Berkenalan Dengan Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Baki Pada Upacara HUT RI Asal Sumatera Utara

20

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar pada hari ini, Selasa (17/8/2021). Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan mengibarkan bendera Merah Putih kali ini adalah Tim Indonesia Tangguh. Seperti diketahui pagi ini akan digelar upacara detik-detik proklamasi di Istana Merdeka.

Dalam kesempatan ini, Ardelia Muthia Zahwa dipercaya menjadi pembawa baki bendera Merah Putih. Ardelia Muthia Zahwa merupakan pelajar di SMA Harapan 1 Medan. Dia menjadi salah satu wakil Provinsi Sumatera Utara dalam formasi pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka) nasional 2021.Gadis yang biasa disapa dengan Ardel ini tercatat sebagai siswi kelas X MIPA 2 di SMA Harapan 1 Medan.

Selain Ardel, tiga orang lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Diketahui sebelumnya, Ardelia bersama 67 pemuda anggota Paskibraka lainnya telah dikukuhkan oleh Presiden Jokowi pada Kamis (12/8/2021) kemarin, di Istana Merdeka, Jakarta. Tim Paskibraka Indonesia Tangguh ini pun telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia serta siap untuk menjalankan tugasnya untuk mengibarkan Sang Merah Putih. Berbeda dari tahun sebelumnya pasukan paskibraka pada tahun ini dengan formasi lengkap.

Ardelia Muthia Zahwa dinyatakan terpilih sebagai anggota paskribraka nasional pada akhir April 2021. Pihak sekolah SMA Harapan 1 Medan sebelumnya sudah mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya Ardelia dan siswa lainnya yang lolos seleksi Paskibraka Tingkat Kota Medan dan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021. 

Dilansir Tribun Medan, Ardelia diketahui ingin melanjutkan kuliahnya di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Usut punya usut, dara kelahiran Tebing Tinggi ini ternyata juga memiliki keterampilan di bidang tari serta olahraga basket.

Terpilih menjadi Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional RI tentu memiliki kesan dan kebanggaan tersendiri. Sebab, untuk menjadi pasukan Paskibraka ini tidaklah mudah. Mereka harus melewati berbagai seleksi yang ketat. Dengan prestasi gadis asal Tebing Tinggi ini, Sumatera Utara pun telah tercatat mengirimkan wakilnya sebagai pembawa baki pusaka merah putih untuk ketiga kalinya.

Sumber : Brilio, Indozone, Tribun Medan