Terapkan 9 Cara Ini Untuk Mencegah Kerutan Wajah Pada Saat Tidur

109

Kerutan di wajah seringkali dianggap masalah serius bagi wanita. Bukan tanpa alasan melainkan karena kerutan membuat wajah terlihat lebih tua dan tidak fresh. Secara umum, kerutan disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastisitas yang mengurangi volume kulit.

Namun, siapa sangka kebiasaan tatkala tidur juga memberikan pengaruh besar pada kerusakan kolagen yang akhirnya mengarah ke kemunculan kerutan. Kendati begitu tak perlu khawatir. Sebab, kerutan di wajah nyatanya masih dapat dicegah loh. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya disini! 

Tidur dengan cukup

Cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur yang pertama yaitu tidur dengan cukup. Kurang tidur adalah waktu tidur yang lebih pendek dari yang kita butuhkan, biasanya kurang dari 7 jam untuk orang dewasa.

Ketika Anda mengalami kurang tidur, itu akan terlihat jelas dari penampilan Anda. Adapun beberapa indikasi kurang tidur antara lain kelopak mata menggantung, muncul lingkaran hitam di bawah mata, mata bengkak dan dikelilingi garis-garis halus, serta muncul lebih banyak kerutan secara keseluruhan. Jadi, jika Anda menginginkan kulit yang senantiasa muda dan minim kerutan, usahakanlah untuk tidur 7-8 jam setiap malam.

Tidur dengan posisi telentang

Cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur yang kedua yaitu tidur dengan posisi telentang. Tidur tengkurap maupun tidur menyamping cenderung memberikan tekanan yang konstan pada wajah. Seiring waktu, kebiasaan ini dapat menghasilkan kerutan atau sleep lines yang tidak diinginkan.

Sebagai gantinya, cobalah tidur dengan posisi telentang guna menghindari tekanan berlebih pada wajah. Apabila Anda tidak terbiasa tidur telentang, mulailah dengan meletakkan bantal di bawah lutut atau punggung bawah dan kelilingi diri Anda dengan bantal lain di kedua sisi tubuh khususnya di sekitar bagian tengah tubuh dan pinggul.

Penggunaan bantal tidak hanya dapat membantu Anda merasa lebih nyaman, tetapi juga bisa menyulitkan Anda untuk bergerak ke posisi tidur miring atau tengkurap. Kehadiran bantal juga akan membantu tubuh Anda terbiasa dengan posisi tidur telentang.

Menggunakan bantal khusus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidur telentang sangat membantu dalam mencegah kerutan wajah pada saat tidur. Nah, untuk memudahkan Anda tidur dengan posisi telentang, Anda bisa menggunakan bantal khusus.

Pilihlah bantal berkontur yang dirancang untuk membuat tidur telentang lebih nyaman, seperti night pillow. Ada banyak manfaat yang dimiliki night pillow termasuk meminimalkan kerutan, membantu menciptakan kulit yang bersih, hingga menghidrasi sel-sel kulit untuk membantu mencegah pembentukan garis-garis halus.

Selain night pillow, Anda juga dapat menggunakan bantal leher. Dengan menggunakan bantal leher, itu memungkinkan Anda untuk lebih mudah tidur telentang tanpa berguling ke samping.

Pakai sarung bantal berbahan sutra atau satin

Cara selanjutnya untuk mencegah kerutan wajah yaitu memakai sarung bantal berbahan sutra atau satin. Jika Anda tidak bisa tidur telentang dengan nyaman, Anda dapat mencegah kemunculan kerutan yang biasa disebabkan oleh sarung bantal dengan mengganti sarung bantal berbahan katun ke sutra atau satin.

Sarung bantal berbahan sutra atau satin sangat memungkinkan kulit meluncur atau bergerak dengan mulus di permukaan bantal. Dengan kata lain, daya tariknya berkurang dan wajah pun tidak akan berderak seperti saat Anda menggunakan sarung bantal katun.

Mengaplikasikan krim anti-aging sebelum tidur

Mengaplikasikan krim anti-aging sebelum tidur cukup penting untuk dilakukan loh. Pasalnya, krim malam atau night cream yang mengandung formula anti-aging berguna membantu mencegah dan mengatasi kerutan.

Pertimbangkan untuk menggunakan night cream yang dilengkapi dengan retinol, karena retinol termasuk agen anti-aging yang paling ampuh untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus dengan cara merangsang kolagen. Agar kulit tidak terlalu kering akibat penggunaan retinol, usahakan untuk memilih night cream yang juga mengandung bahan-bahan melembabkan seperti hyaluronic acid.

Menggunakan tabir surya

Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV, tapi juga mencegah penuaan dini yang ditandai dengan keriput. Salah satu penelitian dalam jurnal Dermatologic surgery meneliti efek penggunaan tabir surya SPF 30 terhadap kerusakan kulit.

Penelitian yang memakan waktu 1 tahun ini mengatakan bahwa krim tabir surya yang digunakan setiap hari dapat mengembalikan kerusakan kulit akibar sinar matahari dan mencegah kerusakan tambahan.

Menghindari kebiasaan memicingkan mata

Setiap ekspresi wajah yang dilakukan berulang kali tanpa sadar bisa menyebabkan lipatan dan garis-garis halus di kulit sekitar mata. Kebiasaan ini termasuk memicingkan mata saat kesilauan atau mencoba membaca teks jarak jauh atau yang terlalu kecil. Cobalah memakai kacamata baca jika Anda membutuhkannya atau kacamata hitam saat bepergian ke luar rumah. Kacamata secara tidak langsung akan melindungi area mata dan mencegah timbulkan keriput akibat efek sinar UV pada kulit.

Menggunakan skincare dengan vitamin C

Penggunaan rutin produk skincare mengandung vitamin C dapat membantu mencegah keriput. Sebagai antioksidan, vitamin ini melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang menjadi penyebab utama kerusakan kulit dan timbulnya kerutan.

Vitamin ini juga mendorong produksi kolagen, protein penting yang membentuk struktur kulit Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah produk mengandung vitamin C untuk kulit dalam bentuk L-ascorbic acid atau ascorbyl palmitate.

Gunakan masker alami

Penggunaan masker alami bisa mengurangi kerutan di wajah, bahkan membantu kulit terlihat lebih kenyal dan sehat. Beberapa bahan alami yang bisa membantu menghilangkan kerutan di wajah adalah lidah buaya, pisang, beras, madu, dan putih telur.

 

Itulah cara mencegah kerutan wajah pada saat tidur. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353