Sudah Tahu Kekurangan dari Telegram ?

102

KEUNGGULAN

Telegram adalah aplikasi pesan instant multiplatform yang berbasis cloud. Aplikasi yang dapat diunduh gratis ini telah ramai digunakan khususnya di perkantoran.

Dengan sistem Cloud maka semua pesan teks, gambar, video, audio, dokumen yang dikirim ke Telegram akan tersimpan di Cloud Telegram. Hal ini tentunya tidak akan membebani hp karena semua data tidak akan disimpan di media internal atau eksternal hp.

Dengan penyimpanan sistem Cloud pengguna bisa bebas login dan logout beberapa kali dari sejumlah perangkat yang dilakukan secara bersamaan. Pengguna tidak perlu takut kehilangan data yang sudah tersimpan di Telegram.

Aplikasi Telegram ini juga bisa digunakan pada banyak sistem operasi, mulai dari Android, iOS, Ubuntu Touch, Windows Phone, dan juga berbagai perangkat computer seperti MacOS X, Windows, bahkan Linux. Seperti halnya aplikasi chatting lain seperti WhatsApp dan Messenger, Telegram memiliki fitur tidak kalah keren dan menarik.

Memiliki kapasitas penampungan anggota dalam grup hingga lebih dari 200.000 orang.

Bahkan digadang-gadang kalau kelebihan Telegram jauh lebih menarik dibanding WhatsApp dan Messenger karena memiliki kapasitas penampungan anggota dalam grup hingga 200.000 orang. Meskipun anggota grup sudah mencapai ribuan, namun kinerja aplikasi Telegram tetap cepat tidak membebani kinerja hp. Bahkan saat mengirim foto di Telegram, foto yang Anda kirim merupakan file asli tidak dikompres otomatis. Begitupun jika Anda mengirim file dokumen akan mengalami hal serupa.

Di Telegram Anda juga bisa menggunakan fitur Secret Chat yang bisa memfasilitasi  percakapan Anda yang lebih rahasia/privat. Fitur Secret Chat ini harus dibuat di kedua perangkat dan pesan menjadi tidak bisa diakses di perangkat lain.

Ketika kita login dan logout maka semua percakapan Secret Chat akan hilang secara otomatis. Kemudian kita bisa mengatur hapus otomatis semua pesan di Secret Chat dengan timer yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Baca Juga:  G20 - Harapan Besar Indonesia Sebagai Tuan Rumah 2022

Seperti yang diketahui bersama, jika WhatsApp membatasi pengiriman file mereka hingga kapasitas 1 GB, sementara untuk Telegram ini dua kali lebih besar dibandingkan mereka karena memiliki batas pengiriman file hingga 2GB.

Yang menarik lagi, Telegram memberikan pilihan kepada pengguna pada saat mengirim file tersebut, apakah mereka ingin melakukan kompresi atau dikirim dengan ukuran file asli. Opsi ini tentu tidak dimiliki oleh WhatsApp karena mereka secara otomatis melakukan kompresi file yang dikirim, sehingga hasilnya pun bakalan pecah.

Telegram menyediakan lebih dari 20.000 stiker dalam berbagai bentuk file

 

Jika membandingkannya dengan WhatsApp, kita dapat menggunakan Telegram di laptop/komputer walau aplikasi Telegram di telepon genggam kita sedang tidak aktif.

Tidak kalah pentingnya, Telegram menyediakan sekitar 20.000 stiker yang bisa diunduh gratis, untuk menyemarakkan percakapan Anda dengan orang-orang lain. Mulai dari stiker lucu-lucu sampai stiker yang lebih menggoda, semua membuat percakapan jadi lebih seru.

Tapi dari sekian kelebihan yang dimilikinya taukah anda jika Telegram juga memiliki kekurangan ?