TEKNOLOGI 5G: THE FUTURE IS HERE

28

KESIAPAN DI INDONESIA

Berdasarkan data, 5G telah digunakan di lebih dari 60 negara dan terus bertambah. Operator global mulai meluncurkan jaringan 5G pada awal 2019. Selain itu, semua produsen ponsel besar juga telah menjual ponsel 5G.

Di Indonesia, pada tanggal 27 Mei 2021 yang lalu, Telkomsel merilis layanan 5G pertama di Indonesia. Tak lama kemudian disusul oleh Indosat Oredoo pada tanggal 14 Juni 2021. Saat ini  Telkomsel telah menyediakan jaringan 5G ke sembilan kota: Jakarta, Balikpapan, Medan, Surakarta, Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.

Dilansir dari laman Telkomsel, mereka menyatakan bahwa terkait kesiapan perangkat 5G di pasaran, kini sudah hadir serangkaian gawai yang kompatibel untuk mendukung layanan Telkomsel 5G dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.Artinya perangkat akan terhubung ke jaringan 5G yang didukung infrastruktur 4G yang sudah ada. Telkomsel juga berencana memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device, termasuk dengan Apple dan Samsung. 

Namun pada faktanya, dilansir dari Kompas, dikatakan bahwa hingga saat ini belum ada satupun smartphone 5G di Indonesia yang sudah bisa digunakan untuk menikmati layanan internet 5G oleh pengguna biasa.

Semua vendor smartphone di Indonesia kompak mengatakan bahwa agar ponsel 5G bisa tersambung ke sinyal 5G, harus menunggu pembaruan software over the air (OTA) untuk membuka kunci (unlock) 5G terlebih dahulu. Salah satu syarat smartphone bisa terkoneksi dengan sinyal 5G Telkomsel di Indonesia adalah mendukung band n40 di spektrum 2,3 GHz. 

Selain itu, syarat lain untuk benar-benar menikmati kecepatan internet super cepat tersebut adalah kartu SIM Telkomsel yang sudah teregistrasi jaringan 5G. Ponsel Anda bisa saja sudah menangkap dan menampilkan sinyal 5G, tetapi itu sebenarnya masih menggunakan jaringan 4G. Itu adalah karena kartu SIM Anda belum teregistrasi untuk menggunakan layanan 5G Telkomsel.

Beberapa vendor smartphone memang telah mengkonfirmasi bahwa beberapa perangkat mereka akan kompatibel dengan layanan 5G Telkomsel, apabila pembaruan OTA untuk unlock 5G telah digulirkan ke perangkat. Perwakilan Oppo Indoneisa, Huawei Indonesia, Vivo Indonesia menyatakan hal yang serupa, yakni bahwa pengguna smartphone harus menunggu untuk membuka perangkat ini nantinya lewat software update OTA.

Adapun delapan smartphone yang hingga saat ini telah terkonfirmasi bakal mendukung jaringan 5G Telkomsel adalah sebagai berikut: Oppo Reno5 5G, Oppo A57 5G, Oppo Find X2 Oppo, Find X2 Pro, Vivo X60 5G, Vivo X60 Pro 5G, Vivo V21 5G, dan Huawei Mate 40 Pro.  Sementara itu, beberapa vendor lain, seperti Realme, Xiaomi, dan Samsung belum memastikan smartphone mana saja yang akan mendukung sinyal 5G Telkomsel.

Baca Juga:  Ada apa dengan Bendera PBSI yang seharusnya Bendera Merah Putih yang berada di sana ?