Rawat Smartphone Dengan Beberapa Cara Ini Agar Tetap Awet

117

Medan, Kovermagz – Smartphone sepertinya sudah menjadi barang penting bagi kehidupan kita. Membawa kemudahan dalam urusan pekerjaan atau sekedar untuk hiburan semata memang membuat smartphone tak pernah lepas dari genggaman.

Performa smartphone pun menjadi hal penting saat penggunaannya. Karena jika performa smartphone baik, pekerjaan akan jadi mudah dan praktis. Sayangnya, tidak semua orang lho mampu menjaga performa smartphone. Akibatnya, smartphone menjadi tak terawat dan mudah rusak.

Jika kamu ingin smartphone kesayangan menjadi tetap awet, mungkin kamu dapat menerapkan 10 tips merawat smartphone berikut ini:

1. Jaga kebersihan smartphone

Kebersihan adalah satu hal yang sering diabaikan oleh pengguna smartphone. Membersihkan smartphone akan membuat performanya menjadi lebih baik dan dapat bertahan lama.

Bagian yang perlu dibersihkan antara lain adalah port untuk kabel USB dan juganearphone. Keduanya rentan menjadi tempat debu. Caranya, gunakan pembersih lensa kamera untuk mengurangi debu di port tersebut.

2. Gunakan case yang aman

Untuk melindungi smarphone jika sewaktu-waktu terkena benturan, balutkan smartphone dengan casing.

Kamu bisa pakai casing untuk melindungi bagian badan smartphone dan gunakan antigores untuk lindungi bagian layarnya.

3. Perhatikan batrai

Hal ini juga tidak boleh disepelekan karena performa batrai bisa mempengaruhi kinerja smartphone mu. Usahakan untuk tidak menggunakan smartphone hingga batrai benar-benar habis.

Untuk menjaga keawetan batrai, isilah daya batrai saat smartphone sudah memasuki angka 10-15%.

4. Pilih aplikasi sesuai kemampuan smartphone

Sebelum memulai mengisi smartphone dengan beragam aplikasi, ketahuilah kapasitas penyimpanan dan RAM smartphone. Jika kamu merasa kapasitas penyimpanan dan RAM smartphone besar, maka kamu bisa lebih leluasa dalam memasang aplikasi.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Semakin banyak aplikasi terpasang akan membuat performa smartphone menjadi lebih lambat. Jadi jangan terlalu memasukkan aplikasi yang berat ya..

5. Jaga smartphone dari serangan virus

Smartphone tidak bisa terhindar dari serangan virus dan malware. Virus dan malware dapat merusak aplikasi dan menurunkan performa smartphone. Kemungkinan terburuknya adalah perangkatmu akan cepat rusak akibat serangan virus dan malware yang tidak diatasi.

Solusinya, kamu bisa memasang antivirus sehingga adanya virus di smartphone dapat terdeteksi dan dihapus.

6. Gunakan tombol dengan hati-hati

Biasanya, untuk ukuran smartphone sudah tidak memiliki banyak tombol. Kendati demikian, kita tidak boleh asal dalam menekan tombol padah smartphone.

Akibat dari penekanan yang keras akan membuat tombol smartphone menjadi lebih dalam sehingga kamu akan lebih susah menggunakannya di lain waktu. Jangan lupa juga untuk membersihkan debu yang mungkin ada di sela-sela tombol smartphone.

7. Lakukan backup data

Fitur backup data sangat juga sangat penting dilakukan. Secara rutin pilihlah beberapa file seperti gambar, audio, atau video yang ada di smartphone untuk dipindahkan keperangkat lain, contohnya laptop.

Backup data dilakukan untuk menjaga kapasitas penyimpanan dan RAM smartphone tetap berada pada batas amannya.

8. Bersihkan aplikasi yang jarang dipakai

Terlalu banyak aplikasi di smartphone bukanlah pilihan bagus. Aplikasi yang menumpuk akan semakin mengurangi ruang penyimpanan.

Pilih aplikasi mana saja aplikasi yang sudah jarang digunakan dan uninstall aplikasi tersebut. Selain untuk mengurangi jumlah ruang penyimpangan, membatasi aplikasi juga membuat smartphone tidak berat.

Reporter: Jehan Erwita
Sumber: Teknokisme, Gadgekoalahero