10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia, Wajib Tahu!

198

Meskipun saat ini terdapat lebih dari 700 bahasa di dunia. Namun hanya ada sepuluh  bahasa yang paling banyak digunakan orang-orang di dunia. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Departemen Statista. 

Departemen Riset Statista telah melakukan penelitian dengan mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia tersebut. Bahasa menjadi alat komunikasi utama untuk menyampaikan pesan atau informasi antar manusia. Tak heran bila anda kerap melihat orang-orang menguasai beberapa bahasa. 

Lantas, bahasa apa saja yang paling banyak digunakan di dunia? Kali ini kami akan membahasnya untuk anda. Simak selengkapnya disini! 

Bahasa Inggris

Bukan sesuatu hal yang patut diherankan lagi bila bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak di gunakan di dunia. Pasalnya,  lebih dari 1,5 miliar penutur telah menggunakan bahasa tersebut. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa resmi di 67 negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru serta 27 entitas non-berdaulat. Bahkan, dalam pariwisata, bisnis dan komunikasi internasional, bahasa Inggris menjadi paling umum digunakan oleh banyak orang. 

Bahasa Mandarin

Tiongkok adalah negara dengan populasi terpadat kedua di dunia, dan bahasa Mandarin telah menjadi bahasa resminya sejak tahun 1930-an. Hal ini menjadikan bahasa Mandarin menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Tidak hanya Tiongkok, Taiwan, dan Singapura. Meskipun ada dialek lain yang digunakan secara luas seperti Kanton dan Huanese, lebih dari 70% populasi Tiongkok berbicara menggunakan bahasa Mandarin.

Bahasa Hindi 

Merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di India. Menurut perkiraan terbaru, lebih dari 600 juta orang berbicara dalam bahasa Hindi. Bahasa Hindi telah ada sejak berabad-abad yang lalu dengan pengaruh dari bahasa Sansekerta dan bahasa-bahasa regional lainnya. Bahasa ini ditulis menggunakan aksara Devanagari, dan kosakatanya terdiri dari kata-kata dari bahasa Sansekerta, Persia, Arab, Inggris, Portugis, dan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

Bahasa Spanyol 

Tahukah anda sobat kover bahwa lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia, berbicara dalam bahasa Spanyol loh. Bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi di 20 negara dan satu wilayah persekutuan. Selain itu, bahasa Spanyol telah menjadi sangat penting dalam bisnis, diplomasi, dan pariwisata internasional. Bahasa satu ini bahkan telah menjadi salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa di dunia. 

Bahasa Prancis 

Meski memiliki pelafalan yang tak mudah, namun Bahasa Prancis telah menarik minat jutaan orang di seluruh dunia. Dengan sekitar 309 penutur, bahasa Prancis adalah bahasa ke-5 yang paling banyak digunakan di dunia. 

Bahasa ini tidak hanya diakui di negara Perancis saja namun diakui sebagai bahasa resmi di 29 negara termasuk Kanada, Swiss, dan Belgia. Bahasa Prancis juga memiliki sejarah panjang sebagai bahasa diplomasi, sastra, filsafat, dan ilmu pengetahuan.

Bahasa Arab (Standar) 

Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting di dunia, dengan lebih dari 372 juta penutur. Bahasa Arab menjadi bahasa resmi di 25 negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, termasuk Arab Saudi, Mesir, dan Irak. Banyak negara dan daerah yang memiliki dialeknya sendiri. Namun, bahasa Arab standar adalah aksen yang paling sering digunakan di antara orang Arab.

Bahasa Bengali 

Berikutnya ada bahasa Bengali. Ini merupakan bahasa Indo-Arya yang berevolusi dari bahasa Sansekerta kuno. Bahasa ini tidak hanya diakui secara resmi dan digunakan secara luas di India saja melainkan di dunia. Bahasa ini juga merupakan bahasa nasional Bangladesh. Dengan lebih dari 272 juta penutur, bahasa ini merupakan bahasa ke-7 yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahasa Portugis 

Bahasa Portugis memiliki lebih dari 263 juta penutur di seluruh dunia. Bahasa Portugis merupakan bahasa resmi di sembilan negara termasuk Portugal, Brasil, Angola, Mozambik, dan negara-negara lain. 

Bahasa Rusia 

Dengan lebih dari 245 juta penutur di seluruh dunia, bahasa Rusia telah menjadi bahasa resmi di Rusia, Belarusia, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan karena merupakan bahasa nasional negara-negara tersebut. Bahasa Rusia telah menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa.

Bahasa Urdu 

Yang terakhir adalah bahasa Urdu. Bahasa ini menempati posisi ke-10 dalam peringkat bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Sekitar 231 juta orang di dunia berbicara bahasa Urdu. Bahasa ini merupakan bahasa resmi negara Pakistan dan juga digunakan di India.

 

Baca Juga:  5 Produser Indonesia Terpilih untuk Program Producers Network Cannes 2024

Itulah kesepuluh bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Dari antara ini, manakah yang sudah anda kuasai? Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda ya!