Natal Sudah Didepan Mata, Ini Kue Khas Natal Dari Berbagai Negara Yang Harus Kamu Ketahui

51

Medan, Kovermagz – Tak terasa tahun 2020 sudah hampir berakhir. Bulan desember merupakan bulan berbagi kasih terkhusus bagi umat kristiani untuk menyambut natal.

Beragam persiapan pun dilakukan, mulai dari mendekorasi rumah dengan hiasan pohon Natal, masak memasak, hingga kado untuk diberikan ke orang terkasih. Hidangan kue pun tak bisa ketinggalan untuk menjamu tamu dan kerabat yang datang.

Tradisi makan kue pun menjadi salah satu yang tidak boleh di lewatkan saat perayaan natal. Berbagai hidangan khas biasanya dihidangkan di momen penuh suka cita ini, sesuai dengan kebudayaan dan tradisi di kalangan masyarakat setempat. Di berbagai belahan dunia, juga memiliki beragam jenis hidangan khas yang disajikan saat Natal.

Mau tau apa saja kue khas yang disajikan saat natal tiba di berbagai belahan dunia? Kita intip yuk, siapa tau kamu bisa membuatnya sendiri dirumah menjelang natal nanti.

1. Indonesia – Kue Nastar

Di negara kita sendiri di Indonesia pasti tudak asing dengan kue yang tebuat dari nenas yang sudah diparut ini.

Nastar menjadi salah satu kue yang paling dicari oleh sebab itu menjadi yang paling wajib ada di meja saat perayaan Natal. Kue berbentuk bulat ini berisi selai nanas yang super lezat. Taburan keju di atasnya membuat nastar makin spesial dan menggugah selera. Cita rasa manis dari selai dan gurihnya keju memang selalu bisa membuat air liur menetes.

2. Prancis – Yule Log

Warga di negara Perancis memiliki tradisi membuat dan membagikan kue Natal dari resep tradisional yang bernama Yule Log, dimana bentuk kue ini sengaja dimiripkan menyerupai batang kayu.

Hal tersebut dimaksudkan karena batang kayu merupakan bahan utama untuk tungku perapian agar ruangan tetap hangat pada Hari Raya Natal yang berlangsung pada musim salju.

3. Jerman – Ginger Bread

Gingerbread adalah kue kering yang dibuat dari spekuk atau biasa dibuat dari kayu manis bubuk, cengkih bubuk, bunga pala bubuk, dan kapulaga bubuk. Sedangkan Stollen seperti kue Panettone namun terbuat dari adonan roti yang diberi campuran manisan buah, kulit lemon dan kacang almond.

Berkat campuran dari aneka buah kering yang sudah direndam rum sebelumnya, aroma roti ini menjadi lebih harum. Jika disimpan selama beberapa hari, maka Stollen akan menjadi lebih lezat dan harum.

4. Rusia – Krendel

 

Orang Rusia biasanya membuat krendel saat perayaan natal, atau sebagai hadiah ketika mengunjungi sanak keluarga.

Untuk bahan-bahan yang digunakan ada tepung terigu, ragi, susu, kuning telur, kayu manis, hingga butter. Kemudian untuk isiannya, menggunakan beberapa campuran buah kering, seperti buah plum kering, buah pir kering, aprikot kering, satu buah apel, butter, gula, dan tambahan white wine sebagai penguat rasa.

Juga ada topping pemanis  yang dibuat dari gula, perasan lemon, ekstrak vanilla, dan tiga sendok air hangat yang dicampur menjadi satu. Untuk rasanya sendiri, krendel punya tekstur yang legit, dengan tampilan padat diluar, tapi lembut manis di dalam.

Baca Juga:  Alasan Psikologi Dibalik Lelahnya Situasi WFH (Work From Home)

5. Meksiko – Rosca de Reyes

Dengan tampilan cantik penuh warna-warni cerah, kue roti khas natal yang satu ini berasal dari Meksiko, dan memiliki sejarah yang cukup religius.

Lambang kue dari roti yang memiliki arti tiga raja ini, melambangkan cincin yang menggambarkan perjalanan seseorang yang bijaksana mencari raja, atau sering dikaitkan dalam pencarian Tuhan.

Tampilan penuh warna ini merupakan hiasan dari buah-buahan kering yang melambangkan tahta atau mahkota raja. Untuk bahan-bahan yang digunakan, tentunya ada ragi dan tepung terigu yang dicampur dengan telur, kayu manis, ekstrak vanilla, dua cangkir berisi aneka buah-buahan kering sesuai selera.

Tapi biasanya orang-orang Meksiko menggunakan buah figs, jeruk, lemon, mangga, hingga cherry kering sebagai toppingnya. Banyak juga yang menambahkan hiasan patung kecil dari bayi Jesus, sebagai lambang dari suka cita dan sejarah Rosca de Reyes.

6. Jepang – Kurisimasu Keki

Di Jepang, ada kue yang tak boleh absen sama sekali ketika malam Natal tiba. Namanya Kurisumasu Keki atau biasa dikenal dengan nama ‘Christmas Cake’.

Sama seperti sponge cake biasa yang di tengahnya diisi dengan whipped cream dan storberi, lalu kue tersebut dilapisi dengan whipped cream juga. Setelah itu atasnya dihias dengan cokelat, stroberi, dan dekorasi kue dengan tema Natal.

7. India – Allahabadi

Kue Natal khas India terbuat dari campuran rum dalam adonannya. Selain itu, kue ini juga terbuat dari mentega, petha (permen lembut khas India), jahe, pala, kayu manis, gada, dan biji adas.

8. Tiongkok – Almond Cookies

Kue kering yang satu ini memang sudah menjadi kue yang wajib ada pada saat perayaan Natal bagi masyarajat Tiongkok pada umumnya.

Sesuai dengan namanya, almond cookies atau biskuit keju terbuat dari campuran tepung terigu, margarin, krim keju, telur, tepung maizena, ekstrak almond, dan pastinya kacang almond. Kue ini dibentuk bulat pipih dengan taburan kacang almond di atasnya yang menambah cantik tampilan.

9. Italia – Panettone

Di Milan, salah satu kue yang selalu disajikan menjelang Natal adalah panettone. Kue dengan tekstur yang lembut dan aroma jeruk yang kuat ini adalah simbo kota Milan.

Di dalam kue yang berbentuk kubah ini ada potongan kismis. Biasanya kue ini dinikmati bersama minuman manis atau anggur merah.

10. Yunani – Christopsomo

Secara etimologis, christopsomo berasal dari kata “Christo” yang berarti Kristus dan “psomi” yang berarti roti. Jadi, christopsomo adalah roti Kristus. Disebut demikian karena pada bagian atas kue dibuat tanda menyerupai salib.

Kue yang terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, kacang pinus, anggur merah, dan buah kering ini selalu disajikan pada hari Natal.

Penulis : Annette Thresia Ginting
Sumber : Berbagai Sumber