9 Fakta Niki Zefanya, Penyanyi Perempuan Indonesia Pertama di Panggung Coachella

Siapa yang tak kenal dengan Niki Zefanya atau yang dikenal dengan nama panggung NIKI? Penyanyi internasional asal Indonesia. Namanya semakin melejit setelah sukses tampil di panggung coachella. Sejumlah prestasinya yang membanggakan negeri membuat decak kagum banyak kalangan.

Niki Zefanya diketahui sebagai wanita berdarah Indonesia. Awalnya ia datang ke Amerika untuk berkuliah, namun tiba-tiba ia diajak oleh Rich Brian untuk bergabung dengan label musik yang menaunginya, 88rising.

Penasaran dengan sosok Niki Zefanya, berikut beberapa fakta Niki dirangkum dari berbagai sumber.

1. Orangtua Niki berasal dari Manado

Pemilik nama asli Nicole Zefanya ini lahir pada 24 Januari 1999 silam di Jakarta. Mamanya, Julia Josephine Tangkau berasal dari Manado dan diketahui bahwa keluarga Zefanya menganut agama Kristen.

Niki Zefanya memiliki dua adik laki-laki. Adiknya yang pertama sudah beranjak remaja, sementara si bungsu masih balita.

 

2. Masuk 88Rising Secara Tak Sengaja

Setelah mengenyam pendidikan di Sekolah Pelita Harapan Lippo Village di Tangerang, NIKI melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat. Setelah pindah untuk sekolah di luar negeri tepatnya di Berklee College of Music, ternyata rapper Rich Brian yang sudah lebih dulu berada di bawah payung 88Rising, melihat video-video YouTube NIKI dan mengajaknya untuk bergabung dalam label yang sama.

 

3. Masuk Forbes 30 under 30

Dari kariernya yang melejit dan membanggakan Indonesia, NIKI masuk ke dalam daftar Forbes Asia 30 under 30 di tahun 2021 lalu. Ia berada dalam daftar bersama Maudy Ayunda dan Jerome Polin.

30 anak muda berpengaruh ini di pilih oleh Forbes berdasarkan 2.500 nominasi yang telah masuk sebelumnya, hingga terpilihlah pelantun “Backburner” tersebut sebagai salah satu 30 under 30 Forbes Asia 2021.

4. Selain jadi penyanyi, NIKI pernah punya mimpi jadi jurnalis

Menulis adalah kegiatan yang NIKI sukai. Selain menjadikan tulisannya sebagai lirik lagu yang apik, NIKI ternyata memiliki mimpi jadi jurnalis, Kawula Muda.

“Jadi emang dari awal tuh aku pengin jadi penulis. Aku pernah pengin jadi penulis buku, pengin jadi jurnalis,” ungkap NIKI ketika wawancara bersama Najwa Shihab.

Baca Juga:  Profil Xaviera Putri yang Jadi Perbincangan di Clash of Champions

5. Karier diakui oleh industri musik internasional

Prestasi NIKI di kancah Internasional sudah tak bisa diragukan lagi. NIKI sudah pernah menjadi salah satu line up dalam acara musik bergengsi Coachella 2022 sebagai penyanyi wanita pertama yang mewakili Indonesia dalam panggung festival besar tersebut.

Ia juga telah mendapatkan pengakuan dari majalah Rolling Stone. Baru-baru ini, NIKI menggelar tur konser dunia dengan tajuk “Nicole World Tour” di Asia, Amerika Serikat, Kanada dan beberapa negara di Eropa.

Kepopulerannya juga membawa Niki dikenal oleh banyak kalangan artis internasional. Salah satunya adalah Lisa BLACKPINK.

6. Punya hobi merajut

Di samping dari kemahirannya dalam mengolah kata dan tarik suara, NIKI ternyata bisa merajut. Keahlian terpendamnya ini pun pernah ia pamerkan ke dalam akun sosial media resminya.

Dengan caption foto “She can knit.” NIKI mengunggah fotonya merajut dengan benang berwarna hijau.

7. Sudah jadi penyanyi internasional, NIKI masih gugup naik panggung

Dalam wawancaranya dengan Najwa Shihab, NIKI mengaku bahwa dirinya masih sering gugup untuk naik ke atas panggung menjelang show.

“Aku setiap kali sebelum mau naik panggung deg-degannya itu sampai kadang ngerasa mau muntah, sampai pusing, keliyengan karena aku nervous banget,” ujar NIKI dalam YouTube Najwa Shihab tak lama usai ia tampil di Coachella.

8. Kolaborasi dengan Marvel Cinematic Universe

NIKI melebarkan sayap karier bermusiknya hingga terpilih untuk mengisi soundtrack dari film garapan Marvel Cinematic Universe yaitu Shang-chi and the Legend of the Ten Rings. NIKI mengisi soundtrack dengan lagu “Every Summertime”, Kawula Muda.

9. Biodata dan Profil Singkat NIKI 

Nama: Nicole Zefanya

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 24 Januari 1999

Nama panggung: NIKI

Zodiak: Aquarius

Genre: R&B, pop, funk

Instrumen: Gitar, piano, keyboard, ukulele

Album: Moonchild (2020), Nicole (2022)

Extended Play: Zephyr, wanna take this downtown?