Tidak Boleh Mengkonsumsi Makanan/Minuman Ini Saat Perut Kosong

19

Medan, KoverMagz – Dr. Rupali Datta, seorang ahli gizi klinik dari Fortis Hospital di India menyarankan beberapa makanan yang harus dihindari saat perut kosong atau saat bangun tidur. Hal tersebut bertujuan agar sistem pencernaan kembali berfungsi secara optimal setelah diistirahatkan selama berjam-jam. Namun disaat kita lapar, kita cenderung akan memilih sembarang makanan tanpa mempedulikan apakah makanan tersebut baik atau tidak

Rupali Datta, Public Health Nutrition (Dietitian/Nutritionist, Delhi)

 

 

Banyak yang akhirnya memilih mengkonsumsi makanan atau camilan berkalori tinggi tapi itu justru bisa memicu muntah, mual, diare dan dalam beberapa kasus mengalami keracunan makanan.

 

 

 

Penyebabnya karena saluran gastrointestinal (GI) anda bisa menjadi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu jika perut kosong terlalu lama. Lambung akan menjadi sasaran empuk dalam gagalnya pencernaan dalam tubuh anda.

 

Mulai sekarang anda harus lebih memperhatikan jenis makanan yang tidak boleh anda konsumsi saat anda mengalami lapar ataupun perut kosong seperti di bawah ini :

  • Sayuran mentah seperti dalam salad, karedok, atau trancam memang rasanya segar. Akan tetapi, menu makanan dengan berbagai jenis sayuran mentah tidak cocok dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya, sayuran mengandung serat kasar yang justru memberikan beban ekstra pada sistem pencernaan saat perut kosong. Selain itu, sayuran mentah juga bisa membuat sakit perut dan kembung. Kalau Anda memang mau mengonsumsi sayur mentah, pastikan perut Anda tidak benar-benar kosong. Anda bisa melakukan “pemanasan” dengan ngemil kacang-kacangan atau yogurt kira-kira 2 jam sebelum makan.
  • Yogurt juga menjadi menu andalan yang biasan dimasukkan dalam program diet. Namun kalau kamu memakan yoghurt saat perut sedang kosong, bukan menjadi hal yang membuat kamu sakit atau semacamnya. Tetapi lebih kepada usaha tidak berguna. Sebab bakteri asam laktat yang ada pada yoghurt terbunuh atau hilang oleh asam hidroklorik yang ada di lambung saat kamu belum makan apa pun.
  • Daging merah kaya akan protein, artinya butuh banyak waktu bagi tubuh kita untuk mencernanya. Makan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh Anda bekerja ekstra (memecah protein), mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan.
  • Kopi memang dapat membantu mengatasi rasa kantuk saat Anda dikejar deadline, tetapi kopi bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya, zat dalam kopi dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas dan berakhir pada penyakit maag.
  • Buah Citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Buah-buahan ini pada dasarnya sehat dan bergizi. Namun, buah sitrus tidak baik dikonsumsi dalam kondisi perut kosong karena dapat meningkatkan produksi asam dalam lambung Anda.Selain itu, kandungan serat yang sangat tinggi dan fruktosa (gula alami) pada buah sitrus dapat memperlambat sistem pencernaan.
  • Pastry atau kue kering memang telihat enak dimakan untuk pengganjal perut sebagai ganti nasi. Namun meskipun lezat, ternyata memakan kue kering saat perut kosong akan membuat masalah pada kesehatan. Makanan seperti kue kering mengandung sejenis ragi yang dapat mengiritasi lapisan perut dan bisa menyebabkan perut kembung. Selain itu kue kering juga banyak mengandung gula yang akan membebani hati ketika dimakan saat perut kosong.

  • Soda atau minuman berkarbonasi tidak baik untuk dikonsumsi kapan pun, apalagi saat perut kosong. Selain meningkatkan risiko obesitas, kandungan asamnya dapat bercampur dengan asam lambung sehingga dapat menyebabkan mual dan timbunan gas di perut. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dilarutkan dengan bantuan asam yang dihasilkan oleh lambung. Namun, bila tidak ada makanan dalam perut, ini hanya akan menambahkan asam ke dalam sistem pencernaan tanpa ada yang dilarutkan. Hal ini dapat menyebabkan pencernaan melambat. Gejalanya antara lain sakit perut dan sembelit (susah buang air besar).

Penulis : Annette Thresia Ginting

Berbagai Sumber