Intip Ciri Orang Berbohong Melalui Pesan Teks

80

Medan, Kovermagz – Semua orang pasti pernah berbohong ya. Berbagai alasan menjadi sebab seseorang berbohong. Entah itu membuat kesalahan, menghindari topik pembicaraan, dan mengelak untuk melakukan sesuatu.

Tetapi apakah anda tahu bagaimana mengetahui lawan bicara anda sedang membohongi anda atau tidak? Berikut cara yang bisa terlihat untuk mengetahuinya melalui pesan teks dengan lawan bicara anda:

1. Kalimat Terkesan Panjang

Secara tidak sadar, orang-orang yang berbohong akan cenderung lebih banyak berbicara dan terkesan bertele-tele. Topik pembicarannya biasanya tidak langsung pada pointnya.

2. Mengulang Informasi

Orang berbohong cenderung mengulang-ulang perkataannya agar kamu percaya padanya dan agar terlihat meyakinkan. Kamu harus peka kalau dia sudah ngomong berulang-ulang seperti itu.

3. ….is typing/Mengetik Terlalu Lama

Lama menanggapi pesan padahal dia sedang mengetik, itu bisa jadi karena dia mengganti-ganti jawabannya. Dia menjawab lalu menghapus, menjawab lagi dan menghapus lagi makanya lama sekali atau memang sedang mencari alasan untuk berbohong

4. Mengalihkan Topik Pembicaraan

Agar tetap aman pembohong biasanya menguji lawan bicara dengan reaksi terlebih dahulu. Jika mereka tidak mengetahui kebohongan tersebut maka pembohong akan memindahkan topik pembincaraan

5. Membuatmu Merasa Bersalah

Saat lawan bicaramu merasa terpojokkan saat mengobrol di chat makanya dia akan membuatmu merasa bersalah supaya kamu tidak lagi menuntut kejujurannya. Jangan mau dibalikkan keadaannya. Dia yang berbohong, dia yang harusnya merasa bersalah.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

6. Menuduh

Saat dia mencurigai anda yang sudah mengetahui dirinya berbohong pada anda dia akan menuduhmu melakukan sesuatu yang tidak kamu lakukan atau rasakan alias memutar balikkan kesalahan/keadaan. Tidak akan mengakui kesalahannya.

7. Kalimat/Kata-Kata Lain Menarik Perhatian

Untuk menghindari perdebatan, lawan bicara akan mulai mempermainkan emosi anda secara halus. Pada kasus seperti ini, orang yang berbohong berusaha mengendalikan situasi dengan menanyakan sesuatu pada kita. Hal ini dilakukan untuk membuat kita merasa malu dan akan melakukan hal-hal untuk membela diri.

Hal inilah yang dilakukan para jurnalis andal, mereka tidak pernah merespon pertanyaan dari orang yang diwawancarai, karena ini adalah cara yang baik untuk mengalihkan perhatian.

Walau demikian tidak semua orang yang melakukan hal di atas berbohong padamu, jadi bijaklah dalam menanggapi pesan dari lawan bicaramu. Begitu pula jangan pernah takut mengatakan dia sedang berbohong jikalau lawan bicara anda memang terlihat jelas sedang berbohong. Sampaikan dengan kalimat yang sopan yang tidak menyudutkan agar kesalah pahaman dapat terselesaikan.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber: Berbagai Sumber