Saat Berada dalam Lingkungan Pertemanan Yang Tidak Sehat, Apa tindakanmu?

60

Toxic People biasanya identik dengan manusia yang memiliki vibe negative. Dalam arti orang tersebut suka melontarkan kalimat yang tidak mengenakkan di hati lawan bicaranya maupun orang yang di tuju tidak berada disana. Entah itu menyindir, menyepelekkan dan menjelek-jelekkan orang di sekitarnya seakan dia tidak bercela. Orang dengan ciri tersebut biasanya tidak perna merasa bersalah dan selalu menyalahkan orang lain untuk segala kejadian yang terjadi. Wahh, kalau nemu orang seperti ini apa yang bisa kamu lakukan? Apakah anda akan mendengar dengan seksama dan mencerna apa yang dikatakannya? atau anda malah menegur orang tersebut agar jera untuk mengatakan sesuatu yang tidak mengenakkan? Apakah akan mempan ?

Ciri-ciri toxic people :

1. Tidak konsisten

Orang yang toxic seringkali menunjukkan sikap dan perilaku yang tidak konsisten. Selain itu, mereka juga kerap tak menepati janji atau komitmen yang telah dibuat sebelumnya.

2. Selalu mencari perhatian 

Toxic people selalu mencari perhatian orang lain. Sebagai contoh, orang dengan kepribadian tersebut mungkin akan terus menerus menelepon, mengirim pesan, atau datang ke rumah Anda untuk mencari dukungan emosional. Namun, mereka seringkali tidak melakukan hal serupa ketika Anda membutuhkannya.

3.  Penuh drama

Orang dengan kepribadian ini kerap mendramatisir situasi. Mereka suka memantik emosi orang lain untuk menciptakan konflik. Hal tersebut dilakukan untuk melihat apa yang nantinya akan terjadi. Contohnya, orang yang toxic bisa saja mengetes seberapa sayangnya pasangan mereka dengan membuatnya cemburu.

4. Tidak tahu batasan

Setiap manusia mempunyai batasan seberapa dalam orang lain bisa masuk atau ikut campur dalam urusan pribadinya. Toxic people tidak bisa menahan diri untuk melewati batasan tersebut meskipun Anda sudah memintanya berkali-kali.

5. Senang memanipulasi orang

Toxic people tidak akan segan untuk memanipulasi orang maupun keadaan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dalam meraih tujuannya, orang dengan kepribadian ini sering mengabaikan perasaan orang lain. 

Cara menghindari toxic people :

1. Fokus saja pada apa yang sedang kamu lakukan

Jangan sampai kamu membiarkan orang-orang yang toxic masuk ke dalam lingkunganmu. Kamu cukup fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan saja. Dengan begitu kamu tidak perlu mengurusi hal yang memang bukan urusanmu.

Gunakan energimu dengan bijak. Setumpuk hal/pekerjaan sudah membuatmu cukup lelah. Jangan ditambahi dengan dampak buruk karena bergaul dengan orang yang tidak tepat. Kamu harus benar-benar mem-filter mana yang sekiranya sesuai dengan pekerjaanmu dan mana hal yang perlu diabaikan.

"Pergaulan Yang Buruk Merusak Kebiasaan Yang Baik"

2. Pilih-pilih teman

Kalau ada yang pernah mengatakan “dia itu pilih-pilih teman”. Sebenarnya pernyataan tersebut benar adanya dan tidak salah juga. Karena Pergaulan Yang Buruk Merusak Kebiasaan Yang Baik. Ingat saja hal tersebut. Hidup ini kan pilihan. Dengan bergaul dengan teman-teman yang positif, mereka jusru membawamu ke arah perubahan yang baik. Teman-teman positif tidak suka mengeluh. Tidak juga membicarakan keburukan satu sama lain. Mereka cenderung saling mendukung dan memberi saran untuk kemajuan kamu.

3. Berani katakan tidak

Berkata tidak mungkin hal tersulit yang pernah Anda lakukan, entah karena tidak enak atau kasihan. Tapi jika tak dilakukan, apalagi pada toxic people, ini bisa menjadi bumerang untuk Anda. Ada kalanya orang toksik menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya. Mereka tidak bisa menerima kata tidak dari mulut orang lain.Tetaplah pada pendirian Anda, dan berlatih untuk mengatakan tidak pada mereka. Semakin sering Anda melakukannya, akan semakin mudah pula karena terbiasa.Dengan selalu berkata tidak, orang toksik lama-kelamaan akan menyadari bahwa Anda tidak menyukai perilaku mereka. 

4. Batasi komunikasi anda dengan dia

Toxic people selalu merasa bahwa mereka satu-satunya orang di dunia ini yang memiliki masalah. Mereka juga akan menyeret orang lain untuk ikut tenggelam bersama. Mereka  bahkan tidak segan untuk menuding orang lain tanpa rasa bersalah.Tentu saja hal ini akan membuat Anda lelah secara emosional. Jika Anda ingin lebih tenang dan positif, cara terbaik adalah membatasi komunikasi dengan mereka. 

5. Tegur mereka jika perlu

Jika Anda memiliki hubungan dekat dengan orang yang berperilaku toksik, berbicara dari hati ke hati mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mereka atau memulihkan hubungan Anda. Anda bisa mengatakan bahwa sikap mereka merugikan dan memengaruhi orang di sekitar mereka. Jika mereka terlihat menyangkal, dorong mereka untuk menemui psikolog supaya akar dari perilaku atau masalah mereka bisa diketahui. Psikoterapi dapat membantu orang untuk mengidentifikasi mengapa mereka berlaku toksik. Mereka juga bisa belajar untuk mengelola emosi dengan cara yang lebih sehat. 

Jika perilaku mereka tidak kunjung berubah, mungkin ini saatnya bagi Anda dan dirinya untuk saling menjauh sementara waktu atau menjaga jarak dengan mereka. Awalnya mungkin terasa sulit, terutama jika orang ini benar-benar dekat dengan Anda. Namun bukankah Anda juga berhak untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dan bermakna?

Penulis : Annette Thresia Ginting

Berbagai sumber