Cara Simpel dan Mudah Merawat Tanaman Kaktus

115

Medan, Kovermagz – Punya tanaman kaktus? Mungkin banyak yang bilang merawat tanaman kaktus merupakan hal yang ribet dan butuh perawatan ekstra agar tidak mati serta busuk.

Ternyata, ada cara yang simpel dan mudah dilakukan untuk merawat tanaman yang unik dan cantik ini baik saat ditempatkan diluar ruangan maupun didalam ruangan. Berikut cara merawat kaktus dengan simpel agar tidak mati dan busuk yang bisa kamu pelajari:

1. Hindarkan Kaktus dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Meskipun kaktus adalah tanaman yang bisa tumbuh di tempat kering dan tandus, sebaiknya kaktus tidak ditempatkan di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Kaktus yang terkena paparan sinar matahari langsung akan lebih mudah layu, kering, bahkan mati.

2. Perhatikan Suhu Tempat Untuk Menanam Kaktus

Tanaman kaktus sebaiknya ditempatkan di tempat dengan suhu sejuk namun tidak lembab. Dengan suhu yang pas, kaktus bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Hindari menempatkan kaktus di tempat dengan suhu terlalu dingin karena ini bisa membuat kaktus rentan membusuk. Juga, hindari menempatkan kaktus di tempat dengan suhu terlalu kering karena ini akan membuatnya layu serta lebih mudah mati.

Baca Juga:  Update Kasus Mengenai Covid-19, Indonesia Resmi Menjadi No 3 Tertinggi di Asia

3. Perhatikan Media Tanam Kaktus

Tanam kaktus di pot atau tempat yang sesuai dengan besar kecil kaktus. Gunakan tanah dan pupuk kompos yang pas dan teksturnya tidak terlalu padat. Kaktus yang ditanam di tanah yang padat justru tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk mengetahui media tanam terbaik buat kaktus, tidak ada salahnya jika kamu membeli media tanam ini di toko tanaman setempat.

4. Siram dengan Air Secukupnya Saja

Agar kaktus tetap segar, siram kaktus dengan air secukupnya saja. Kaktus tidak perlu disiram setiap hari. Cukup siram satu kali untuk 3 hari atau bahkan satu kali untuk seminggu. Kaktus yang disiram terlalu sering justru akan lebih mudah membusuk.

Nah, itu dia adalah cara merawat kaktus dengan simpel dan mudah diterapkan. Gimana menurut kalian? Sudah siap merawat kaktus agar tanaman kaktus jadi lebih terawat?

Editor: Vicky Siregar
Foto: Istimewa