Musik Dapat Turunkan Berat Badan? Begini Cara Kerjanya

40

Medan, Kovermagz – Mungkin hingga saat ini, banyak diantara kita yang masih terus struggle dengan angka berat badan. Ada yang merasa berat badannya terlalu berlebih, atau mungkin ada juga yang beranggapan badannya kurang proporsional.

Penurunan berat badan umumnya dilakukan dengan menjaga pola asupan makanan serta berolahraga. Namun sudah pernah dengar belum turunkan berat badan melalui mendengarkan musik?

Dikutip dari CNN Indonesia, Journal Of Exercise Physiology menemukan bahwa orang yang berolahraga dengan mendengar musik dalam tempo cepat memiliki detak jantung yang lebih tinggi,  suhu tubuhnya akan meningkat, dan laju pernapasannya juga akan meningkat. Ketiga kondisi tersebutlah yang menandakan bahwa kalorinya telah banyak terbakar.

Ketika kita mendengar musik, musik akan membuat kita melepas hormon endorfin. Hal ini sangat baik karena hormon endorfin memiliki peran dalam melepas stress dan memicu perasaan positif.

Baca Juga:  Sudah Perawatan Namun Kulit Tak Kunjung Berseri? Kemungkinan Gaya Hidupmu Kurang Baik

Selain itu, musik juga bisa mengurangi titik simpanan didalam lemak pada perut, dan biasanya lemak pada bagian perut disebabkan oleh sress yang dikontrol melalui hormon kartisol.

Kemudian, musik lah yang mampu mengurangi jumlah hormon kartisol yang menjadi salah satu pemicu kegemukan pada tubuh. Ketika hendak berolahraga, cobalah untuk mendengarkan musik favorit dengan alunan yang agak sedikit beat, hal ini akan menghidupkan sejumlah sel dalam tubuh seseorang. Kamu bisa mencoba musik jazz, R&B, atau Electronic Dance Music (EDM) sebagai referensi.

Namun perlu diingat, hal ini juga harus diimbangi dengan intensitas olahraga yang baik serta asupan pola makan seimbang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tertarik untuk membuktikannya?

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Istimewa