5 Danau Paling Jernih di Dunia dengan Pemandangan Menakjubkan

77

Danau menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Tempat yang sering menjadi habitat bagi berbagai flora dan fauna ini merupakan salah satu keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran banyak wisatawan yang senang berlibur ke danau.

Namun, dari banyaknya danau yang ada di dunia, ada beberapa danau yang dikenal karena berisi air yang sangat jernih. Kejernihan ini sering kali disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kedalaman dan kebersihan lingkungan sekitar danau tersebut. Bahkan salah satu danau ini dijuluki sebagai danau dengan air terjenih di dunia. Penasaran seperti apa bentuk danau tersebut? Yuk, simak artikel ini.

 

1. Blue Lake – Selandia Baru

Salah satu danau yang dianggap sebagai danau terjernih di dunia adalah Blue Lake yang terletak di bagian atas Pulau Selatan Selandia Baru pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Selain dapat memberikan rasa ketenangan, danau ini juga dikenal karena memiliki air yang sangat jernih.

Menurut laporan dari laman Lake Scientist, kedalaman maksimum Blue Lake mencapai 76 meter dengan visibilitas di dalam airnya diperkirakan mencapai 76 meter juga. Hal tersebut setara dengan kejernihan air suling. Selain itu, warna biru ungu yang terlihat di danau ini merupakan fenomena alami yang hanya terjadi di air yang sangat jernih. Sebagai salah satu danau terjernih di dunia, Blue Lake juga menawarkan pemandangan indah di sekitar danau.

 

2. Lake McKenzie – Australia

Lake McKenzie merupakan salah satu situs alam paling populer di Pulau Fraser, Australia yang memiliki air danau terjernih. Dilansir melalui Great Value Vacations, Lake McKenzie terletak di Taman Nasional Great Sandy dan memiliki pasir putih yang terbuat dari silika putih murni. Pasir tersebut berfungsi sebagai penyaring untuk membersihkan air sehingga airnya terlihat begitu murni.

Pasir putih tersebut juga yang membuat warna biru cerah danau semakin terlihat jelas. Memiliki kedalaman yang tak lebih dari 20 kaki, Lake McKenzie sering digunakan wisatawan untuk snorkeling, mendayung, dan berenang.

 

3. Crater Lake – Oregon

Crater Lake, salah satu danau paling terkenal di Amerika Serikat karena terbentuk setelah runtuhnya gunung berapi ribuan tahun lalu dan terkenal dengan warna biru dalamnya yang berasal dari salju dan hujan serta kebersihan airnya yang sangat indah.

Danau ini merupakan salah satu tempat paling populer di Taman Nasional Crater Lake dengan kejernihan air hampir mencapai 150 kaki. Pemandangan Crater Lake sering kali diselubungi awan karena ketinggian tempatnya hingga hampir seluruh airnya berasal dari salju yang mencair.

 

4. Torch Lake – Michigan

Selain itu, ada juga danau pedalaman terpanjang di Michigan yang dikenal karena airnya yang jernih dan biru, yakni Torch Lake. Danau ini memiliki air berwarna biru tosca yang unik dengan dasar danau yang kaya akan tanah liat. Torch Lake menjadi salah satu daya tarik utama karena terkenal dengan warna permata dan pasirnya yang nyaman untuk bersantai. Panjang danau ini mencapai 19 mil dan menjadi tujuan favorit bagi para pelaut untuk houseboat trips.

 

5. Five Flower Lake – China

Five Flower Lake merupakan salah satu danau yang terletak di Lembah Jiuzhaigou dan menjadi UNESCO World Heritage Site di Provinsi Sichuan, China. Danau ini terkenal dengan airnya yang biru tosca yang memukau dan kehidupan tanaman bawah air yang berwarna-warni.