Begini Kisah Perjalanan Karier IU yang Dirintis Sejak 2008

138

IU belakangan ini menjadi trending topic di berbagai mesin pencarian. Hal ini bermula dari dirinya yang akan mengelar konser konser tur dunianya di berbagai negara hingga lagu terbarunya, Love Wins All yang telah dirilis pada pekan lalu dengan V BTS alias Kim Taehyung sebagai model video klipnya. 

Menariknya, lagu tersebut sempat berada di posisi puncak tangga lagu Korea Selatan alias domestik. Kemudian berlanjut di urutan teratas chart Melon Top 100. Tak sampai di situ, IU pun berhasil menempati urutan #1 di berbagai chart domestik termasuk Genie (chart harian dan realtime), YouTube, FLO, VIBE, hingga Bugs (chart harian dan realtime). 

Melansir dari iChart Instiz, pencapaian tersebut membuat IU meraih sertifikasi Perfect All Kill (PAK) berkat lagu yang dirilis 24 Januari silam itu. Ya, Love Wins All setidaknya sudah mendapat 7 sertifikasi PAK hingga hari ini. Itu artinya  lagu tersebut bertahan ada di peringkat #1 di seluruh chart musik domestik selama 7 jam (baik berturut-turut atau tidak).

Kendati begitu, ini bukanlah kali pertama bagi bintang artis sekaligus musisi solois tersebut dalam menyabet sertifkasi PAK. Selama berkarier di musik, IU rupanya telah juga telah mengantongi lebih dari sertifikasi 20 PAK loh. Ia juga dikenal sangat piawai dalam berakting hingga telah membintangi beberapa serial drama Korea dan film. 

Nah, jika anda penggemar IU, kali ini kami akan mengupas sekilas perjalanan karir bintang kelahiran 16 Mei 1993 tersebut. Simak selengkapnya di sini! 

Karier Musik IU

Memiliki nama asli Lee Ji Eun, IU berada dalam naungan agensi LOEN Entertainment. Ia memiliki nama panggung, IU yang berasal dari kata “Aku dan Kamu” yang berarti menjadi satu, kamu dan aku, dengan musik. Adapun nama klub penggemarnya yaitu UAENA, di mana setiap suku kata memiliki arti yang berbeda: “you (kamu)” dari Bahasa Inggris, “ae” adalah Sino-Korea untuk “cinta”, dan “na” adalah Bahasa Korea untuk “aku”.

Melansir dari Wikipedia, IU melakukan debutnya saat tepat di usia 15 tahun pada 2008, di bawah naungan LOEN Entertainment (sekarang Kakao M) sebagai penyanyi dengan merilis mini album pertamanya berjudul Lost and Found pada 24 September 2008 silam. Sedangkan debutnya dilakukan di “M Countdown” Mnet pada 18 September dengan lagu Miya. Penyanyi satu ini memberikan penampilan TV-nya di MBC “Music Core” pada 20 September 2008.

Kemudian, pada 23 April 2009, IU merilis album pertamanya Growing Up. Seiring perkembangannya di dunia musik, akhirnya pada 12 November 2009, IU merilis mini album keduanya berjudul IU…IM dengan lagu beejudul Marshmallow yang saat itu menjadi populer. Tidak lama kemudian, IU merilis single digital ketiganya yang berjudul Jansori pada 3 Juni 2010.

Menerima Penghargaan

IU menerima penghargaan favorit sekaligus teratas di acara musik SBS Ingi Gayo dan acara KBS Music Bank. Karirnya semakin melejit hingga pada 9 Desember 2010, IU merilis mini album ketiganya berjudul Real. Lagu Jongeun Nal atau Good Day menduduki puncak tangga lagu Korea dan diputar secara luas di seluruh Korea Selatan. Lagu ini menduduki peringkat teratas di acara musik SBS Ingi Gayo, acara musik KBS Music Bank, acara musik Mnet M Countdown, dan chart musik Korea pada saat itu. 

Lalu, single IU yang bertajuk REAL rilis pada 9 Februari 2011 dengan lagu Naman Molratdeon Iyagi atau dalam bahasa Indonesia berarti Kisah yang Saya Tidak Tahu. Single ini menduduki puncak tangga lagu harian dalam satu hari.

Atas reputasinya, IU mendapat julukan Dewi Musik. Terlebih lagi, ia juga terlibat dalam komposisi, penulisan lirik, dan produksi albumnya. Hingga hari ini, IU tetap menjadi salah satu penyanyi solo wanita terlaris di layanan streaming musik. Ia juga merupakan salah satu selebriti paling berpengaruh di dunia hiburan Korea Selatan.

Album Terbarunya

Pada 30 Januari 2024, pukul 12.00 KST, Ia juga mengumumkan akan merilis album terbarunya, ‘The Winning’. Ini merupakan mini album keenam bintang Hotel del Luna tersebut. Mengutip Soompi, Selasa (30/1/2024), album ‘The Winning’ akan dirilis pada 20 Februari 2024, pukul 18.00 KST. Lagu Love Wins All yang dirilisnya pada 24 Januari silam menjadi salah satu track dalam album tersebut. 

Single terbaru penyanyi bernama asli Lee Ji Eun tersebut tercatat sebagai lagu Korea pertama yang meraih sertifikat perfect all-kill pada 2024, setelah bertengger di puncak chart musik mingguan iChart. Rekor tersebut dibukukan IU kurang dari 24 jam setelah Love Wins All meraih sertifikat all-kill setelah sukses mendominasi chart musik online dari Melon, Genie, Bugs, YouTube Music, VIBE, hingga FLO.

Perfect All Kill

Perfect All Kill merupakan sertifikasi untuk lagu-lagu populer yang berhasil menempati urutan #1 di chart musik harian, realtime, dan juga mingguan. Tak semua musisi bisa mendapat sertifikasi ini dan IU adalah salah satu dari jajaran musisi yang sudah langganan dapat Perfect All Kill (PAK).

Beberapa lagu lain IU yang sukses mendapatkan seritikasi PAK antara lain Lilac (223 jam PAK) yang dirilis 2021. Dari album yang sama tapi dirilis dulu sebagai single yakni Celebrity juga mendapat sertifikasi PAK. Celebrity sukses mempertahankan posisi #1 selama 462 jam di tahun yang sama.

IU juga jadi solois yang paling banyak menerima sertifikasi PAK dalam sejarah chart musik Korea Selatan. Sepanjang kariernya IU punya 22 PAK, selain yang sudah disebutkan di atas, di antaranya Nagging (2010), Good Day (2010), The Story Only I Didn’t Know (2011), You & I (2012), The Red Shoes (2013), Friday (2013), My Old Story (2014), Leon (2015), Twenty-Three (2015), Through the Night (2016), Can’t Love You Anymore (2016), Palette (2016), Autumn Morning (2017), Bbibbi (2018), Love Poem (2019), Blueming (2019), Give You My Heart (2020), Eight (2020), dan Strawberry Moon (2021).

Selain PAK, ada juga sertifikasi Realtime All Kill dan Certified All Kill. Realtime All Kill merupakan tanda sebuah lagu berhasil menempati posisi #1 di tangga lagu utama secara realtime. Sementara certified All Kill diberikan kepada lagu yang menempati posisi #1 di chart musik realtime dan harian sejak dirilis.

Lagu tersebut juga sukses mendominasi tangga lagu Top Songs iTunes di 23 kawasan/negara. Selain Indonesia, lagu prarilis IU itu berada di puncak chart di Honduras, Hong Kong, Kamboja, dan Kazakhstan.

Berkecimpung di dunia akting

Selain di musik, wanita kelahiran Distrik Gwangjin, Seoul,  Korea Selatan ini juga merambah menjadi pembawa acara radio dan televisi, serta akting. IU memulai debutnya sebagai aktris dengan memainkan peran pendukung dalam serial drama Korea remaja berjudul Dream High.

Namanya semakin tenar kala ia melakoni peran sebagai Hae So dalam serial Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Dalam drama berlatar kerajaan Goryeo ini, IU beradu akting dengan Lee Joon Gi. Aktris yang kerap didapuk memerankan karakter dalam drama sageuk ini bakal melakoni peran sebagai Eunseom dan Sa Ya dalam Artdhal Chronicles season 2. IU juga pernah beradu akting dengan mending Lee Sun Kyun di drama My Mister. IU juga tampil dalam serial You’re the Best, Lee Soon-shin, Pretty Man, The Producers dan Hotel del Luna.

Terbaru, solois sekaligus aktris cantik, IU, akan beradu akting dengan aktor Park Bo Gum dalam drama terbaru berjudul ‘When Life Gives You Tangerines’. Keduanya dipercaya sebagai pemeran utama. Mengisahkan tentang Ae Soon (diperankan oleh IU), seorang gadis yang lahir dan besar di Jeju.

Ae Soon digambarkan sebagai karakter yang senang memberontak. Dan, Kwan Sik (diperankan oleh Park Bo Gum), yang memiliki karakter pantang menyerah. Dia juga digambarkan sebagai pria yang lembut, tulus, dan menyayangi Ae Soon sejak kecil. Proyek drama ‘When Life Gives You Tangerines’ ini merupakan kolaborasi dari sutradara Kim Won Seok dan penulis Im Sang Chun. Pembacaan naskah sudah dimulai pekan ini. IU, lewat akun Twitter resminya, membagikan foto dirinya bersama Park Bo Gum memegang naskah drama.

“Kalian sudah menunggu lama sekali. Kini kami siap menyajikannya untuk kalian,” tulis akun X IU. “Akhirnya, inilah foto-foto dari pembacaan naskah When Life Gives You Tangerines,” lanjut pernyataan resmi itu.

Selain dua bintang muda itu, When Life Gives You Tangerines akan dibintangi oleh aktris dan sutradara senior Moon So Ri, serta aktor Park Hae Joon. Yang juga dikenal sebagai suami tukang selingkuh, Lee Tae Oh di The World of the Married. Keduanya memerankan Ae Soon dan Gwan Sik versi tua.

Belum ada informasi lengkap kapan When Life Gives You Tangerines akan tayang. Namun yang jelas, drama tersebut akan didistribusikan ke seluruh dunia via layanan streaming Netflix. 

Baca Juga:  Band Rocket Rockers Asal Bandung Gelar Tur Ulang Tahun di Jepang

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353