7 Jenis Kaktus Unik untuk Mempercantik Ruangan

212

Mengisi ruangan dengan tanaman hidup menjadi pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin suasana sejuk. Salah satu tanaman yang wajib jadi pilihan adalah kaktus. Pasalnya, kaktus memiliki bentuk yang indah sekaligus mudah dirawat.

Kaktus merupakan salah satu tanaman sukulen yang menyimpan air di bagian batangnya. Terdapat beberapa jenis kaktus juga yang dapat Anda manfaatkan untuk dekorasi ruangan. Memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik, membuat kaktus sangat populer digunakan sebagai elemen dekoratif.

Selain itu, tanaman kaktus tidak memerlukan perawatan yang sulit.Namun, tidak semua kaktus akan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Jika dibandingkan dengan tanaman lain, kaktus memang tidak mudah layu, tetapi kaktus juga mudah membusuk dan mati karena disimpan di dalam ruangan yang lembab dan minim cahaya.

Oleh sebab itu, diperlukan perawatan dan pemilihan jenis kaktus yang tepat untuk ruangan. Berikut, beberapa jenisnya yang bisa jadi pilihan.

1. Kaktus Gymno Three Color

Seperti namanya, jenis kaktus gymno three color memiliki tiga warna yakni merah, kuning, dan ungu. Dijelaskan oleh Pambudi,  warna pada tanaman hias yang satu ini diperoleh melalui proses penyilangan dengan berbagai jenis kaktus lainnya sehingga membentuk biji kaktus. Setelah itu, biji hasil penyilangan tersebut akan disemai hingga menghasilkan gymno three color.

2. Kaktus Ekor Tupai

Jenis kaktus dengan nama latin aprocactus martinus ini memiliki bentuk seperti ekor tupai dengan setiap sisi ditutupi oleh duri. Tanaman hias kaktus ekor tupai ini dapat ditempatkan di luar dan dalam ruangan. Hal inilah yang membuat jenis kaktus ini memiliki banyak penggemar. Penyiraman tanaman ini dapat dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu serta melakukan pemupukan sekitar sebulan sekali menggunakan pupuk NPK.

 

3. Kaktus Belimbing

Anda juga direkomendasikan untuk menggunakan jenis kaktus belimbing untuk menghias ruangan. Kelebihan dari kaktus belimbing adalah tidak berduri dan fotogenik. Artinya, dapat dipastikan ruangan Anda akan menjadi lebih estetis jika memilikinya. Selain itu, juga mudah merawat jenis kaktus ini karena memiliki cadangan air yang banyak pada batangnya.

Sebagai catatan, kaktus belimbing ini memiliki sifat yang dapat tumbuh menjadi tinggi dan sangat besar. Penting untuk mempersiapkan pot berukuran besar untuk memindahkannya, namun tentu saja Anda dapat tetap menghias ruangan anda dengan tanaman kaktus belimbing ukuran kecil yang baru.

4. Kaktus Mini Echinocactus Grusonii

Jenis kaktus mini yang terakhir adalah kaktus mini Echinocactus Grusonii, yang bisa dijadikan hiasan pada kamar tidur. Kaktus yang satu ini sering kali disebut dengan golden barrel, atau gentong emas seperti warnanya yang kuning keemasan.

Kaktus ini memiliki ciri-ciri dengan duri yang berwarna kuning keemasan. Durinya juga banyak di sekitar batangnya. Karena kaktus ini unik, maka kaktus ini dijual dengan harga yang sangat mahal, dan menjadi kaktus favorit bagi pecinta tanaman hias.

5. Kaktus Mickey Mouse

Jenis kaktus yang satu ini memiliki bentuk yang unik dengan batang bercabang menyerupai bagian kepala Mickey Mouse. Dengan keunikan tersebut, kaktus ini banyak diincar para pecinta puspa Nusantara. Sedangkan untuk perawatannya, Anda hanya perlu menyimpannya di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Penyiraman dapat dilakukan disesuaikan, dan jangan berlebihan karena akan menyebabkan pembusukan.

6. Kaktus Astro Kabuto

Dijelaskan oleh Pambudi, jenis kaktus yang satu ini diperolehnya dari hasil impor dari negara Thailand. Tanaman ini memiliki bentuk seperti kaktus golden barrel. Namun, hal yang membedakan keduanya terletak pada motif. Kaktus Astro Kabuto memiliki corak totol-totol berwarna putih yang membuatnya berbeda dengan kaktus jenis lain.

 

7. Kaktus Dessert Gem

Bentuknya mungil dan tampak indah saat dijajarkan. Keistimewaan kaktus dessert gem ada pada warnanya, yaitu merah, ungu, jingga, dan kuning yang membuatnya terlihat seperti tanaman imitasi. Supaya tampilannya makin menonjol, gunakan wadah berwarna putih untuk menanam.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353