Dibalik Video “Jangan Katakan Covid-19 Itu Tidak Ada”

100

Medan, Kovermagz.com – Beberapa hari yang lalu, sebuah video tiba-tiba menjadi viral, kisah satu keluarga di Medan yang menjadi penyintas Covid-19 memang menjadi pengingat bagi kita akan bahaya Covid-19 sekaligus penyemangat agar kita tidak perlu takut berlebihan dan bisa kalahkan penyakit tersebut.

Keluarga tersebut tidak lain adalah CEO dan Editor in Chief kami, bapak Boydo Panjaitan dan ibu Elsa Malona. Situasi pandemi Covid-19 di kota Medan memang telah memaksa mayoritas tim reporter untuk working from home.

Sebuah akun instagram @finaluvic yang me-repost video tersebut menulis “Melihat video ini saya semakin yakin untuk tidak menjudge siapa saja dengan aktifitas yang mereka jalankan. Bahkan penderita juga tidak ada yang tau jelas bagaimana dirinya bisa terpapar Covid. Saat ini yang bisa kita lakukan adalah menjaga diri kita sendiri semaksimal mungkin.”

Stigma bahwa Covid ini adalah aib, maraknya video kematian dari pasien-pasien Covid, sekaligus viralnya video-video yang mengatakan Covid adalah rekayasa agar bisnis rumah sakit lancar adalah hal-hal yang menghambat penyembuhan pasien dan pemberantasan virus ini.

Baca Juga:  Segudang Manfaat Teh Hijau, Ternyata Lebih Baik Dari Teh Biasa

Banyak masyarakat yang jadi takut memeriksakan diri ke rumah sakit, akhirnya malah memburuk dan menginfeksi orang-orang di sekitarnya. Rasa panik dan depresi juga dialami pasien di rumah sakit sehingga semangat sembuh menjadi hilang.

Ibunda Boydo sendiri yang berusia 78 tahun menjadi contoh bagaimana dengan semangat dan iman kondisi bisa dibalik. Sempat disuruh dokter untuk mempersiapkan hati untuk pemakaman secara protap Covid bagi ibunya, berdamai dengan kondisi penyakit ternyata melepas ketakutan dan stress yang berujung pada perbaikan imunitas tubuh Boydo, Elsa dan ibunya yang dirawat di RS Elisabeth Medan.

Video yang semata-mata curahan hati dan pikiran itu tidak disangka ternyata membawa pesan yanh dibutuhkan masyarakat saat ini, yakni:

Jangan lengah, Covid itu nyata.
Jangan takut, dengan deteksi awal dan perawatan yang benar, virus ini bisa dikalahkan.

Penulis & Editor: Elsa Malona

Dokumentasi: Elsa Malona