Garside Kembali Dengan Single Terbaru Mereka : “Misgiving”

23

Secara perlahan, kota Medan mulai meyakinkan banyak orang bahwa banyak karya menarik di sana. Mulai dari berbagai genre, baik cadas sampai yang easy listening dilahirkan oleh kota metropolitan kedua kepunyaan Indonesia itu. Salah satu band easy listening terbaik yang  dilahirkan di Tanah Deli ini adalah, Garside. Band indie-pop ini baru saja merilis single terbaru mereka dengan tajuk “Misgiving”.

Single “Misgiving” sendiri merupakan single kedua sebelum peluncuran EP kedua yang rencana juga akan dirilis tahun ini. Berceritakan tentang kebimbangan seseorang dalam menjalani sesuatu yang menurut nya penuh tekanan dan ketidaknyamanan, dan berharap bisa terbebas dari hal tersebut. Hal ini mungkin bisa dikaitkan dengan kisah percintaan, karir, atau hal lainnya yang mungkin masih berkaitan, yang dimana pendengar diberi kebebasan untuk menginterpretasikan makna nya.

Garside mengusung genre Alternative Rock/Indie Rock yang masih mengaplikasikan sound-sound yang tergolong lebar dan modern, mulai dari gitar, bass, maupun drum. Dari segi suasana musik Garside bisa terbilang cukup cheerful dan penuh semangat, tetapi lain halnya dari segi lirik dan jalan cerita di dalam lagu itu sendiri kebanyakan menceritakan tentang kesedihan dalam bentuk kekecewaan, kegagalan dan kemarahan. Dengan cara seperti ini Garside ingin menyampaikan bahwa kesedihan di dalam hidup tidak harus dirasakan dengan suasana yang haru. Konsep Happy Sad ini juga dapat terlihat dari artwork EP pertama mereka yang bertajuk “Should’ve Been/Could’ve Been” dan juga single terbaru mereka  yang telah dirilis berjudul “Misgiving”, disitu dapat dilihat bahwa objek di dalam nya tampak sedang merasakan kesedihan tapi dikemas dengan suasana yang berwarna.

Garside merupakan band vokalis wanita yang berasal dari Medan dan sudah menetap di Jakarta sejak tahun 2019. Garside sendiri dibentuk di Medan pada tahun 2017 oleh 3 pendirinya yaitu Afif (Gitar), Jeje (Gitar), dan Arief (Drum). Lalu kemudian posisi vocal dan bass di isi oleh Rambe (Vocal) dan Hafiz (Bass). Berawal dari personil dengan latar musik yang berbeda-beda, Garside merangkum musiknya dengan perbedaan warna tersebut dan menghasilkan satu warna musik baru. Garside telah mengeluarkan sebuah EP pada tahun 2018, dan sebuah single pada tahun 2020. Garside juga sudah bermain di beberapa Pensi dan Acara Musik lainnya, salah satu nya “We The Fest 2018”.