Sederet Fakta Unik Danau Toba yang Masuk Daftar Destinasi Wisata Pilihan New York Times

157

Danau Toba belum lama ini berhasil masuk dalam daftar wisata pilihan terbaik di dunia. Salah satu danau terkenal di Pulau Sumatera itu bahkan direkomendasikan oleh media terkenal the New York Times dalam destinasi tujuan 52 Places To Go 2024.

Bagi para pelancong, Danau Toba memang bukan sekadar wisata alam semata, tapi sepetak surga yang hadir di Indonesia. Bahkan, di sekitar danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba itu juga terdapat beberapa destinasi yang tak kalah seru untuk dikunjungi.

1. Danau Toba Dulunya Gunung

Menjadi destinasi wisata populer, Danau Toba merupakan salah satu bentuk keajaiban alam yang menakjubkan. Pasalnya, danau ini diperkirakan terbentuk akibat letusan dahsyat sebuah gunung api, Gunung Toba sekitar 74.000 tahun silam.

Fenomena yang disebut Supervolcano itu bahkan sempat menyebabkan gangguan iklim parah hampir di sekujur dunia. Tak hanya itu, ledakan Gunung Toba diperkirakan juga telah membunuh sebagian besar tanaman dan makhluk hidup di Bumi.

2. Ada Danau di Atas Danau

Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau. Namun, Danau Toba ternyata juga memiliki keunikan lain yang mungkin tidak bisa ditemukan di berbagai wisata danau lain di dunia.

Salah satu keunikan destinasi ini adalah adanya danau di dalam danau. Sebagaimana diketahui, Danau Toba memiliki Pulau Samosir yang berada di tengah danau tersebut. Namun, nyatanya di pulau vulkanik itu nyatanya juga memiliki dua danau kecil bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Baca Juga:  Jaga Silaturahmi, Henna Artist Medan Sumut Gelar Gathering

3. Terbentuk dari Tiga Letusan Besar

Dari sudut pandang geologi, Danau Toba terbentuk dari tiga letusan besar Gunung Toba. Letusan pertama ditengarai menghasilkan kaldera di sisi selatan, letusan kedua membentuk kaldera di sisi utara, dan letusan ketiga yang terbesar mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba.

Uniknya, UNESCO sendiri telah menetapkan kaldera Toba sebagai Global Geopark atau menjadi warisan dunia. Adapun, keputusan itu diambil oleh UNESCO Global Geoparks Council di Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia, pada tanggal 31 Agustus-2 September 2019.

4. Memiliki Lima Pulau Vulkanik

Keunikan lain dari Danau Toba adalah adanya lima pulau vulkanik yang memiliki keindahan memukau. Berbagai pulau di danau ini juga menyimpan sejuta manikam pariwisata yang wajib dikunjungi saat sedang melancong ke Sumatera Utara, baik dari ekosistem flora dan faunanya.

Adapun kelima pulau tersebut adalah Pulau Samosir yang menjadi pulau terluas di Danau Toba. Kemudian ada Pulau Sibandang yang dikenal sebagai sentra penghasil mangga, Pulau Tulas, Pulau Tao, dan Pulau Tolping. Berbagai pulau ini pun bisa dikunjungi menggunakan kendaraan seperti kapal dan perahu.

5. Dikelilingi Puluhan Air Terjun

Terletak 900 meter di atas permukaan laut, tak ayal membuat suasana di sekitar danau jadi lebih sejuk dibanding tempat lain di Sumatera Utara. Tak hanya itu, danau ini juga dikenal menjadi rumah bagi dua kelompok suku yaitu Tomok dan Simanindo yang menghuni pesisir timur Pulau Samosir.

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353