Daftar Masjid Cantik Nan Megah di Dunia, Ada yang Bak Kristal!

297

Beberapa masjid di bawah ini, bisa dikatakan adalah masjid cantik nan megah di dunia yang dapat membuat siapa saja berkunjung tercengang melihatnya. Sebab, masjid-masjid ini dibangun bukan hanya menyuguhkan kenyamanan bagi para umat Muslim saja tapi juga menyajikan keindahan yang amat luar biasa. 

Mulai dari gaya arsitekturnya yang khas, ukurannya yang besar hingga ada pula yang berisikan kristal. Oleh karena itulah, jika anda berpergian ke luar negeri, khususnya ke negara-negara ini, sempatkanlah waktu untuk berwisata religi ke masjid cantik nan megah di dunia ini. 

Nah apa saja itu? Tim Kovermagz telah merangkum beberapa diantaranya untuk anda. Simak selengkapnya di sini! 

Masjidil Haram

Masjid cantik nan megah di dunia pertama sudah pasti jatuh pada Masjidil Haram. Masjid ini terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi. Keberadaan masjid ini pertama kali disebutkan pada tahun 638 M. Selama berabad-abad dari keberadaannya, Masjidil Haram telah berulang kali mengalami renovasi agar dapat menampung pengunjung sebanyak mungkin. 

Luas Masjidil Haram tercatat hingga 365 ribu meter persegi dan mampu menampung sekitar 1-2 juta jamaah di dalamnya. Di dalam masjid ini terdapat Ka’bah yang merupakan kiblat bagi seluruh umat Muslim di penjuru dunia saat beribadah. 

Masjid Nabawi

Merupakan masjid cantik dan termegah kedua yang terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Melansir dari beberapa sumber, Masjid ini mulai berdiri sejak tahun 622 M. Umat muslim percaya bahwa Nabi Muhammad SAW turut berpartisipasi dalam membangun Masjid Nabawi. Makam beliau pun diketahui berada di bawah Kubah Hijau yang terletak di dalam masjid ini beserta dengan makam kedua sahabatnya, yakni Abu Bakar dan Umar. Dengan luas sekitar 400 ribu meter persegi, Masjid Nabawi diperkirakan dapat menampung sebanyak 600 ribu hingga 1 juta jamaah.

Masjid Hassan II 

Terletak di Kota Casablanca, Maroko, Masjid Hassan II adalah masjid cantik nan megah selanjutnya yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, masjid ini memiliki ukuran yang besar dengan pemandangan alam yang indah berupa berseberangan langsung dengan Samudera Atlantik.

Memiliki luas area hingga 9 hektar, masjid satu ini tentunya dapat menampung sebanyak 105 ribu orang. Fakta menariknya, pembangunan masjid ini menghabiskan dana 800 juta US dolar (Sekitar 11,9 triliun) yang semuanya berasal dari sumbangan sukarela.

Masjid Syeikh Zayed 

Terletak di kota Abu Dhabi, Arab Saudi. Selain terkenal dengan ukurannya yang besar, Masjid Syeikh Zayed juga terkenal dengan keindahannya yang menakjubkan. Masjid yang mampu menampung hingga 40 ribu jamaah di dalamnya ini memiliki desain interior yang mengesankan dengan marmer berwarna dan batu semi mulia sebagai dekorasi bangunannya. Terdapat pula, lampu gantung terbesar dan termewah di dunia yang menjadi bagian dari arsitektur masjid ini.

Masjid Süleymaniye

Sebuah masjid peninggalan Kesultanan Utsmaniyah yang berada di kawasan Bukit Ketiga Istanbul, distrik Fatih, Provinsi Istanbul, Turki. Masjid ini didirikan pada tahun 1550 atas perintah Sultan Süleyman I dan dirancang oleh arsitek kekaisaran Ottoman, Mimar Sinan yang kemudian diresmikan pada tahun 1557 berdasarkan prasasti yang tertulis.

Di belakang dinding kiblat masjid ini terdapat sebuah area yang berisi mausoleum segi delapan, tempat dimakamkannya Süleyman I dan istrinya Hurrem Sultan. Selama 462 tahun, masjid ini merupakan masjid terbesar di kota ini, sebelum dikalahkan oleh Masjid Çamlıca pada tahun 2019. Kemudian masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Istanbul yang paling terkenal, dan dari lokasinya di Bukit Ketiga Istanbul, masjid ini menjadi pintu gerbang wilayah Tanduk Emas yang memiliki pemandangan indah.

Masjid Sultan Ahmed Turki 

Seringkali disebut dengan Masjid Biru. Bukan tanpa alasan melainkan dihiasi oleh ubin berwarna biru yang khas. Menariknya lagi, Masjid ini memiliki 6 buah menara dan halaman yang luas. Di malam hari masjid ini akan berpendar dengan cahaya dari ratusan lampu yang mengelilingnya.

Masjid Imam Ali Holy Shrine

Berada di kota Najaf, Irak. Ini menjadi masjid terbesar di dunia ketiga dengan luas bangunan sekitar 140 hektar dan menarik perhatian jutaan peziarah pada setiap tahunnya. Bagaimana tidak? 

Masjid ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, tetapi dipercaya umat muslim sebagai tempat makam Imam ‘Alī ibn Abi Tālib, sepupu, menantu dan sahabat nabi Islam Muhammad. Imam Ali lahir sekitar 13 Rajab 23 SH (599 Masehi (M)) dan wafat 21 Ramadan 40 Hijriah (H) (661 M). Selain itu, terdapat pula sisa-sisa Adam dan Nuh.

Kemudian desain interiornya pun juga menyejukkan hati. Pasalnya, masjid ini dihiasi dengan pola pola mozaik sehingga dapat memancarkan Kilauan cahaya biru dan putih bak kristal menawan. Bagian eksteriornya sendiri dilapisi dengan emas dan kubah raksasa setinggi 42 

Masjid Jami Ul Alfar

Tak hanya menyandang sebagai masjid cantik nan megah, namun juga salah satu yang terunik. Hal ini tampak dari ornamen arsitekturnya yang unik dengan berwarna merah dan putih. Karena itulah, Masjid Jami Ul Alfar terkenal dengan sebutan Masjid Merah. Tempat ibadah unik ini terletak di Kolombo, Sri Lanka.  

Masjid Jama 

Masjid-i Jahan-Numa alias Masjid Jama merupakan masjid utama negara India yang terletak di kawasan Delhi Tua. Masjid ini didirikan oleh Kaisar Mogul, Syah Jehan, yang juga ikut membangun Taj Mahal. Dengan luas lebih dari 2 ribu meter persegi, Masjid Jama diperkirakan dapat menampung hingga 25 ribu jamaah dalam waktu yang sama.

Baca Juga:  DAY6 Umumkan Tanggal Comeback dan Perilisan Mini Album Fourever

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353