Resep Korean Sweet Potato Bread, Viral Akibat Teksturnya Yang Unik

50

Medan, Kovermagz – Setelah banyak jajanan yang viral seperti Odading mang Ole, Garlic Cheese Bread, kini hadir lagi makanan viral lainnya yaitu Korean Sweet Potato Bread. Seperti namanya, makanan ini memang berasal dari negeri tempatnya oppa-opaa berasal, yaitu Korea Selatan.

Diolah dari adonan tepung ketan, tapioka, dan ubi jalar memang membuat tekstur kue ini sedikit mirip kenyal dan mirip mochi. Lalu bagaimana sebenarnya cara membuatnya? berikut Kovermagz sajikan resep Korean Sweet Potato menurut resep @Hungry Fever melalui laman youtubenya:

Bahan yang dibutuhkan:

140 gr tepung tapioka

20 gr tepung ketan

1 sdm gula pasir (20gr)

1 jumput garam

1 butir telur

1 sdm minyak sayur

1 sdm corn syrup

60 gr susu hangat

35 gr margarin

15 gr tepung terigu

350 gr ubi jalar

10 gr margarin

1 sdm madu

1 sdm susu full cream

Cara membuatnya:

1. Panaskan oven pada suhu 160 derajat celsius. Lalu alasi loyang dengan kertas roti.

2. Siapkan piring lebar, taburi tepung ubi di atasnya. Sisihkan.

3. Kupas ubi, masukkan ubi kedalam wadah lalu hancurkan. Tambahkan madu dan campur sampai rata. Bagi ubi jadi 6 bagian, bentuk oval. Sisihkan.

Baca Juga:  Resep Menu Olahan Tahu, Sapo Tahu Seafood Saus Tiram

4. Siapkan teflon anti lengket. Tuang air, mentega, dan gula. Masak dengan api kecil. Kalau mentega sudah leleh, masukkan tepung tapioka. Aduk selama 5 menit sampai adonan menyatu dan tekstur sangat lengket.

5. Keluarkan adonan dari teflon, masukkan dalam mangkuk. Dinginkan selama 5 menit. Tambahkan tepung beras ketan, tepung serbaguna, dan telur. Uleni sampai adonan tercampur rata dan tekstur cukup padat.

6. Bagi adonan menjadi 6 bagian, kira-kira sebesar kepalan tangan.

7. Ambil 1 bagian adonan tepung, masukkan 1 bagian ubi. Lipat dan tutup bagian pinggir adonan. Bentuk adonan seperti ubi ungu pakai tangan.

8. Letakkan adonan berbentuk ubi di atas piring yang sudah ditaburi tepung ubi. Kemudiam balur adonan dengan tepung ubi sampai tertutup rata.

9. Letakkan adonan di atas loyang, panggang selama lebih kurang 15 menit. Kalau sudah matang, roti ubi ungu siap disajikan..

Bagaimana? tertarik untuk membuatnya weekend ini?

Penulis: Jehan Erwita

Dokumentasi: Istimewa