Bukan Hanya 3M, Protokol 4M Harus Diterapkan Saat Libur Akhir Tahun Mendatang

181

Medan, Kovermagz – Menjelang akhir tahun, libur natal dan tahun baru 2021 sudah didepan mata. Meski masih pandemi, banyak masyarakat yang rasanya masih tak mengurungkan niatnya untuk berlibur serta merayakan akhir tahun bersama kerabat terdekat.

Pemerintah pun saat ini masih terus berupaya untuk terus memperketat serta menghimbau masyarakat agar selama musim libur tahun baru, penularan Covid-19 tidak melonjak bebas.

Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak atau yang biasa disebut 3M tampaknya masih tidak cukup untuk diterapkan saat libur pergantian tahun.

Dikutip dari Liputan6.com, Dokter sekaligus Enterpreneur, dr. Ivan Adrian M., MKKK untuk mematuhi protokol kesehatan bukan lagi 3M, melainkan 4M.

M yang ke-4 adalah menghindari kerumunan. Kerumunan semestinya dihindari akibat hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya penularan.

“Kalau kami dilapangan menambahkan satu lagi menjadi 4M, yaitu menghindari kerumunan. karena kalau kita liburan itu identik dengan aktifitas jalan-jalan,” jelas Ivan saat diskusi virtual Satgas Covid-19 pada (15/12/2020) lalu.

Ia juga menambahkan, saat ini masyarakat sedang dihadapkan pada dua jenis pasien covid-19 yang mungkin masih berkeliaran diluar rumah yakni asimtomatik dan simtomatik.

Baca Juga:  MENGEJAR KESEMPURNAAN KECANTIKAN, SEJAUH APA?

“Kita kan tidak tahu seseorang tersebut terpapar atau tidak, apalagi yang tanpa gejala. jadi, penerapan protokol kesehatan ini sangat penting untuk melindungi diri sendiri juga orang lain, karena penularan virus covid-19 ini memang sangat mudah. Asimtomatik itu tanpa gejala, sementara simtomatik itu dengan gejala, nah yang berbahaya itu justru yang tanpa gejala,” ucapnya.

Selain peran masyarakat dalam menjaga jarak, Ivan juga meminta kepada pengelola tempat wisata agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, dan berharap penularan virus covid-19 pada masa libur akhir mampu dikendalikan dengan baik.

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Liputan6.com, infobanknews,com