5 Manfaat Journaling Untuk Belajar Mengenal Diri

46

Mengenal diri membutuhkan cara yang berbeda-beda bagi setiap orang. Tak jarang seseorang harus berganti-ganti cara sampai mereka menemukan cara yang tepat untuk diri mereka. Salah satu cara yang digunakan oleh banyak orang adalah menulis tentang seluruh perasaan dan pikiran atau dikenal dengan journaling.

Journaling merupakan salah satu kegiatan yang bisa membantumu dalam menuangkan emosi yang disampaikan kedalam bentuk tulisan. Hal ini tentunya bisa membantu Anda untuk mengungkapkan perasaan yang tak dapat diungkapkan secara langsung.

Selain itu, orang yang melakukan journaling biasanya menuliskan segala sesuatu tentang diri dan kehidupannya sehari-hari dalam sebuah buku khusus. Dengan cakupan isi yang lebih luas, tentunya Anda lebih bisa menyesuaikan manfaat journaling dengan keinginan dan kebutuhan diri. Makanya, menulis jurnal bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengenal diri kamu lebih dalam.

Kali ini KoverMagz akan merangkum kepada Anda lebih dalam tentang manfaat journaling bagi diri sendiri. Penjelasan ini dikutip dari berbagai sumber. Dengan membaca penjelasan ini  Anda akan lebih mengerti lebih dalam untuk memulai melakukannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Sebagai sarana refleksi diri

Dengan melakukan journaling, secara tidak sadar Anda bisa merefleksikan kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirimu. Anda juga dapat memulai dengan menuliskan perasaan dan hal-hal yang terjadi di beberapa waktu lalu.

Tak banyak yang tahu dan juga sadar bahwa dengan kebiasaan ini dapat membantu memperbaiki diri dan meningkatkan hal baik dalam diri.

2. Mengolah emosi

Saat mengalami situasi yang tidak menyenangkan, Anda  mungkin akan merasa tidak nyaman. Anda juga bisa menuliskan emosi-emosi yang hadir saat itu dalam jurnal.

Tidak perlu merasa malu ketika menuliskannya. Jurnal ini hanya akan dibaca olehmu. Jadi cobalah untuk jujur tentang apa yang Anda rasakan.

Baca Juga:  Ini 9 Manfaat Asuransi Syariah Yang harus Diketahu!

3. Meningkatkan kreativitas

Journaling juga bisa membantumu dalam meningkatkan kreativitas. Biasanya saat melakukan journaling, kamu harus memikirkan ide serta inspirasi yang akan dituangkan dalam jurnal yang akan ditulis.

Belum lagi jika Anda adalah tipe yang artistik, kamu akan tergerak untuk mengeksplorasi menulis dan mewarnai jurnal sesuai emosi hari itu, atau memotong kata-kata menggugah dan menempelnya ke dalam jurnal. Hal inilah yang membuat kreativitasmu semakin meningkat.

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Ketika Anda mulai membuat journaling, kamu dapat belajar untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan mengkomunikasikan perasaan dengan orang lain dengan lebih baik. Semakin Anda sadar diri, semakin bisa membuat diri dipahami oleh orang lain.

Menulis mengarah pada pemikiran yang jernih pada gilirannya mengarah pada komunikasi yang jelas. Selain itu, menulis juga bermanfaat membantu sebuah hubungan semakin baik, dengan begitu tidak ada lagi kesalahpahaman.

5. Meningkatkan Mood

Menuliskan ketakutan akan mengangkat semangat, karena Anda Mengekspresikan emosi alih-alih menahannya. Ini juga menempatkan segala sesuatunya dalam perspektif dan membuat kamu menyadari bahwa tidak peduli betapa buruknya hal itu, ada solusi dan hal-hal yang harus disyukuri untuk saat ini.

Dengan menulis, dapat menjernihkan pikiran dari pikiran dan masalah yang mengganggu. Aktivitas ini juga membantu mengidentifikasi pemicu dan mempelajari cara menanganinya. Selain itu, menulis journaling tentang emosi dalam perspektif abstrak dan impersonal juga menenangkan dan membuat lebih bahagia.

Itulah sederet manfaat journaling untuk lebih mengenal diri sendiri. Bagaimana Sobat KoverMagz, tertarik untuk memulai journaling? Semoga artikel ini bermanfaat!