6 Jenis Wewangian Ini Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

192

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa berbagai jenis minyak esensial dapat melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan dalam jangka panjang dan membantu meredakan berbagai gejala gangguan kesehatan.

Berbagai jenis minyak esensial ini dapat membantu menurunkan kadar stress, meredakan nyeri, memperbaiki mood, dan membantu mengatasi mual. Bahkan beberapa jenis minyak esensial ini ternyata dapat membunuh virus flu, bakteri E.coli, dan sel-sel kanker.

Berdasarkan penelitian, saat Anda menghirup wangi berbagai jenis minyak esensial ini, maka hipotalamus Anda pun akan teraktivasi.

Hipotalamus merupakan bagian otak yang berfungsi untuk mengendalikan hormon, tenaga, dan motivasi seseorang. Minyak esensial yang berbeda memicu respon yang berbeda di dalam otak.

Walaupun sangat bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi bukan berarti minyak esensial ini tidak memiliki efek samping negatif bagi tubuh Anda, seperti yang terdapat pada cat dan pestisida, yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan jantung.

Untuk menghindari efek berbahaya ini, jangan berada di dalam ruangan atau menghirup wewangian ini lebih dari 60 menit setiap kalinya. Bila Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan wewangian apapun dan jangan lupa membaca instruksi cara pemakaian di botol wewangian yang Anda beli.

1. Sage

Minyak esensial berbau sage sangat baik untuk menurunkan tekanan darah serta dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2013, wanita yang menghirup wangi sage mengalami penurunan tekanan darah dan frekuensi pernapasan, serta merasa lebih rileks.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

2. Pepermin

Minyak esensial berbau pepermin dapat membantu mengurangi rasa stress, rasa lelah, dan mengatasi keinginan untuk mengkonsumsi coklat. Berbagai penelitian menemukan bahwa menghirup wewangian berbau pepermin dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon stress.

3. Jeruk

Minyak esensial berbau jeruk dapat membantu mengurangi rasa cemas dan memperbaiki mood. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menghirup wewangian ini dapat merasa lebih tenang saat berada dalam tekanan. Para peneliti menduga hal ini dikarenakan minyak esensial berbau jeruk ini dapat menurunkan kadar hormon stress.

4. Rosemary

Minyak esensial berbau rosemary dapat membantu meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan energi, dan mengurangi rasa lelah. Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa menghirup wewangian ini dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam mengerjakan berbagai tugas mental. Penelitian lainnya menemukan bahwa mencium wewangian ini dapat membuat seseorang merasa lebih segar dan bersemangat.

5. Kayu Manis

Minyak esensial berbau kayu manis dapat membantu meningkatkan fokus, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi rasa frustasi. Hal ini mungkin dikarenakan wewangian ini mengaktivasi bagian otak yang mengendalikan kesadaran dan rasa siaga.

6. Lavender

Minyak esensial berbau lavender dapat membantu membuat seseorang merasa lebih rileks dan mengurangi gejala sindrom premenstrual. Hal ini dikarenakan wewangian ini memicu respon istirahat dan cerna tubuh sehingga membuat seseorang merasa lebih rileks. Sebuah penelitian di tahun 2013 menemukan bahwa wewangian ini juga dapat mengatasi gejala premenstrual seperti kebingungan mental dan depresi.

Sumber: foxnews