Deretan Pemenang Ballon d’Or 2023, Ada Lionel Messi!

164

Inilah deretan para pemenang Ballon d’Or 2023 yang telah terselenggara secara sukses pada Senin, 30 Oktober 2023 di Theatre du Chatelet, Paris. Lionel Messi, salah satunya lagi-lagi keluar sebagai pemenang untuk katagori pemain pria sekaligus membuatnya menjadi pemain dengan koleksi bola emas terbanyak sepanjang sejarah.

Keberhasilan La Pulga, sebutan Messi membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 Qatar lalu menjadi salah satu modal dalah memboyong trofi Ballon d’Or 2023. Perlu diketahui, Voting pemenang Ballon d’Or melibatkan jurnalis yang berasa dari negara dengan peringkat 100 besar FIFA. Messi menang pemungutan suara mengungguli Erling Haaland dan Kylian Mbappe

“Menyenangkan bisa berada di sini sekali lagi untuk menikmati momen ini. Bisa memenangi Piala DUnia dan meraih mimpi saya,” kata Lionel Messi seperti dirangkum BBC.

“Saya tak membayangkan memmpunyai karier seperti yang saya punya dan semua yang sudah saya raih, keberuntungan yang saya punya bisa menjadi bagian dari tim terbaik dalam sejarah.”

“Bisa memenangi Copa America dan meraih Piala Dunia setelah semua momen sulit di Tim Nasional,” kata Messi menambahkan.

Selain Messi, ada juga yang menyabet piala penghargaan. Yakni Jude Bellingham. Ia meraih kopa trophy dalam kategori pemain muda terbaik. Ia tampil gemilang di musim lalu bersama Borussia Dortmund, dan kini melanjutkan kiprahnya di Real Madrid.

Apa Itu Ballon d’Or?

Ballon d’Or merupakan penghargaan bergengsi yang selalu menjadi incaran pesepak bola terbaik di dunia. Ajang ini rutin digelar setiap tahunnya oleh majalah berita asal Prancis, France Football. Ajang ini pertama kali dibuat oleh penulis majalah France Football bernama Gabriel Hanot.

Saat itu Gabriel Hanot meminta rekan-rekannya untuk memilih siapa pemain terbaik di Eropa pada 1956. Awalnya para wartawan hanya bisa memilih pemain asal negara Eropa yang bermain di klub Eropa saja.

Namun sejak 1995 aturan tersebut kemudian diubah dan membuat pemain-pemain di luar Eropa mempunyai kesempatan yang sama. Sejak saat itu penghargaan ini menjadi ajang tahunan yang mendunia dan dinantikan oleh para penggemar sepak bola.

Diketahui, pemilihan pemenangnya juga berasal dari para jurnalis dari seluruh dunia terutama jurnalis dari negara yang berperingkat FIFA terbaik. Melansir dari Sportsadda tidak hanya pemain sepak bola laki-laki saja saat ini para pemain wanita juga mempunyai penghargaan yang sama.

‘Ballon d’Or Feminin’

Penghargaan untuk perempuan digelar sejak 2018 dengan versi penghargaan bertajuk ‘Ballon d’Or Feminin’. Kemudian orang-orang yang terpilih penghargaan Ballon d’Or merupakan para pemain yang dinilai mempunyai penampilan impresif dalam kariernya.

Piala Ballon d’Or 2023

Diketahui dari sumber terpercaya, piala Ballon d’Or sendiri berasal dari Bahasa Prancis yang berbentuk seperti bola sepak bola berwarna emas. Trofi ini memiliki tinggi 31 cm, diameter 23 cm, dan berat 7 kg yang dilapisi emas.

Melansir dari laman AS, trofi juga ditaburi emas murni dengan logo France Football dengan nama pemenang. Diperkirakan trofi Ballon d’Or bernilai lebih dari 3.000 euro atau di atas Rp48,5 juta. 

Kendati begitu, pemenang Ballon d’Or tidak mendapatkan bentuk trofi aslinya. Sebagai gantinya, mereka akan mendapat versi replika yang bisa dibawa pulang. Selain itu, pemenang Ballon d’Or juga tidak menerima hadiah lain seperti uang tunai. Namun, mereka bisa mendapatkannya dari klub atau sponsor dalam bentuk bonus pencapaian atau mempunyai klausal dalam kontrak mereka yang memungkinan mereka meraup cuan besar jika memperoleh trofi bola emas.

Sebagai contoh, Benzema yang memboyong trofi Ballon d’Or 2022 mendapatkan bonus senilai 2 juta euro atau Rp30 milliar dari Real Madrid. Sementara itu, outlet berita Spanyol El Confidencial mengklaim, bintang Madrid Luka Modric menerima transferan €800.000 dari sponsornya Nike ketika dirinya memenangkan Ballon d’Or pada tahun 2018.

Daftar Pemenang Gala Ballon d’Or 2023:

  • Kopa Trophy: Jude Bellingham (Borussia Dortmund/Real Madrid)
  • Socrates Trophy: Vinicius Junior (Real Madrid)
  • Women’s Team of the Year: Barcelona Femeni
  • Men’s Team of the Year: Manchester City
  • Yachine Trophy: Emiliano Martinez (Aston Villa)
  • Gerd Muller Trophy: Erling Haaland (Manchester City)
  • Ballon d’Or Feminin: Aitana Bonmati (Barcelona Femeni)
  • Ballon d’Or: Lionel Messi (Paris Saint-Germain/Inter Miami)
Baca Juga:  Army Merapat! Jimin BTS Akan Rilis Album Solo Kedua!