Manfaat dari Mengangkat Kaki ke Dinding

165

Medan, KoverMagz – Mengangkat kaki ke tembok menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan Anda. Manfaat mengangkat kaki ke tembok mulai dari membuat pikiran jadi lebih rileks, meredakan nyeri di punggung, memperbaiki pola tidur, memperlancar pencernaan, hingga meredakan kram pada kaki. Di dalam olahraga yoga, teknik ini disebut dengan viparita karani. Gerakan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, Yuk kita simak !

1. Mengatasi insomnia

Jika sering sulit tidur di malam hari, menempelkan kaki di dinding selama beberapa menit mungkin bisa membantumu.

Mengutip dari WebMD, ada banyak alasan mengapa rasa kantuk tak kunjung muncul. Salah satunya adalah karena kelelahan. Aktivitas sehari-hari memaksa kaki, terutama betis, untuk ikut menopang beban tubuh dalam waktu yang tidak sebentar.

Mengangkat kaki dan menempelkannya di dinding sebelum dapat menghilangkan beban dan ketegangan otot secara perlahan. Tubuh akan rileks dan kamu bisa segera terlelap.

2. Meredakan stres

Stres bisa diredakan dengan banyak hal, yang paling utama adalah rileksasi. Sebelum tidur, luangkan beberapa menit untuk mengangkat kedua kaki dan menempelkannya ke dinding.

Ilmuwan di University of Rochester Medical CenterAmerika Serikat, menjelaskan bahwa saat sedang stres, tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon kortisol. Pelepasan kortisol dalam waktu yang lama bisa meningkatkan tekanan darah dan memperburuk sirkulasinya.

Posisi kaki terangkat bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Ini akan membuat jantung menjadi lebih tenang. Pelepasan hormon kortisol akan berkurang dan kamu mulai merasakan rileks.

3. Meningkatkan sirkulasi aliran darah

Meletakkan posisi kaki terbalik membawa oksigen ke bagian atas tubuh, artinya sirkulasi darah meningkat. Selain itu, gerakan ini juga membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah.

Baca Juga:  Menahan Kantuk Selama WFH? Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Kopi.

4. Merenggangkan pinggul, kaki, dan punggung

Jika gerakan ini dilakukan secara rutin, tubuh akan lebih elastis. Otot betis dan kaki, paha belakang, dan punggung akan terenggang. Rasa sakit di daerah-daerah tersebut akan hilang perlahan.

Tips tepat mengangkat kaki ke dinding

Meski memiliki banyak manfaat, teknik yang salah justru bisa mengakibatkan cedera. Oleh karena itu, sangat penting untuk memerhatikan posisi tubuh saat melakukannya, yaitu dengan:

1. Perhatikan fleksibilitas tubuh

Jika kamu belum terbiasa, jangan tempelkan seluruh bagian kakimu ke dinding, karena ini akan terasa menyakitkan. Buat jarak antara dinding dengan pinggulmu, lalu tempelkan tumit ke tembok. Jika perlu, tambahkan bantal di bawah panggul.

Tapi jika sudah terbiasa melakukannya, kamu bisa menempelkan seluruh punggung kaki ke permukaan dinding. Sehingga, badan dan kaki akan membentuk sudut siku-siku sempurna.

2. Lakukan secara perlahan

Jangan langsung menempelkan seluruh punggung kaki ke dinding. Lakukan secara bertahap dengan memberi jarak antara dinding dan pinggul. Gerakkan pinggul sedikit demi sedikit mendekati dinding hingga kaki membentuk garis vertikal.

Cara ini agar otot di kaki tidak langsung tertarik, yang pada akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit atau bahkan cedera.

3. Lakukan selama 15 menit

Sebenarnya, tidak ada batasan khusus seberapa lama kamu harus mengangkat kaki dan menempelkannya di dinding. Hanya saja, menurut Yoga Journal15 menit adalah waktu yang ideal untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Saat kakimu terangkat sempurna, aliran darah akan benar-benar terasa, terutama di kepala. Kombinasikan dengan mengatur pernapasan, sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Berbagai Sumber