Luar Biasa! Air Rebusan Daun Kemangi Ini Berkhasiat Baik bagi Tubuh

121

Apakah anda suka meminum air rebusan kemangi? Jika iya selamat, anda akan terbebas dari berbagai penyakit. Ya, sebab, air rebusan daun kemangi sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia loh.

Kemangi selain menjadi salah satu lalapan khas Indonesia yang jadi favorit banyak orang, juga dapat dikonsumsi menjadi air rebusan yang baik bagi tubuh. Daun ini dikenal memiliki kandungan Vitamin B6, C, E, K, kalium, mangan, tembaga, hingga magnesium. 

Nah, kandungan inilah yang kemarin membuat daun kemangi punya banyak manfaat untuk tubuh dan bisa menunjang kesehatan. Penasaran kira-kira apa saja khasiat rutin mengonsumsi air rebusan kemangi setiap hari? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini Tim Kovermagz telah merangkum informasinya untuk anda. 

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat mengonsumsi rebusan daun kemangi untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa membantu melancarkan peredaran darah. Jadi kalau anda merasa mudah pusing atau tanda-tanda peredaran darah kurang lancar lainnya, cobalah rutin mengonsumsi daun kemangi. Manfaat daun kemangi untuk melancarkan peredaran darah ini bisa didapatkan berkat kandungan magnesiumnya.

Magnesium dapat membantu melenturkan pembuluh darah, sehingga melancarkan peredaran darah. Oleh karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi, manfaat daun kemangi ini juga untuk mendukung kerja pembuluh darah serta melindunginya dari kerusakan.

Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Manfaat rebusan daun kemangi berikutnya juga sangat menakjubkan. Daun ini ternyata terbukti dalam perlindungan jantung. Senyawa dalam kemangi dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan tekanan darah. Dengan mengonsumsi daun kemangi secara teratur, kita dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan menjaga keseimbangan fungsi jantung.

Mengatasi Peradangan 

Khasiat rebusan daun kemangi yang berikutnya adalah mampu mengatasi peradangan. Kemangi memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sehingga kerap menjadi obat herbal untuk beberapa masalah kesehatan.

Manfaat ini karena adanya kandungan eugenol, citronellol, dan linalool pada tanaman. Senyawa tersebut secara efektif membantu menurunkan peradangan melalui sifat penghambat enzimnya.

Selain itu, sifat antiperadangan pada daun kemangi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan radang usus. Agar mendapatkan manfaat ini, ada baiknya mengonsumsi air rebusan daun kemangi secara rutin.

Mencegah Kanker 

Khasiat rutin mengonsumsi air rebusan daun kemangi untuk kesehatan yang selanjutnya tak kalah menakjubkan dari yang sebelumnya. Bagaimana tidak, ternyata daun kemangi juga bisa mencegah kanker.

Selain antioksidan, penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi juga memiliki sifat antikanker. Kandungan antikanker dalam daun kemangi diketahui dapat melawan sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit. Daun kemangi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol gula darah, dan membantu pemulihan akibat stroke. 

Mampu Menguatkan Tulang

Bukan tanpa alasan, daun kemangi juga mengandung vitamin K. Nah, vitamin K bisa bermanfaat untuk menguatkan tulang, Vitamin ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat. 

Baik untuk Sistem Pernapasan dan Mengatasi Bau Badan

Sudah tahukah anda jika daun kemangi ternyata bisa mengatasi masalah napas tak sedap loh! Kandungan minyak atsiri, seperti eugenol, membuat daun kemangi efektif sebagai solusi alami untuk bau mulut, memberikan kesegaran pada napas secara alami.

Selain bau napas, ternyata daun kemangi juga bisa mencegah atau mengatasi bau badan. Hal itu lantaran daun kemangi juga mengandung senyawa anti bakteri dan antiseptic. Dengan kandungan tersebut, daun ini bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan.

Menjaga Kesehatan Mata dan Membuat Kulit Bersinar

Ternyata khasiat rebusan kemangi yang berikutnya bisa menjaga kesehatan mata sekaligus membuat kulit bersinar. Vitamin A yang melimpah di dalam daun kemangi, penting untuk kesehatan mata dan kulit. Yups, vitamin A juga terkenal mampu membantu menjaga kesehatan sel-sel mata, meningkatkan penglihatan, dan memberikan kilau alami pada kulit. 

Mendukung Fungsi Pencernaan

Daun kemangi juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Senyawa seperti eugenol dalam kemangi memiliki sifat antimikroba yang dapat melindungi saluran pencernaan dari infeksi. Selain itu, daun kemangi juga dapat merangsang produksi cairan lambung yang membantu pencernaan makanan.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Bila anda edang merasa stress, mengonsumsi  air rebusan kemangi bisa menjadi solusi yang tepat loh. Studi ilmiah mengungkapkan bahwa daun kemangi dapat meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Selain itu, konsumsi secara teratur dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan mencegah kehilangan memori terkait usia. Jadi bisa dibilang bahwa kemangi bukan hanya sekadar bumbu, tetapi juga ramuan penenang alami. 

Menurunkan Gula Darah Tinggi

Beberapa praktisi pengobatan tradisional umumnya merekomendasikan daun kemangi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Sebuah studi di Macedonian Journal of Medical Sciences pada tikus menemukan, bahwa ekstrak daun kemangi dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, manfaat daun kemangi lainnya juga dapat membantu mengobati efek gula darah tinggi jangka panjang.

Baik untuk Kulit Berminyak

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dipercaya dapat membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit yang berasal dari campuran daun kemangi ini sangat baik dan cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.

Selain itu, daun kemangi juga membantu menghilangkan kotoran, bahkan kotoran yang menyumbat pori-pori sekalipun. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

Melindungi Kulit dari Penuaan

Menurut penelitian yang diterbitkan di DARU Journal of Pharmaceutical Sciences, manfaat daun kemangi lainnya adalah berkhasiat untuk melindungi kulit dari efek penuaan. Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menggunakan ekstrak daun kemangi ke model kulit laboratorium.

Hasilnya, ekstrak daun kemangi tampak meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan. Antioksidan dalam daun kemangi mungkin memiliki efek perlindungan. Hal ini terjadi jika seseorang mengonsumsinya sebagai bagian dari makanan yang bervariasi.

Mencegah Anemia

Manfaat daun kemangi adalah sumber zat besi yang sangat penting untuk menjaga ibu hamil tetap berenergi. Zat besi dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah (RBC) dalam darah. Dengan begitu, zat inilah yang kemudian mencegah risiko anemia pada ibu hamil.