Kebiasaan Minum Kopi Dipagi Hari Ternyata Harus Dihindari, Mengapa?

41

Medan, Kovermagz – Saat kita bangun tidur, banyak orang yang suka langsung menyeruput secangkir kopi dipagi hari. Kebiasan ini mungkin membuat badannya merasa lebih siap menjalani hari akibat energi dari kopi. Namun terntaya , hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi sebenarnya tidak terlalu baik jika diminum dalam keadaan perut kosong, dan jika dilakukan berulang-ulang, hal ini akan menimbulkan efek yang buruk baik tubuh. Apa saja akibat yang dihasilkan? Berikut penjelasannya:

1. Asam lambung akan naik

Ketika meminum kopi dalam keadaan perut kosong dipagi hari, asam pada kopi akan semakin meningkatkan keasaman pada perut. Akibat dari hal ini, perut akan mulasa dan mengalami gangguan pencernaan setiap hari.

Perlu diketahui, asam lambung adalah cairan yang bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang didalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

2. Membuat mudah cemas dan stress

Kafein dalam merangsang sistem saraf. jika dikonsumsi terlalu berlebihan saat pagi hari dapat memuat denyut jantung lebih kencang dari biasanya. Saat meminum kopi dipagi hari pada saat perut kosong, efek negatif ini dipercaya akan muncul dengan sendirinya.

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

3. Menakan produksi hormon kortisol

Meminum kopi saat perut kosong dipagi hari juga dapat mengganggu hormon kortisol, komponen penting dari jam sirkadian, alarm alami bagi tubuh yang membantu kita untuk bangun dipagi hari dan membuat kita mengantuk dipagi hari. Dipagi hari, biasanya otak banyak melepas hormon kortisol untuk membangunkan kita.

Ketika kita meminum segelas kopi dipagi hari setelah bangun tidur, akan menyebabkan hormon kortisol menurun dan tubuh akan sedikit bergantung pada kafein untuk membuat tubuh kita melek.

Ketiga hal tersebutlah yang akhirnya membuat kopi tidak dianjurkan diminum dipagi hari dalam keadaan perut kosong. Jika kamu tetap inign meminum kopi dipagi hari tanpa meninggalkan efek negatif, minumlah kopi setelah sarapan yang padat.

Kamu bisa mengawalinya dengan meminum segelas air hangat saat bangun tidur, memakan sarapan, lalu meminum secangkir kopi favoritmu.

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Istimewa