6 Rumah Singgah Gratis untuk Backpacker di Seluruh Indonesia

437

Sobat kover gemar traveling dengan cara backpacking? Jika iya maka anda patut berbahagia. Pasalnya, saat ini di beberapa kota di Indonesia telah tersedia rumah singgah gratis alias tidak perlu membayar sepeserpun bila ingin menginap loh. Sangat cocok bagi para backpacker.

Nah apa saja rumah singgah gratis tersebut? Dalam artikel ini kami akan merekomendasikan tujuh rumah singgah gratis terbaik untuk anda. Simak ulasannya di sini! 

1. Rumah Singgah Jogja

Jogja adalah salah satu kota yang asyik dan aman untuk para backpacker. Bagaimana tidak? Biaya hidup di Jogja terbilang murah dengan budayanya yang ciamik dipadu dan kulinernya yang lezat. 

Ditambah lagi terdapatnya rumah singgah gratis di Jogja yang bisa anda pergunakan tatkala kehabisan uang ataupun minim budget. Rumah singgah ini terletak di Jl. Pleret Balong Banguntapan Bantul Jl. Bantul Km 7,5 Diro Sewon Bantul. 

Kendati begitu, sebelum ke sana, ada baiknya untuk menghubungi pengelolannya yang bernama reza di nomor 0895-3283-22596 atau Galant dengan nomor hp 0858-6866-8688 ya. Hal ini bertujuan mengetahui apakah masih tersedia kamar atau tidak. Di sana, anda juga tidak perlu membayar alias gratis. Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi aturan dan menjaga etika saat mampir ke rumah singgah. 

2. Kompas Masohi, Maluku

Apabila anda adalah seorang backpacker atau pendaki yang baru saja turun dari Gunung Binaya, ketika membutuhkan tempat untuk beristirahat maupun menginap datang saja ke rumah singgah Kompas Masohi yang terletak di Pulau Seram Maluku tepatnya di Jalan Chamar, Kelurahan Namaelo, Pulau Seram Maluku.

Kompas Masohi tidak memungut biaya apapun bagi para tamu yang menginap di bangunan semi permanennya. Anda akan selalu diterima dengan baik asalkan tetap menjaga kenyamanan bersama. Selain itu anda juga bisa melihat langsung aktivitas pembuatan kain tenun yang banyak dilakukan oleh para wanita di kampung ini. Bagi kalian yang ingin menginap di sini bisa menghubungi nomor pengelola rumah terlebih dahulu 081236087972.

3. Rumah Singgah Backpacker Banyuwangi

Geliat wisata di Banyuwangi tak bisa dikatakan sepi. Tak heran jika banyak pejalan yang melancong ke kota tersebut. Di tengah banyaknya pilihan penginapan, ada sebuah Rumah Singgah Backpacker Banyuwangi yang menawarkan penginapan gratis bagi pejalan. Lokasinya persis di depan Stasiun Karangasem, Bakungan, Glagah, Banyuwangi. 

Meskipun bangunannya tidak sebagus hotel berbayar, namun anda dapat merasakan kehangatan dan keramahan si tuan rumah, Mahyesa Rahmat. Rumah dengan enam kamar tidur, empat kamar mandi, dan dua ruang terbuka ini juga memberikan anda kesempatan bertemu dengan sesama bacpacker yang selalu datang dan pergi ke rumah singgah yang satu ini.

4. Kontrakan Mas Bayu, Bali

Menikmati Bali tidak perlu mahal terutama urusan penginapan. Untuk penginapan, anda bisa mampir ke kontrakan Mas Bayu yang terletak di Kuta Selatan tepatnya Perum Kori Nuansa Ungasan Blok Nuansa Angkasa III/2, Ungasan, Pecatu, Kuta Selatan, Badung Bali.

Rumah kontrakan ini didedikasikan untuk para bacpacker yang minim anggaran, sehingga tidak akan memungut biaya sepeser pun saat  menginap di kontrakannya. Terdapat dua kamar yang bisa dijadikan tempat istirahat. Namun, jika banyak penginap, kalau kamu tidak keberatan, kamu bisa tidur di ruang tamu dengan beralaskan tikar.

5. Rumah Singgah Lombok Backpacker

Lombok memang surganya tempat wisata. Dari ujung barat hingga timur ratusan destinasi sudah membius banyak mata. Karena banyaknya wisatawan itu pula, hotel mewah dan megah ada di sana. Nah, anda yang memiliki budget sedikit juga tidak perlu khawatir. Di pulau ini juga terdapat penginapan gratis, yaitu Rumah Singgah Lombok Backpacker yang menyediakan 5 kamar, 2 kamar mandi serta ruang tamu yang luas. Alamatnya terletak di Jl. Bangil V BTN Taman Baru Nomor 6, Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram, NTB.

6. Rumah Singgah Ola Ngari di Flores Tengah

Rekomendasi rumah singgah terakhir yang bisa Anda pilih adalah rumah singgah Ola Ngari di Flores Tengah. Rumah singgah tersebut tepatnya di Kampung Nuapaji. Mama Fransisa yang merupakan pemilik dari rumah singgah ini akan menyambut Anda dengan hangat pada saat Anda datang untuk menginap.

Salah satu yang paling menarik dari rumah singgah ini adalah di Ola Ngari Anda akan lebih dekat dengan kehidupan warga lokal. Bahkan di sini Anda pun juga bisa mengamati bagaimana terampilnya wanita – wanita Flores pada saat menenun kain tenun ikat khas Ende Lio.

Demikian 6 rumah singgah gratis untuk backpacker yang ada di seluruh Indonesia. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berpackeran! 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353