Ketahui Profil Putri Leonor, Calon Ratu Spanyol Pertama yang Memerintah

389

Usai merayakan ulangtahun ke -18 pada 31 Oktober 2023 yang lalu, nama putri leonor menjadi sorotan publik. Banyak orang yang bertanya-tanya akan profil tentang dirinya. Bagaimana tidak? Selain memiliki paras yang cantik dan menawan, ia juga terlihat anggun. Hal ini tampak ketika perayaan ulang tahunnya yang ke-18 sekaligus mengambil sumpah setia. 

Putri Leonor terlihat menggunakan setelan blazer berwarna putih. Sang putri juga menggunakan makeup yang tipis, tetapi tetap memancarkan aura anggun pada dirinya. Upacara pengambilan sumpah itu berlangsung secara sakral dengan disaksikan oleh Cortes Generales (Parlemen Spanyol). Usai acara tersebut para jajaran pengawal kerajaan turut memainkan lagu kebangsaan dan memberikan penghormatan 19 senjata yang ditembakkan di lapangan terbuka Katedral Almudena.

Dengan mengambil sumpah setia itu, kini Putri Leonor resmi secara hukum menjadi calon penerus takhta Kerajaan Spanyol. Ia secara hukum resmi dapat menggantikan ayahnya yang bernama Raja Felipe VI. Nah bagi sobat kover yang penasaran akan sosok profilnya. Kali ini tim kovermagz akan membahasnya untuk anda. Simak ulasannya di sini! 

Profil Putri Leonor

Memiliki nama lengkap Leonor de Borbón y Ortiz, ia adalah anak sulung Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Kerajaan Spanyol. Ia lahir pada 31 Oktober 2005 di Madrid, Spanyol dan memiliki seorang adik perempuan yang bernama Putri Sofia yang berusia 16 tahun.

Putri Leonor beserta adiknya juga merupakan cucu dari Raja Juan Carlos dan Ratu Sophia yang memimpin monarki Spanyol sebelumnya. Terlahir sebagai kalangan darah biru, Putri Leonor sangat berkaitan erat dengan Pangeran William. 

Hal ini dikarenakan orang tuanya sama-sama merupakan cicit Ratu Victoria, pemimpin Kerajaan Inggris 1800-an. Bahkan Ratu Sophia adalah putri Raja Paul yang adalah sepupu pertama Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth. Dari latar belakang tersebut, tak heran jika ia menyandang sejumlah gelar. Mulai dari  Princess of Asturias, Princess of Girona, Princess of Viana, Duchess of Montblanc, Countess of Cervera hingga Lady of Balaguar.

Latar Belakang Pendidikan

Putri Leonor mengawali pendidikan di Escuela Infantil Guardia Real. Tempat tersebut berupa penitipan anak untuk anak-anak bangsawan Kerajaan Spanyol. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan sekolah dasar yang sama dengan ayahnya di Santa Maria de los Rosales, Aravaca. Kemudian berpindah ke United World College of the Atlantic, Wales. Putri Leonor lulus dengan gelar International Baccalaureate pada Mei 2023.

Kampus tersebut terkenal dengan metode pendidikan yang progresif dengan mata kuliah yang beragam. Berawal dari itulah, Putri Leonor fasih berbagai bahasa, yakni Spanyol, Inggris, Katalonia, dan Mandarin. Putri Leonor kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Militer Spanyol. Di sana, ia mempelajari semua cabang militer sebagai bekal di masa depan. Pendidikan ini berlangsung selama tiga tahun di Zaragoza. 

Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, Putri Leonor nantinya akan diberi pangkat letnan muda angkatan laut, letnan angkatan darat, serta letnan angkatan udara dan ruang angkasa. Menurut Menteri Pertahanan Spanyol, Margarita Robles, ini akan membuktikan suatu saat nanti panglima tertinggi adalah seorang perempuan.

Menjadi Ratu Spanyol Pertama Yang Memerintah

Putri Leonor resmi menjadi ahli waris tahta tahun 2014 setelah ayahnya dinobatkan menjadi raja. Ini adalah sejarah baru bagi monarki di Spanyol. Pasalnya, ketika nanti sang ayah meninggal dunia atau turun takhta, Putri Leonor akan menjadi Ratu Spanyol pertama yang memerintah.

Hukum yang berlaku di Kerajaan Spanyol adalah mengutamakan pewaris untuk anak laki-laki. Sebelumnya sempat ada pemimpin perempuan yaitu Ratu Isabella II (1833-1868). Namun, ia hanya berkuasa tanpa memerintah langsung. Hingga akhirnya Ratu Isabella II dipaksa mundur lantaran sering ikut campur dalam urusan politik.

Berbeda halnya dengan Putri Leonor. Ia memiliki citra yang sangat baik di hadapan masyarakat Spanyol. Hal ini tak lepas dari kebiasaan ayahnya yang sering mengajak Leonor menghadiri berbagai acara penting sejak ia berusia kanak-kanak. Sosoknya juga dikenal di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Beberapa masyarakat dari Indonesia diketahui sangat menyukai sosok Putri Leonor bahkan menjadi penggemarnya. 

Harta Kekayaan

Sebagai pewaris takhta pimpinan Kerajaan Spanyol, Putri Leonor tentunya memiliki kekayaan yang berlimpah ruah. Menurut data resmi Kerajaan Spanyol, Putri Leonor memiliki kekayaan sekitar 18,2 juta Euro atau setara Rp306 miliar. Putri Leonor akan menciptakan sejarah baru di Spanyol saat dirinya naik takhta. Ia akan menjadi Ratu Spanyol pertama yang memerintah berdasarkan kelahiran sejak Ratu Isabella II pada 1833-1868 silam.

Itulah profil singkat tentang Putri Leonor. Bagaimana? Cukup menarik bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda ya!

Baca Juga:  Ada 2 Aktor Berdarah Indonesia Berlaga di Avatar: The Last Airbender

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353