Siap-siap! Ajang Penghargaan K-Pop Golden Disc Awards akan Digelar di Jakarta

Inilah kabar yang telah dinanti-nanti oleh seluruh penggemar K-Pop Indonesia. Yang mana ajang penghargaan bergengsi bernama Golden Disc Award akan digelar di Indonesia. Ya, melansir dari narasi.tv, Jakarta dikabarkan akan menjadi tuan rumah dalam ajang penghargaan Golden Disc Awards ke-38 tersebut.

Ajang penghargaan paling bergengsi itu akan digelar pada 6 Januari 2024 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Hal itu diumumkan langsung oleh sang komite penyelenggara pada Selasa, 31 Oktober 2023. 

Alasan Terpilihnya Jakarta

Terpilihnya Jakarta sebagai lokasi penyelenggaraan Golden Disc Awards ke-38 bukan tanpa alasan melainkan karena tingginya permintaan dari para penggemar K-Pop di Asia untuk menyaksikan idolanya secara langsung.

“Pengaruh K-Pop semakin meluas di pasar musik global, dan permintaan dari penggemar Asia yang ingin bertemu dengan artis K-Pop terus berlanjut,” kata penyelenggaraan Golden Disc Awards sebagaimana dilansir dari Soompi. 

“Sejalan dengan tren ini, kami memutuskan untuk menggelar acara [Golden Disc Awards] di Jakarta untuk menciptakan kesempatan bagi penggemar musik domestik dan mancanegara yang lebih beragam supaya dapat berkomunikasi melalui K-Pop,” sambung pihak penyelenggara.

Jakarta International Stadium yang akan menjadi venue Golden Disc Awards ke-38 diketahui mampu menampung kapasitas hingga 80.000 penonton. Sebelum itu, Stadion ini juga yang akan menjadi venue Piala Dunia U-17 pada 10 November mendatang.

Tentang Golden Disc Awards

Golden Disc Awards tahun depan akan menandai kelima kalinya ajang penghargaan musik itu diselenggarakan di luar Korea Selatan. Sebelumnya, Jepang pernah menjadi tuan rumah Golden Disc Awards ke-26, diikuti Malaysia yang menjadi tuan rumah GDA ke-27. 

Pada perhelatan GDA ke-29, China menjadi tuan rumah, sementara Thailand menjadi lokasi penyelenggaraan GDA ke-37. Daftar nominasi masing-masing kategori pada Golden Disc Awards ke-38 akan diumumkan melalui laman web akun media sosial resmi GDA pada 4 Desember mendatang. 

Golden Disc Awards merupakan salah satu ajang penghargaan musik terbesar di Korea Selatan. Ajang penghargaan ini pertama kali diselenggarakan pada 1986 dengan nama Korea Visual and Records Grand Prize Awards. Pada 2001, nama penghargaan ini berganti menjadi Golden Disk Awards dan berubah ejaannya menjadi Golden Disc Awards pada 2015.

Dengan diselenggarakannya Golden Disc Awards ke-38 di Jakarta, para penggemar K-Pop di Indonesia dapat bertemu dan menyaksikan langsung penampilan pada idola K-Pop. Sebab, Golden Disc Awards selalu diisi oleh penampilan dari artis dan idola papan atas di Korea Selatan.

Menariknya lagi, Golden Disc Awards memiliki trofi legendaris yang disebut ‘Patung Wanita yang memainkan instrumen Tangan’ dengan didesain oleh prof. Kim Soo Hyun. Bagi para Kpopers yang ingin menonton ‘Golden Disc Awards ke-38 harus bersiap-siap. Terutama menyediakan budget. Sebab, untuk menonton acara tersebut tentunya akan bernilai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Seperti yang terjadi pada tahun lalu. Golden Disc Awards ke-37 yang diselenggarakan di National Stadium Rajamangala Bangkok, Thailand tahun lalu diketahui memiliki harga yang berbeda-beda. Adapun harga tiket dibedakan menjadi 7 bagian mulai dari 800ribu hingga 2,8 juta. 

Baca Juga:  Daftar Harga dan Cara Beli Tiket We The Fest 2024