Inilah Manfaat Mengonsumsi Kimchi Bagi Kesehatan, Mulai Jantung hingga Wajah

127

Mendengar nama kimchi tentu sudah tidak asing lagi bukan? Pasalnya, makanan khas negeri hallyu ini memang tengah naik daun di masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Rasanya yang unik yaitu asam-pedas mampu menarik perhatian siapa saja. Ditambah lagi, makanan khas Korea ini kerap muncul di beberapa drama hingga film Korea hingga wajar saja bila banyak orang sangat penasaran dengan makanan yang satu itu. 

Padahal, jika diteliti lebih mendalam, Kimchi, memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan loh. Baik untuk kesehatan usus, otak, jantung, mata, hingga mencegah penuaan kulit wajah. Aneka ragam manfaat kimchi inu telah terbukti khasiatnya lewat berbagai penelitian resmi yang dilakukan para peneliti dunia.

Lantas, apa saja manfaat tersebut? Kali ini tim kovermagz akan membahasnya untuk anda. Simak selengkapnya disini! 

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat pertama dari mengonsumsi kimchi ialah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Perlu diketahui, Kimchi memiliki sifat anti-inflamasi & mampu mengontrol kadar kolesterol berbahaya. Berdasarkan uji klinis yang dilakukan sebuah studi pada tahun 2017 oleh para peneliti Korea yang diujikan kepada para tikus membuktikan bahwa kimchi menunjukkan efek baik dari kerusakan jantung.

Pada saat yang sama, diuji pula kepada 11 orang peserta secara acak & membuktikan bahwa adanya penurunan kolesterol total & glukosa total. Asupan kimchi juga meningkatkan profil lipid serum pada orang dewasa muda yang sehat.

Baik untuk kesehatan usus

Karena kimchi merupakan makanan yang difermentasi, tak heran apabila kimchi digadang-gadang baik untuk menjaga kesehatan usus. Melansir dari Spice Raly, sebuah study yang diterbitkan tahun 2022 menunjukkan bahwa serat yang tinggi & adanya asam laktat dalam kimchi membantu meringankan kondisi iritasi usus besar (IBS).

Probiotik di dalamnya cocok untuk mengatasi kondisi seperti sembelit dan aneka kasus pencernaan lainnya. Selain itu, serat pada kimci juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Mendukung kesehatan Otak

Tahukah Anda jika Kimchi punya manfaat untuk perkembangan otak secara tidak langsung loh. Hal ini berasal dari adanya sistem saraf enteric yang terletak di usus untuk “berkomunikasi” dengan otak manusia. Koneksi usus-otak dapat berjalan lancar apabila usus sehat & berfungsi dengan baik. Sementara itu, kimchi memang dikenal dapat menyehatkan usus. 

Mencegah kanker

Sayuran berwarna kuning dan hijau yang digunakan sebagai bahan kimchi dapat berfungsi untuk mencegah peradangan. Kandungan sayuran tersebut juga dapat menekan kerja enzim tertentu yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Efek antikanker akan lebih optimal jika kimchi ditambahkan dengan bahan lain, seperti mustard leaf, Chinese pepper, dan ekstrak Korean mistletoe. Namun, manfaat kimchi ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Menurunkan gula darah

Sulit mengendalikan gula darah akibat masih suka mengonsumsi makanan manis? Eits tunggu dulu, imbangi juga dengan kimchi. Sebuah studi kecil yang dilakukan selama 8 minggu oleh para peserta pra-diabetes mengungkapkan  toleransi glukosa yang lebih baik setelah konsumsi kimchi fermentasi.

Kimchi dapat membantu menurunkan resistensi insulin & meningkatkan metabolisme glukosa. Manfaat kimchi ini didapat berkat kandungan serat, vitamin, mineral, dan probiotik yang tinggi pada makanan sehat tersebut.

Selain itu, kimchi juga termasuk jenis makanan dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat ini menjadikan kimchi baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Memperbaiki kesehatan mata

Siapa sangka, makanan khas Korea bernama Kimchi memiliki manfaat super khususnya bagi kesehatan mata. Kimchi merupakan sumber antioksidan beta karoten yang baik, terutama jika bahan utama kimchi tersebut adalah kol.

Tubuh kita mengubah kimchi yang dikonsumsi menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, terutama seiring bertambahnya usia. Mengonsumsi kimchi secara rutin dapat mengisi kekurangan nutrisi dalam hal penglihatan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kimchi secara mengejutkan tak hanya baik untuk pencernaan saja, tapi juga untuk kekebalan tubuh. Kandungan probiotik dalam kimchi “Bermanfaat untuk fungsi kekebalan karena sebagian besar fungsi kekebalan terjadi di usus,” kata Jessica Cording, RD, penulis “The Little Book of Game-Changers: 50 Healthy Habits For Managing Stress & Anxiety” yang dikutip melalui Women’s Health Magazine.

Manfaat ini didapat berkat kandungan bakteri baik atau probiotik di dalam kimchi. Dengan imunitas yang kuat, tubuh pun akan lebih mampu melawan virus dan kuman penyebab penyakit, seperti bakteri H. pylori penyebab tukak lambung dan virus avian influenza penyebab flu burung.

Mengendalikan berat badan

Kimchi biasanya terbuat dari aneka macam sayuran seperti sawi, kubis, mentimun, dan aneka sayuran hijau lainnya. Inilah yang membuat kimchi dapat mengendalikan berat badan, terutama obesitas.

Kemudian sayur yang digunakan pada kimchi tentunya rendah kalori. Dalam 1 cangkir kimchi (150 gram), hanya terdapat sekitar 23 kalori. Oleh sebab itu, kimchi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu menu makanan untuk menurunkan atau menjaga berat badan ideal.

Adapun penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa mengonsumsi kimchi yang difermentasi selama 2 minggu membuat kadar lemak & kadar glukosa darah dalam tubuh berkurang secara signifikan. Penelitian yang sama juga mengungkapkan bahwa tekanan darah, lemak tubuh, serta tingkat kolesterol jauh menurun.

Mengandung efek anti-aging

Kabar baik lainnya bagi kalian yang ingin tetap tampil cantik tanpa memandang usia. Kimchi memiliki manfaat anti penuaan, loh! Memakan kimchi secara rutin dapat memperlambat penuaan. Ini karena kimchi memiliki sifat anti-inflamasiyang akan memperlambat peradangan kronis. Didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa makan kimchi akan memperpanjang umur sel manusia, tanpa memandang usia.

Memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral

Kubis merupakan bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kimchi. Sayuran ini banyak mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin K, serat, dan folat. Selain itu, kubis juga mengandung beragam mineral, seperti kalsium, kalium, mangan, dan magnesium.

Vitamin dan mineral juga terkandung dalam sayuran atau bahan lain yang digunakan sebagai bumbu kimchi, misalnya bawang putih mengandung mangan, cabai yang mengandung vitamin B6, dan daun bawang kaya akan vitamin K.

Mencegah Infeksi Jamur

Kandungan bakteri baik di dalam kimchi membuatnya bermanfaat sebagai pengobatan alami untuk mengatasi infeksi jamur. Salah satunya jamur Candida albicans. Salah satu studi laboratorium menunjukkan bahwa Lactobacillus dari kimchi menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap jamur tersebut. Selain itu, sulfida dan isosianat yang terkandung di dalam kimchi dapat berperan sebagai antimikroba.

 

Itulah berbagai macam manfaat kimchi bagi kesehatan tubuh yang jarang Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda ya!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353