Intip Berbagai Cara Hilangkan Stress Agar Merasa Lebih Bahagia

26

Medan, Kovermagz – Stress memang sangat kerat kaitannya dengan rasa kurang bahagia. Pemicunya pun bermacam-macam, faktor lingkungan, masalah pekerjaan, dan hal-hal lain yang tidak mengenakkan mungkin dapat memicu timbulnya stress.

Jika dibiarkan, ternyata stress bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Dikutip dari laman Alodokter, ketika seseorang mengalami stress, maka hormon kortisol dan adrenalin akan meningkat didalam tubuh dan dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pencernaan, hingga depresi.

Gejala lain yang mungkin juga terjadi jika seseorang mengalami stress adalah daya tahan tubuh yang menurun dan mengakibatkan sakit. Cara menghilangkan stress setiap orang mungkin berbeda. Namun, jika kadar stress dalam diri masih rendah, mungkin kamu bisa lakukan beberapa hal ini untuk membuat fikiran terbebas dari stress sejenak:

1. Lakukan kegitan yang disukai

Hal ini bisa direalisasikan melalui hobby. Sebagai contoh, jika kamu suka dengan film sillahkan tonton beberapa film yang kamu sukai dan menaikkan mood mu ketika monotonnya. Melakukan aktifitas yang kita sukai akan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

2. Olahraga ringan setiap hari

Cobalah untuk mulai olahraga setiap hari dipagi hari. Jalan kaki mengelilingi sekitar rumah, atau bersepeda bisa jadi pilihan. Selain menyehatkan secara fisik, Berolahraga dinilai mampu meredakan stress dan penat yang ada didalam tubuh.

Baca Juga:  Yuk Mulai Kendalikan Keuangan Dengan Tips Berikut

3. Meditasi

Cari waktu me-time, dan gunakan untuk meditasi sesaat. Meditasi membantu fikiran agar lebih fokus sehingga memiliki pandangan yang lebih jernih dengan kondisi yang telah kamu alami sekarang.

Meditasi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, namun idealnya carilah tempat hening dan cukup tenang. Cobalah 15-20 menit untuk meditasi sambil mengatur pernapasan.

4. Bagikan keluhanmu dengan orang terdekat

Cari orang terdekat yang bisa diajak untuk sharing tentang ceritamu. Membagikan sedikit cerita tidak mengenakkan pada orang terdekat akan sedikit melegakan hati, karena jika terus dipendam, hal ini akan membuatmu stress dan tertekan.

5. Jalani hidup tanpa melihat ke belakang

Jika kamu merasa mempunyai kesalahan dimasa lalu, jangan terlalu mengungkit kesalahan dan membandingkannya dengan masa sekarang, karena hal tersebut sebenarnya tidak ada gunanya.

Cobalah untuk hidup lebih realistis. Jalani kehidupan dengan penuh syukur dan jangan menyesali apapun yang terlewat.

Penulis: Jehan Erwita
Dokumentasi: Istimewa