5 Hacker Dengan Aksi Paling Terkenal di Dunia

725

Ada banyak cara para hacker untuk meretas sesuatu. Saat ini sedang ramai diperbincangkan publik, karena peretas memiliki trik-trik jitu dalam melancarkan aksinya untuk merugikan orang lain.

Keberadaan hacker atau peretas di dunia saat ini memang mengancam keamanan kita semua. Apalagi belum lama ini muncul sosok misterius yang menamai dirinya sebagai Bjorka. Peretas ini telah membocorkan data-data rahasia penting milik pemerintah tanah air. Kehadiran hacker yang satu ini tentunya berhasil menjadi perbincangan di seluruh penjuru negeri.

Namun, tidak semua hacker masih menjadi anonim hingga kini. Ada yang bahkan identitasnya telah terungkap selama bertahun-tahun dan menjadi salah satu figur hacker paling dikenal di seluruh dunia. Berikut KoverMagz telah rangkum ulasan mengenai 5 hacker paling terkenal di dunia! Penasaran dengan siapa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Kevin Mitnick

Kevin Mitnick merupakan salah satu hacker paling terkenal dan paling berbahaya di dunia. Dia bahkan pernah  meretas Komando Pertahanan Amerika Utara (NORAD), sebuah pencapaian yang menginspirasi film War Games 1983.

Pada tahun 1989, ia meretas jaringan Digital Equipment Corporation (DEC) dan membuat salinan perangkat lunak mereka. Karena DEC adalah produsen komputer terkemuka pada saat itu, tindakan ini menempatkan Mitnick pada ancaman. Dia kemudian ditangkap, dihukum dan dikirim ke penjara.

Selama pembebasan bersyaratnya, dia meretas sistem pesan suara Pacific Bell. Ia bahkan tidak pernah mengeksploitasi akses dan data yang diperolehnya. Dia dipercaya pernah mendapatkan kendali penuh atas jaringan Pacific Bell hanya untuk membuktikan bahwa itu bisa dia lakukan.

Atas peretasan yang dilakukannya, sebuah surat perintah dikeluarkan untuk menangkapnya. Namun dia berhasil melarikan diri dan hidup bersembunyi selama lebih dari dua tahun.Meski pada akhirnya tertangkap, keahliannya untuk meretas tak bisa dianggap sepele.

2. Jeanson James Ancheta

Hacker terhebat di dunia berikutnya adalah Jeanson James Ancheta. Namanya semakin populer karena berhasil meretas sebuah sistem data kredit dan memporak-porandakan jaringan keadilan sosial.

Di tahun 2005, Ancheta bahkan berhasil meretas lebih dari 400.000 jaringan komputer. Penyelidikan terhadap Ancheta berakhir pada hukuman penjara untuknya selama 57 bulan.

Ini merupakan hukuman yang diberikan atas tindakannya menggunakan teknologi botnet. Teknologi tersebut berhasil menginfeksi dan merusak sistem komputer sehingga menimbulkan banyak kekacauan.

3. Albert Gonzales

Nama hacker dunia berikutnya adalah Albert Gonzales yang juga menjadi salah satu hacker yang ditakuti dunia. Gonzales mendapatkan julukan Supnazi di sepanjang kariernya sebagai peretas.

Ia memulai perjalanannya sebagai peretas dengan menjadi pemimpin sebuah kelompok kutu buku komputer. Dari sini ia belajar banyak mengenai sistem komputer dan peretasan.

Pada usia yang masih cukup muda, 22 tahun, Gonzales berhasil ditangkap di New York. Ia ditangkap akibat kasus penipuan kartu kredit. Tidak hanya itu ia juga berhasil mencuri data dari jutaan pemilik rekening.

4. Adrian Lamo

Nama hacker dunia terakhir adalah Adrian Lamo juga tidak kalah populer di dunia peretasan. Di usia yang masih sangat muda, 20 tahun, hacker ini berhasil meretas Yahoo. Ia menggunakan alat manajemen konten dan mengubah artikel-artikel Reuters.

Selain itu Lamo juga menambahkan kutipan palsu yang membuat data-data di sana kacau. Lamo juga sering melakukan peretasan sistem secara terbuka.

Beberapa kali ia memberitahu pers mengenai aksi peretasan yang ia lakukan. Hal ini membuat Lamo dikenal sebagai salah satu peretas yang sukses bikin geleng-geleng kepala.

5. Anonymous

Anonymous pertama kali muncul pada 2003. Berbeda dengan keempat hacker di atas, Anonymous bukanlah perorangan, melainkan terdiri dari beberapa hacker yang tergabung dalam satu kelompok.

Anonymous meretas dengan tujuan untuk menyuarakan keadilan sosial. Beberapa aksi peretasan Anonymous dilakukan dengan menyasar situs web dari institusi negara, perusahaan, dan kelompok keagamaan tertentu.

Pada 2008, Anonymous pernah meretas dan menonaktifkan situs web dari Gereja Scientology. Hingga saat ini, Anonymous diduga telah melakukan penyerangan pada PayPal, situs web pemerintah Australia, dan sebagainya.

Itulah sederet hacker terkenal dunia dengan aksinya yang bikin geleng-geleng kepala. Bagi Sobat KoverMagz jangan lupa selalu amankan data-data Anda. Semoga bermanfaat!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353