TEKNOLOGI 5G: THE FUTURE IS HERE

21

Ketika 4G dahulu diperkenalkan beberapa tahun yang silam, dunia excited dengan koneksi yang jauh lebih cepat, streaming yang lebih lancar, bahkan memungkinkan gamers untuk bermain game online dengan latensi yang jauh lebih baik daripada 3G. Tapi sekarang 5G muncul dan perbedaannya sangat besar! Lebih pas nya lagi, dengan teknologi 5G, the future is here.

5G adalah teknologi nirkabel generasi kelima yang menghadirkan tiga hal baru: saluran yang lebih luas (kecepatan), latensi yang lebih rendah (responsivitas), dan lebih banyak bandwidth (kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat sekaligus).

Kecepatan 5G diklaim berpotensi hingga 10 kali lebih cepat dari 4G. Pada prinsipnya, cara kerja 5G berarti menggunakan panjang gelombang yang lebih kecil dan frekuensi yang jauh lebih tinggi yang dapat mendukung koneksi yang jauh lebih simultan daripada 4G.

Akses kepada internet menjadi satu kebutuhan primer saat ini

 

Baca Juga:  iPhone: Ponsel Mahal Juga Punya Masalah, Ini Solusi-Solusinya.

INTERNET OF THINGS

Istilah Internet of Things atau IoT pertama kali dikeluarkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999.  Simple-nya, IoT adalah sebuah infrastruktur jaringan global, yang dapat menghubungkan perangkat keras dan virtual melalui eksploitasi data capture serta kemampuan komunikasi. Dengan IoT, kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi, atau segerombolan drone yang semuanya bisa berkomunikasi secara nirkabel satu sama lain, bekerja sama untuk melakukan misi pencarian dan penyelamatan. Anything you could possibly imagine. 

Di sinilah perbedaan terbesar antara 4 dan 5G menjadi jelas, yakni sebagai teknologi yang akan mendorong inovasi-inovasi Internet of Things.