Eksplor Malaysia: dari Panorama Langkawi hingga Gemerlap Kuala Lumpur

110

Malaysia menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, khususnya warga Medan jika hendak berlibur ke luar negeri. Selain karena letak geografis yang terbilang dekat, Malaysia juga menawarkan berbagai destinasi wisata mulai dari pusat perbelanjaan, kuliner, edukasi, olahraga hingga keindahan alam. Nilai budaya, bahasa, dan cita rasa yang hampir sama juga menjadi keunggulan tersendiri bagi Malaysia.

Kover Magazine berkesempatan menjelajahi keindahan Langkawi dan Kuala Lumpur dalam Familiarization Trip pada tanggal 4-7 Desember 2019. Kegiatan ini didukung oleh Tourism Malaysia, Malaysia Airlines, Honeyzone Travel & Tours, Pullman Resorts & Hotel, Berjaya Kuala Lumpur, Adya Hotel Langkawi, Ombak Villa Resort, Mega Water Sports, Your Cruise Langkawi, Crocodile Adventureland dan Langkawi Skycab.

Berlibur di Kuala Lumpur

Mengunjungi Malaysia tak lengkap jika tak menelusuri Kuala Lumpur. Sebagai ibu kota dan kota terbesar di Malaysia, Kuala Lumpur menjadi pusat perekonomian, bisnis, properti, hiburan hingga sektor pariwisata. Di Kuala Lumpur, wisatawan akan merasakan serunya berlibur di tengah deretan gedung pencakar langit.

Akses transportasi menuju Kuala Lumpur dari Indonesia sangatlah banyak, apalagi jika berangkat dari Kota Medan. Tidak sedikit maskapai penerbangan yang menawarkan harga miring saat momen tertentu. Begitu pula penginapan yang tersebar di Kuala Lumpur, kerap menghadirkan hunian yang fungsional untuk pengalaman tak terlupakan.

Pullman Kuala Lumpur City Centre (Pullman KLCC) Hotel & Residences berada di Jalan Conlay, Kuala Lumpur, tepat di sebelah pusat perbelanjaan Pavilion dan dekat dengan tempat wisata Kuala Lumpur lainnya, menjadikan Pullman KLCC pilihan yang pas bagi Anda yang ingin menikmati hunian dengan lokasi strategis dan kualitas terbaik. Pullman KLCC menawarkan 450 kamar hotel, 157 residences, stylish lobby, lounge, swimming pool, restaurant dan beberapa ruangan serbaguna. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi www.pullman-kualalumpur-citycentre.com atau @pullmankualalumpurcitycentre.

Berjaya Times Square yang terletak di Jalan Imbi, Kuala Lumpur juga bisa menjadi pilihan hunian Anda karena Berjaya Times Square menawarkan penginapan yang menyatu dengan pusat hiburan wahana bermain dan pusat perbelanjaan yang lengkap. Berjaya Times Square Hotel terdiri dari 650 kamar, 4 restoran & bar, 16 ruang serbaguna, dan ballroom. Berjaya Times Square Hotel menghadirkan restoran dengan pemandangan menara Kuala Lumpur yang menawan. Mengenai informasi lebih lengkap, Anda bisa klik situs www.berjayahotel.com atau @berjayahotelsresorts.

Jika Anda bosan dengan hiburan yang monoton, silakan mencoba sensasi live theatre Haunt U yang memacu adrenalin. Permainan secara berkelompok ini dipandu oleh aktor yang mahir, properti piawai, labirin rumit, dan alur cerita yang penuh misteri. Silakan kunjungi situs www.ihauntu.com atau follow @hauntumy serta kunjungi langsung Haunt U di The Linc Kuala Lumpur, level 2.

Muzium Warisan Melayu berlokasi di Fakulti Bahasa Moden & Komunikasi, Universiti Putra Malaysia (UPM). Di sini, pengunjung dapat menikmati wisata sejarah berupa Rumah Melayu, peralatan tradisional, manuskrip Melayu, senjata tradisional Melayu, busana Melayu hingga tekstil Melayu, salah satunya kain Cindai. Tak hanya itu, Universiti Putra Malaysia juga menyediakan program Edu-Park bagi wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Silakan akses website www.edupark.upm.edu.my untuk info selengkapnya.

Vakansi di Langkawi

Jika Anda ingin menikmati wisata bahari di Malaysia, berkunjunglah ke Pulau Langkawi. Langkawi merupakan pulau terbesar di Malaysia dan terletak di bagian Kedah Darul Aman yang memiliki luas sekitar 478,5 km. Pulau Langkawi dikelilingi oleh gugusan kepulauan lainnya seperti Pulau Dayang Bunting, Pulau Beras Basah, Pulau Tuba, Pulau Langgun dan Pulau Timun. Menelusuri Langkawi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan seperti hamparan pasir putih, laut biru, dan pepohonan hijau.

Akses menuju Langkawi dapat ditempuh melalui jalur udara dan laut. Namun untuk saat ini penerbangan langsung ke Langkawi belum tersedia sehingga Anda disarankan singgah terlebih dahulu di Kuala Lumpur. Begitu pula jika hendak menyeberang ke Langkawi menggunakan kapal. Pengunjung dapat menaiki kapal dari dermaga Kuala Kedah, Kuala Perlis dan Pulau Penang. Apabila ingin mengendarai mobil dari Kuala Lumpur, pengunjung bisa melalui Lebuh Raya Utara Selatan hingga sampai di Kuala Perlis.

Langkawi terkenal akan tugu elang raksasanya. Tugu setinggi 12 meter ini terletak di Dataran Lang. Tugu elang ini pula yang menjadi cikal bakal nama Langkawi. “Lang” merupakan singkatan dari kata “Elang”, sedangkan “Kawi” berarti “Merah”. Itulah sebabnya tugu elang di sini berwarna merah kecokelatan. Langkawi juga ditetapkan sebagai pulau bebas bea cukai. Anda bisa berburu oleh-oleh seperti cokelat, pakaian, aksesoris, parfum hingga tembakau dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda mencari penginapan di Langkawi dengan akses langsung ke pantai, Ombak Villa bisa menjadi pilihan utama. Terletak tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Langkawi, Ombak Villa menawarkan hunian eksklusif dengan fasilitas terlengkap. Beragam paket tersedia untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda. Menghabiskan waktu dengan keluarga, berbulan madu bersama pasangan, bersenang-senang bareng sahabat ataupun menikmati Langkawi dalam kemewahan, bisa Anda peroleh di Ombak Villa. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi website www.ombakvillalangkawi.com

Adya Hotel Langkawi berada di ibu kota Kuah, Langkawi bisa menjadi opsi penginapan bagi Anda yang ingin mengeksplor pusat kota. Adya Hotel Langkawi menyediakan akomodasi dan fasilitas berbasis Islam untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Terinspirasi dari desain arsitektur Moroccan, Adya Hotel Langkawi hadir dengan eksterior yang didominasi dengan kaca nan elegan. Tersedia 207 kamar dengan berbagai kategori yang dilengkapi dengan balkon untuk menikmati keindahan pemandangan Kota Kuah. Silakan kunjungi website www.adyahotel.com atau follow sosial media @adyahotellangkawi.

Crocodile Adventureland wajib Anda kunjungi begitu tiba di Langkawi. Di sini para pengunjung mendapat edukasi mengenai dunia reptil khususnya buaya. Melalui Crocodile Education Show, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan para pengawas bersama buaya-buaya. Jika ingin membeli cendera mata, silakan kunjungi souvenir shop yang menjual aneka barang yang terbuat dari kulit buaya seperti tas, dompet dan ikat pinggang. Silakan kunjungi www.crocodileadventureland.com untuk info selengkapnya.

Mengunjungi Langkawi tak lengkap rasanya jika tak menatap keseluruhan pulau dari sudut atas. Langkawi Skycab atau Langkawi Cable Car dapat membawa Anda menelusuri bagian-bagian Pulau Langkawi dengan indera penglihatan. Langkawi Skycab menjadi kereta gantung paling curam di Malaysia dan Asia Tenggara dengan kemiringan 42 derajat. Setiap kereta gantung memuat enam orang penumpang melintasi jarak 2,2 kilometer dengan durasi tempuh selama 15-30 menit. Kunjungi website www.panoramalangkawi.com untuk keterangan lebih lengkap.

Jetski tour menjadi pilihan utama wisatawan jika hendak mengelilingi Langkawi dan pulau-pulau di sekitarnya. Mega Water Sports menyediakan jasa jetski tour terbaik di Langkawi yang bisa Anda coba. Dengan durasi selama empat jam, wisatawan diajak mengenal kisah dan keindahan Pulau Dayang Bunting, Pulau Beras Basah, dan Singa Besar. Rasakan juga sensasi parasailing on boat yang seru dan menegangkan. Untuk pemesanan online silakan kunjungi www.megawatersports.com atau instagram @megawatersports.

Kegiatan seru lainnya yang patut Anda coba saat mengunjungi Langkawi adalah berpesiar menggunakan kapal. Rasakan pengalaman tak tergantikan ketika mengarungi lautan bersama Your Cruise Langkawi, agen perjalanan kapal pesiar. Pengunjung dapat menikmati sunset dinner cruise dengan menyantap hidangan spesial di atas kapal, merelaksasikan diri dengan sea salt jacuzzi serta mengabadikan momen matahari terbenam. Selama tiga jam, pengunjung akan dimanjakan dengan gugusan pulau, langit biru, dan laut yang jernih. Langsung saja kunjungi website www.yourcruiseservices.com.

Tak perlu waktu lama dan rencana perjalanan rumit untuk mengeksplor sisi terbaik Malaysia. Cukup selama empat hari tiga malam, Anda bisa puas mengunjungi Kuala Lumpur dan Langkawi. Selain sebagai destinasi liburan dan berbelanja, Anda juga dapat berbulan madu, menonton pertunjukan olahraga, memeriksa kesehatan, hingga melanjutkan pendidikan di Malaysia.

Penulis & Fotografer: Indriyana Octavia

Baca Juga:  Cara Simpel dan Mudah Merawat Tanaman Kaktus