi ke Met Gala sejak 2019.¬† “Tampaknya ini adalah hal terbaik di dunia. Anda selalu berpikir, Ya Tuhan, ini akan menjadi sangat glamor dan menakjubkan, dan Anda akan pergi untuk melihat semua orang ini. Tapi ketika kamu sampai di sana, cuacanya sangat panas dan penuh sesak, dan semua orang mendesakmu. Menurutku kita semua sudah agak tua untuk berdandan seperti punk,” katanya.

 

9. Lili Reinhart

Aktris Lili Reinhart mendapat kehormatan menghadiri Met Gala pada 2022. Namun setelah unggahan di Instagram Story-nya, di mana dia mengomentari perjalanan penurunan berat badan Kim Kardashian, Reinhart mengaku yakin dia tidak akan diundang ke acara tersebut lagi.

Dalam wawancara dengan Majalah W, Reinhart mengatakan “Menyenangkan, tapi setelah hadir lagi tahun ini [2022], saya rasa saya tidak akan diundang kembali. Saya mengatakan sesuatu tentang seseorang yang mengenakan pakaian tertentu,” katanya.